Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Lantik Mahasiswa UKM Riser – G

Unkhair. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Riser-G Universitas Khairun gelar pelantikan dan dan Rapat Kerja. Kegiatan yang berlangsung di Aula Nuku gedung Rektorat (Selasa, 15 November 2022) mengusung tema Developing Golden Generation With Smart  Innovation to Advance Technology in Era Society 5.0.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama,  Abdulkadir Kamaluddin, SP.M.Si dalam kesempatan itu melantik sejumlah mahasiswa Universitas Khairun untuk memimpin UKM Riser-G periode 2022-2023. Hadir dalam kesempatan itu pembina UKM Riser-G, Bpk. Ramli Rasyid, ST.MT, pengurus UKM Riser-G, Koordinator UKM Riser-G, Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unkhair, Presiden BEM Fakultas, Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan dan beberapa UKM yang ada di lingkungan Universitas Khairun.

Jusmin Agus, mahasiswa program studi Teknik Elektro Universitas Khairun tampil menyampaikan laporan kegiatan dihadapan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama. Dalam laporannya Jusmin mengatakan bahwa UKM Riser-G hadir sebagai unit kegiatan mahasiswa yang mempunyai basic profesional skill terutama dibidang robotik serta merespon perkembangan pengetahuan dan teknologi serta sains dengan tujuan mengembangkan potensi mahasiswa di dunia teknologi informasi.

Dijelaskan lebih jauh oleh Jusmin, sebelum menjadi UKM,  komunitas ini sudah aktif sejak tahun 2013 hingga sekarang. Banyak prestasi yang telah diraih baik tingkat lokal dan nasional. Olehnya itu diharapkan sebuah lembaga yang bisa menjadi wadah untuk mahasiswa yang akan mengangkat nama Unkhair ditingkat internasional.

Pembina UKM Riser-G Bapak Ramly Rasyid, ST., MT, dalam sambutannya mengatakan UKM itu harus ada legimitasinya, mereka yang bergabung dalam UKM Riser-G ini belum punya legimitasi, namun para mahasiswa UKM-Riser G ini sudah beberapa kali berprestasi di tingkat nasional. UKM Riser-G ini, kata Ramly Rasyid,  lahir dari “rahim” Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HMTE)  yang terdiri dari mahasiswa terbaik dari berbagai angkatan. UKM Riser-G bukan cuma berasal dari mahasiswa program studi teknik elektro tapi juga bersama mahasiswa dari berbagai jurusan di lingkungan Universitas Khairun.

Untuk diketahui bahwa terdapat beberapa riset yang telah dikembangkan oleh mahasiswa yaitu inkubator yang telah digunakan di rumah sakit, hidroponik cerdas, dan alat penyemprot tanaman yang bisa disesuaikan dengan kadar Ph tanaman.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama,  Abdulkadir Kamaluddin, SP.M.Si dalam sambutannya mengatakan terkait dengan administrasi terkait dengan penganggaran kegiatan UKM Riser-G akan diupayakan pada tahun 2023. Hal ini dikarenakan untuk anggaran 2023 sudah dianggaran tahun sebelumnya. Kepada mahasiswa yang dilantik dalam kepengurusan UKM Riser-G diminta jangan cuma dilantik lalu rapat kerja tapi segeralah membuat inovasi inovasi yang menghasilkan prestasi baik tingkat nasional maupun internasional.

Diakhir sambutannya Abdulkadir Kamaluddin, SP.M.Si mengucapkan selamat kepada para pengurus yang baru dilantik dan semoga kedepannya dapat berkoordinasi lebih baik lagi sehingga mahasiswa dapat mengikuti kegiatan tingkat nasional. (Humas) Penulis Irwanti Rahman / Editor: Suratin/ Foto : Rivai