Unkhair Buka Seleksi Jalur Mandiri 2020

Unkhair.ac.id Universitas Khairun kembali membuka kesempatan seleksi masuk jalur mandiri kepada siswa siswi lulusan SMA/MA/SMK sederajat tahun 2017,2018,2019 dan 2020 untuk bergabung dengan Civitas Akademika Universitas Khairun. Pendaftaran Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) dibuka mulai tanggal, 23 Juni 2020 sampai dengan tanggal, 31 Juli 2020 (tentatif).

Sama seperti tahun sebelumnya penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri (SMMPTN)  Universitas Khairun menggunakan sistem pendaftaran online, setiap calon pendaftar bisa mengakses laman pendaftaran SMMPTN yakni http://smmptn.unkhair.ac.id. Ini adalah laman pendaftaran resmi yang dapat digunakan oleh calon peserta SMMPTN Unkhair 2020.

Akibat dari pandemic Covid19 Universitas Khairun dalam seleksi jalur SMMPTN 2020 tidak melakukan tes UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Proses seleksi SMMPTN 2020 dilakukan dengan menyeleksi portofolio yang di unggah oleh calon peserta SMMPTN, hal ini disampaikan oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Suratman Sudjud,SP.MP dalam peresmian laman pendaftaran SMMPTN  2020 di ruang rapat pimpinan Unkhair (Selasa,23 Juni 2020). Jadi penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri dilakukan tampa tes berbasis computer tapi dilakukan dengan seleksi portofolio pendaftar. Setelah diresmikan pada pukul, 12.09 siang ini, calon peserta sudah bisa mendaftar dan melakukan pembayaran serta cetak kartu peserta SMMPTN 2020.

Penerimaan Mahsiswa baru jalur mandiri 2020 untuk mengisi daya tampung yang tersedia pada Seleksi mandiri yakni sebesar 30% kursi di delapan Fakultas dengan tiga puluh tujuh program studi. Delapan Fakultas ini yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, Fakultas Perikanan dan Kelutan, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran.

Apa saja yang harus dilakukan dan disiapkan sebelum melakukan pendaftaran SMMPTN Universitas Khairun ?

Pada laman pendaftaran telah disediakan tutorial pendaftaran, kami harap sebelum melakukan pendaftaran para peserta mengunduh file (silakan klik ini 

  ) yang tersedia. Peserta juga harus menyiapkan scan dokumen asli seperti Nilai Raport Semester XI (Genap) dan Nilai Raport XII (Ganjil), Nilai Hasil Ujian Nasional (UAN) atau  Nilai Rata-rata UAN. Untuk prestasi jika ada sertifikat/piagam atau sejenisnya baik itu tingkat nasional maupun lokal, calon peserta dapat mengunggahnya di menu yang tersedia.

Calon peserta SNMPTN diwajibkan mengisi  secara lengkapi tiap menu yang disediakan, data yang diminta adalah  NIS, Jenis Kelamin, Tanggal Lahir, Tempat Lahir Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, Desa/Kelurahan, RT/RW, NISN,NIK, Jurusan, (IPA/IPS/IPA CAMPURAN). Untuk IPA Campuran hanya diprioritaskan bagi Siswa SMK, calon peserta harus memilih tahun lulus dan mengisi nomor telpon/HP aktif yang bisa dihubungi. Unggahan lain yang harus diisi adalah Foto (Foto Berwarna), Jenis Sekolah, nama sekolah, NPSN serta akreditas sekolah.

Seleksi Mandiri Masuk PTN Unkhair juga menerima pendaftar dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP) menu pendaftaran akan meminta pilihan pengisian KIP KUliah, Jika ada, pilih Ya, dan harus mengupload bukti KIP. Jika Tidak Pilih Tidak. Selanjutnya klik tombol Update.  Peserta KIP Kuliah jalur SMMPTN Unkhair tetap membayar biaya pendaftaran seperti jalur reguler lainnya, jika diterima pada jalur ini barulah peserta KIP Kuliah melampirkan semua bukti KIP Kuliah untuk diusulkan pada penetapan biaya UKT.

Pada isian data akademik silahkan lengkapi data-data sebagai berikut: – Pilih Kelompok (Saintek (JIka berasal dari Jurusan IPA), (Soshum) Jika berasal dari Jurusan IPS, DAN Kelompok Campuran Bagi IPA Campuran atau dari jurusan (SMK). Setelah itu silakan Pilih Program studi 1 dan ke 2, selanjutnya memasukan Nilai Raport Semester XI (Genap) dan Nilai Raport XII (Ganjil). Pada menu ini calon peserta diminta mengunggah bukti nilai raport Kelas XI (Genap)  dan bukti nilai Raport Kelas XII (Ganjil). Ada juga menu unggahan nilai hasil ujian nasional (UAN), calon peserta diminta masukan nilai rata-rata UAN. Selain nilai akademik calon peserta juga dapat mengunggah prestasi lainnya, seperti prestasi lomba olympiade sains dan olahraga dan lomba lainnya baik itu dalam tingkat  Internasioanl/Nasional/Lokal, menu prestasi ini dapat disi sampai tiga nama prestasi berbeda atau sama tapi tingkat yang berbeda,  silakan calon peserta unggah bukti Prestasi 1, 2,3 (Jika ada), semua bukti yang diupload harus discan dari dokumen ASLI.

Untuk mendaftar para peserta harus mengetahui syarat umum berikut syarat yang dapat kami sampaikan ;

PERSYARATAN UMUM

  • Siswa SMA/MA/SMK/MAK/sederajat yang pada tahun 2020 yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah scan asli.. Sedangkan siswa lulusan tahun 2017, 2018 dan 2019 (termasuk paket C) dibuktikan scan Ijazah asli.
  • Sanggup mematuhi Tata Tertib Kehidupan Kampus dan memenuhi semua persyaratan sebagai mahasiswa UNKHAIR, termasuk biaya belajar berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT), biaya hidup selama masa studi, dan lain-lain.

BIAYA PENDAFTARAN

Biaya Pendaftaran setiap peserta dikenakan sebesar Rp.150.000 bagi peserta regular dan Rp.1.200.000 bagi pendaftar Fakultas Kedokteran. Semua pembayaran dilakukan melalui Bank Negara Indonesia (BNI) atau ATM Bank BNI atau juga dapat menggunakan via e-channel lainnya mobile banking/ i.banking  dan agen BNI 46 di kabupaten kota provinsi Maluku Utara berikut daftar dan alamat agen BNI 46  yang dapat anda lakukan pembayaran

Pada kesempatan ini kami sampaikan kepada calon peserta UTBK agar lebih berhati hati dengan modus penipuan yang mengatasnamakan Rektor atau Pejabat Universitas Khairun, kami tidak pernah menghubungi calon peserta dengan meminta imbalan dan  menjanjikan kelulusan yang berkaitan dengan seleksi masuk perguruan tinggi negeri, jika ada hal yang perlu ditanyakan silakan hubungi humas Universitas Khairun secara via messenger akun media social FB Kehumasan Unkhair, IG @humas unkhair atau link.telegram SMMPTN Unkhair https://t.me/smmptnunkhair, kami ucapkan selamat mendaftar jangan lupa jaga kesehatan, budayakan hidup sehat, pakai masker jika keluar rumah selalu cuci tangan dan jaga jarak. *Humas

Please follow and like us:
error20

Comments

comments