Acara Penutupan KKN Kebangsaan 2019 Berlangsung Di Keraton Kesultanan Ternate

Unkhair.ac.id. Acara puncak penutupan KKN Kebangsaan digelar di Keraton Kesultanan Ternate Rabu, 21 Agustus 2019 para tamu diterima langsung oleh keluarga kesultanan Ternate Jou Ngofa (Anak Sultan) Hidayat Hidayatullah Mudafar Sjah, jamuan makan malam serta seremoni acara berlangsung di pendopo kesultanan Ternate, ruang tersebut berada di belakang gedung utama, seperti suasana keraton di Indonesia banyak benda peninggalan bersejarah dipajang dalam ruang utama keraton, kesempatan ini dimanfaatkan para tamu untuk berfoto bersama.

Kesultanan Ternate melalui Jou Ngofa (Anak Sultan) Hidayat Hidayatullah Mudafar Sjah diberi kesempatan untuk menyampaikan sambutan pembuka acara malam penutupan kegiatan KKN Kebangsaan 2019, dalam sambutannya Jou Ngofa menyampaikan selamat datang di pondopo Kesultanan Ternate, dengan kedatangan tamu dari peserta KKN Kebangsaan semoga dapat merubah perekonomian rakyat Ternate dan Tidore, Jou Ngofa berpesan setelah kegiatan ini para peserta bisa membawa kesan sekaligus mempromosikan Ternate sebagai destinasi wisata.

Hidayat Mudafar Sjah menjelaskan, Keraton Ternate agak berbeda dengan keraton lainnya di Nusantara, posisi pondopo berada di belakang Keraton ini menandakan para tamu harus masuk melalui ruang depan keraton selanjutnya baru di jamu di pondopo yang letaknya di belakang Keraton, hal ini menandakan bahwa Ternate tidak membedakan tingkat social manusia dan semua manusia sama dimata Allah,  dengan lambang burung berkepala dua menandakan Raja dan Rakyatnya sama kedudukannya dimata Allah SWT,  selanjutnya Jou Ngofa menyampaikan petuah dalam Bahasa Ternate yang artinya “marilah kita bersatu padu bagaikan biji pala dengan fullinya yang jatuh/gugur bersama dengan kasih dan sayang, berpegang rasa dan satu hati segalah urusan dimudahkan oleh Allah SWT”

Selanjutnya sambutan walikota Ternate yang dibaacakan oleh Assisten 1 Bidang Pemerintahan Kota Ternate Drs. Mohdar Din beliau menyampaikan terima kasih atas kepercayan yang diberikan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi sehingga penyelenggaraan KKN Kebangsaan dapat terlaksana di Kota Ternate dan Tidore, banyak hal yang kami dapat dari penyelenggaraan kegiatan ini dan kami sangat berterima kasih kepada Mahasiswa KKN Kebangsaan yang telah memberikan kami diantaranya konsep wisata kota janji di kelurahan Ngade, selain itu ada juga desain wisata 3D “SABEBA” sango seribu batu dan berbagai konsep lainnya yang disampaikan pada saat presentasi oleh Mahasiswa KKN Kebangsaan pada beberapa hari lalu,

Rektor Universitas Khairun Prof. Dr. Husen Alting SH.MH menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Maluku Utara, Walikota Ternate beserta Walikota Tidore Kepulauan, Para Rektor beserta Kepala LPPM peserta KKN Kebangsaan serta Dosen Pendamping Lapangan dan Mahasiswa peserta KKN Kebangsaan, terima kasih juga sebesar besarnya kepada pihak Keraton Kesultanan Ternate terutama Jou Ngofa Hidayat Hidayatullah Mudafar Sjah yang telah menjamu kami di pondopo kesultanan Ternate. Kurang lebih 30 hari peserta KKN Kebangsaan melaksanakan tugasnya dan pada malam hari ini (Rabu,21 Agustus 2019) kegiatan ini akan ditutup secara resmi oleh Dirjen Belmawa Ristekdikti.

Sebanyak 301 orang peserta KKN Kebangsaan yang terdiri dari 147 laki laki 154 perempuan yang mewakili 54 Perguruan Tinggi di Indonesia dan 1 orang dari Universitas Of Hawai sebagai peserta pemantau, tema dari KKN Kebangsaan ini adalah “Memperkokoh wawasan Kebangsaan melalui pengelolaan sumber daya berbassis kepulauan dan mitigasi bencana”.

Pada saat hasil monitoring dan evaluasi alhamdulillah para peserta telah melaksanakan berbagai program yang dirasakan oleh masyarakat Kota Tidore Kepulauan dan Ternate, banyak konsep yang telah dihasilkan dan kami akan menyampaikan kepada Walikota Tidore dan Walikota Ternate untuk bisa dikembangkan kedepan, besar harapan kami semoga pelaksanaan KKN Kebangsaan ini bermanfaat bagi Mahasiswa dan Masyarakat serta Pemerintah Daerah terutama dalam pembinaan dan pengembangan sumberdaya masyarakat secara kesinambungan dilokasi KKN Kebangsaan.

