Penyelenggaraan penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) mengacu pada Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi; Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi; Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri. Berdasarkan Peraturan Perundang-undangan di atas, jalur penerimaan mahasiswa baru dilakukan melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri.

Berdasarkan hal tersebut SNMPTN merupakan seleksi penelusuran prestasi akademik calon Mahasiswa dilakukan oleh masing-masing PTN di bawah koordinasi panitia pusat.

SNMPTN dilaksanakan oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dalam suatu sistem yang terpadu dan serentak secara nasional. Biaya pelaksanaan SNMPTN ditanggung oleh Pemerintah sehingga peserta tidak dipungut biaya. Peserta dari keluarga tidak mampu secara ekonomi dan dinyatakan diterima di PTN berpeluang mendapatkan bantuan biaya pendidikan selama masa studi melalui Program Beasiswa Bidikmisi.

Informasi tentang tata cara Pengisian PDSS dapat diunduh di laman resmi http://pdss.snmptn.ac.id, sedangkan informasi lengkap tentang SNMPTN yang meliputi tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, serta jumlah pilihan PTN dan Program Studi dapat diunduh di laman resmi http://www.snmptn.ac.id. Informasi ini diharapkan dapat bermanfaat bagi sekolah dan calon peserta untuk mengikuti SNMPTN 2018.


Facebook Comments
Top
RSS
https://www.facebook.com/Universitas-Khairun-196552343866215/
https://www.facebook.com/Universitas-Khairun-196552343866215/
https://www.instagram.com/universitaskhairun