USAID dan Unkhair Gelar Pelatihan dan Lokakarya Pengkajian Sumberdaya Ikan Wilayah Maluku Utara

Unkhair.ac.id. Dengan ilmu pengetahuan sebagai dasar dalam pengelolaan perikanan, berbagai kebijakan selayaknya tidak lagi didasari oleh asumsi semata, keputusan yang baik membutuhkan ilmu pengetahuan yang mampu menjelaskan berbagai keputusan yang mengantarkan pada kebijakan yang dapat dipertanggungjawabkan.

Untuk mendukung terwujudnya kebijakan pengelolaan sumberdaya alam yang baik, USAID Project menggelar Pelatihan dan Lokakarya Pengkajian Sumberdaya Ikan khususnya pengajar pada Perguruan Tinggi di Provinsi Maluku Utara (Senin, 3 Februari 2020), kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 3 sampai 7 Februari 2020 yang dipusatkan di aula Babullah lantai 4 gedung Rektorat Universitas Khairun. Lokakarya Pengkajian Sumberdaya Ikan bagi pengajar pada Perguruan Tinggi di Provinsi Maluku Utara dapat terlaksana berkat kerjasama antara Universitas Khairun dengan USAID Project. Para peneliti perikanan dari berbagai Universitas dan Sekolah Tinggi se Provinsi Maluku Utara ikut ambil bagian dalam kegiatan ini, mereka akan dibimbing oleh Prof. Purwanto dari USAID Project bersama timnya.

Dekan Fakultas Perikanan dan Kelauatan Dr. M Janib Achmad, S.Pi.M.Sc mengatakan para peneliti akan mendapatkan informasi tentang data saintifik dengan cara metodologi yang baru untuk pendugaan sumberdaya ikan yang berada diwilayah laut Provinsi Maluku Utara, selain itu ada juga sambungan dari kegiatan ini adalah pelatihan pengelolaan ikan berbasis ekosistem. lanjut Janib bahwa para peneliti akan merasakan manfaat melalui pelatihan yang diberikan oleh tenaga ahli.

Dekan Fakultas Perikanan dan Kelauatan Dr. M Janib Achmad, S.Pi.M.ScĀ  berharap dari kegiatan ini nantinya para peneliti satu persepsi tentang penggunaan metode dalam pendugaan stok ikan wilayah Provinsi Maluku Utara, pelatihan tersebut ditujukan untuk meningkatkan kapasitas peserta dalam mengukur stok ikan dan mengembangkan strategi pemanfaatan perikanan serta peran mereka dalam pengembangan rencana pengelolaan perikanan. Bukan cuma itu pelatihanĀ  tersebut juga memberikan pemahaman kepada para peserta tentang pentingnya evaluasi data dan proses mengkaji data sebagai bagian dari proses monitoring. Dengan kegiatan ini para peserta menjadi ahli yang berperan penting dalam perbaikan pengelolaan perikanan Indonesia khususnya Maluku Utara. *Humas

Please follow and like us:
error20

Comments

comments