Akhirnya atas nama panitia KKN Kebangsaan Ternate Tidore 2019 kami menyampaikan banyak terima kasih kepada Gubernur Provinsi Maluku Utara, Walikota Tidore Kepulauan dan Walikota Ternate dan semua pihak yang telah membantu sehingga kegiatan KKN Kebangsaan berlangsung dengan sukses, ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada 54 Pimpinan Perguruan Tinggi  beserta civitas akademika yang telah berpartisipasi sebagai peserta KKN Kebangsaan tahun 2019 ini, terima kasih juga kepada pihak sponsor yang telah bekerjasama sehingga pelaksanaan kegiatan KKN Kebangsaan berjalan dengan baik, pada kesempatan yang baik ini Rektor Universitas Khairun menyampaikan kepada Pimpinan 54 Universitas beserta mahasiswa peserta KKN Kebangsaan  permohonan maaf atas nama Papa angkat dan Mama angkat apabila ada sayur yang kurang garam, ada nasi yang kurang ikan, kami atas nama rakyat Maluku Utara menyampaikan permohonan maaf. Selanjutnya Rektor Universitas Khairun memberikan pantun perpisahan “ Belum Titik Belum Koma, Nulis Puisi Selesai Sudah, Suka Duka Kita Bersama, Menjadi Kenangan Amat Indah”. “Pohon beringin disimpang tiga, buah mangga boleh bibawa, Meskipun akan berpisah raga, tetap bersatu dalam jiwa”.

Sekertaris Daerah Provinsi Maluku Utara membacakan sambutan Gubernur Maluku Utara, beliau menyampaikan permohonan maaf karena Gubernur sementara berada di Jakarta untuk rapat koordinasi tindak lanjut pasca bencana gempa di Halmahera Selatan, dalam sambutannya Gubernur manyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi pada kegiatan KKN Kebangsaan sehingga dapat berjalan dengan sukses tampa hambatan apapun, terima kasih juga kepada Kementerian Ristekdikti yang telah memilih Kota Ternate dan Tidore sebagai lokasi kegiatan KKN Kebangsaan tahun 2019. Dengan menerapkan multidisplin ilmu para mahasiswa dapat memecahkan masalah yang dihadapi oleh masyarakat, pengalaman ini dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bela negara yang akan dirasakan langsung oleh mahasiswa peserta KKN Kebangsaan, diakhir sambutan Gubernur menyampaikan selamat jalan Mahasiswa KKN Kebangsaan, selamat kembali ke rumah masing masing semoga pengalaman selama di Ternate dan Tidore dapat menambah ilmu serta pengalaman berharga di masa mendatang.

Selanjutnya Dirjen Belwama Prof. Dr. Ismunandar, Phd menyampaikan terima kasih kepada pihak keraton yang telah menjamu peserta KKN Kebangsaan di Keraton Sultan Ternate, beliau juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Maluku Utara, Walikota Ternate dan Walikota Tidore dan pihak Universitas Khairun yang membantu melaksanakan serta memungkinkan seluruh kegiatan KKN Kebangsaan 2019 yang diikuti mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia bahkan dari luar negeri bisa berlangsung dengan sangat baik, terima kasih juga buat keluarga keluarga yang ditempati mahasiswa KKN Kebangsaan yang telah membantu para mahasiswa melaksanakan kegiatannya, atas nama para Rektor saya memohon maaf atas segala kata yang salah tingkah yang berlebihan dari para mahasiswa kami. Lanjut Prof. Ismunandar bahwa hasil yang diberikan oleh mahasiswa KKN Kebangsaan dapat diterapkan di kota Ternate dan Tidore, dan pihak Pemerintah Kota Ternate dan Tidore dapat juga mengembangkan hasil karya para mahasiswa KKN Kebangsaan jika ingin silakan hubungi pihak Universitas Khairun atau Universitas peserta KKN Kebangsaan yang terdiri dari 54 Perguruan Tinggi di Indonesia. Pihak Kemenristekdikti pernah didatangi Rektor beserta Dirjendiktinya Pemerintah Malaysia, mereka iri kegiatan seperti ini karna di Malaysia belum ada, ada beberapa mahasiswa yang dikirim ke Malaysia untuk mengikuti kegiatan seperti KKN di Indonesia dan pihak kampus Malaysia banyak belajar kegiatan KKN Kebangsaan ini, pesan kepada adik adik mahasiswa peserta KKN Kebangsaan semoga pengalaman ini menjadi perekat antar anak bangsa, dengan memohon ijin kesemua pihak Dirjen Belmawa Prof. Dr. Ismunandar, Phd akhirnya menutup dengan resmi KKN Kebangsaan 2019 Ternate Tidore. Diakhir acara penutupan para mahasiswa KKN Kebangsaan dari berbagai daerah menyanyikan gabungan syair dari berbagai daerah, terdengar unik dan sangat menghibur, ada juga tarian persembahan dari Universitas Jambi yang dinobatkan sebagai tuan rumah KKN Kebangsaan tahun 2020. *Humas

 

 

Please follow and like us:
error20

Comments

comments

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

RSS
https://www.facebook.com/Universitas-Khairun-196552343866215/
https://www.facebook.com/Universitas-Khairun-196552343866215/
https://www.instagram.com/universitaskhairun