Unkhair Sediakan Fasilitas Air Langsung Minum

Unkhair.ac.id. Kementerian PUPR Direktorat PSPAM melalui Satker PSPAM Maluku Utara, telah membangun fasilitas Sistem Penyediaan Air Minum di Kampus Universitas Khairun, hari ini Senin, 15 April 2019 Rektor Universitas Khairun Prof.Dr.Husen Alting,SH.MH. Bersama Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Maluku Utara Fasri Bachmid, ST., MSP. Meresmikan penggunaan Fasilitas SPAM Kampus Unkhair, acara serah terima hasil pekerjaan digelar diruang pertemuan lantai 3 gedung Rektorat Unkhair ini dihadir oleh civitas akademika Unkhair dan para pejabat di lingkungan BPPW Maluku Utara.

Rektor Universtas Khairun dalam sambutannya mengatakan terima kasih kepada Kementerian PUPR terutama PPK Satker PSPAM Maluku Utara yang telah bekerja keras sehingga hari ini kita lakukan serah terima hasil pekerjaan SPAM Kampus Unkhair, Rektor juga menyampaikan bahwa selain SPAM, Kementerian PUPR juga sedang melanjutkan pembangunan gedung kuliah bersama di kampus Unkhair, ada juga hasil pembangunan oleh Kementerian PU yakni RUSUNAWA yang telah ditempati oleh mahasiswa Universitas Khairun, dengan berbagai bantuan ini Civitas Akademika Universitas Khairun sangat berterima kasih atas bantuan yang telah diberikan oleh Kementerian PUPR melalui BPPW Maluku Utara. Rektor Universitas Khairun meminta agar sarana yang disediakan ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan dijaga atau dirawat agar dapat dimanfaatkan selamanya, terutama fasilitas air SPAM yang bisa langsung diminum agar dapat dimanfaatkan dan dijaga dengan baik oleh seluruh Mahasiswa dan sivitas akademika Unkhair, silakan dimanfaatkan fasilitas ini dan jangan diperjual belikan karena ini adalah fasilitas untuk umum, ungkap Rektor dalam sambutannya.

Untuk diketahui bahwa pembangunan ini dapat terlaksana berkat usulan Rektor Universitas Khairun untuk membangun sistem penyedian air di kampus, usulan ini disetujui oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum, untuk realisasi pembangunan ini pihak Kementerian PUPR Direktorat PSPAM telah menunjuk Satker PSPAM Maluku Utara untuk melakukan pelelangan terhadap proyek pembangunan Penyediaan Sistem Air Minum.  Rektor Unkhair Prof. Dr. Husen Alting,SH.MH mengatakan surat usulan tertanggal 13 Februari 2018 perihal permohonan pembangunan fasilitas air minum kampus merupakan dasar dari pelaksanaan kegiatan ini, lanjut Prof. Husen Alting, kebutuhan air dikampus sangat besar peranannya untuk melayani ribuan orang yang setiap harinya melakukan aktifitasnya di kampus, sering kali kami mengalami kendala kerusakan mesin penyuplai air dan biaya operasional yang sangat besar (sumber berita, 26/6/2018 Website Unkhair.ac.id.)

Rektor bersama Kabalai Coba Fasilitas Air Langsung Minum

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Maluku Utara Fasri Bachmid, ST., MSP. Dalam sambutannya mengatakan hari ini dari Kementerian PUPR telah hadir Ibu Tyas Kepala Seksi di Kementerian PUPR yang turut menyaksikan acara serah terima pekerjaan SPAM Kampus Universitas Khairun. Semua proses kegiatan ini tidak terlepas dari kesungguhan kerja dari Satuan Kerja PSPAM Maluku Utara, Sarana SPAM ini adalah satu satunya yang ada di wilayah timur Indonesia, yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh civitas akademika Unkhair, lanjut Fasri Bahmid, Universitas di kawasan timur Indonesia termasuk kampus kampus besar belum disediakan sarana SPAM, hanya di Universitas Khairun hari ini kami telah bangun.

Kepala BPPW Malut bersama Rektor kunjungi SPAM Kampus

Merupakan suatu kebanggaan kami telah membangun SPAM dengan anggaran 7 Milyar kami dapat membangun SPAM di Kampus ini, sumber air baku yang digunakan melalui sumur bor dengan kapasitas 5 liter/detik, pompa submersible kapasitas 5 liter/detik, dengan instalasi pengelolaan super canggih menggunakan IPA UF (Ultra Filtrasi) dengan Reservoir Stanliess Steel Food Greed 100 M3, untuk menunjang ketersediaan listrik dalam penggelolaannya telah dibangun juga 2 set Panel Sollar Cell on-grid dengan kapasitas 10.000 WP dan Panel Sollar Cell On-grid kapasitas 7.560 WP, kedua panel solar ini akan bekerja secara otomatis sehinga dapat menghemat penggunaan listrik langusng ke panel PLN. Untuk menyalurkan air ke titik pelayanan disediakan Water Fountain 3 Kran dengan jumlah 10 Unit dan Water Fountain 1 Kran berjumlah 4 Unit, water fountain ini telah di distribusikan ke Fakultas, diharapkan mahasiswa dapat menggunakan fasiltas air langsung minum ini dengan baik, mewakili Direktorat Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum kami serah terimakan hasil pekerjaan SPAM Kampus dengan harapan dapat melayani kebutuhan air minum untuk sivitas akademika Universitas Khairun. *Humas

Please follow and like us:
error20

Comments

comments

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

RSS
https://www.facebook.com/Universitas-Khairun-196552343866215/
https://www.facebook.com/Universitas-Khairun-196552343866215/
https://www.instagram.com/universitaskhairun