Pelaksanaan Kubermas di Tengah Pandemi Covid-19

Unkhair.ac.id. 1631 Mahasiswa akan melaksanakan kuliah berkarya dan bermasyarakat (KUBERMAS). Tidak seperti Kubermas tahun sebelumnya, kubermas pada masa pandemik covid19 akan dilaksanakan dengan sistem domisili peserta, sistem yang mengharuskan peserta Kubermas melaksanakan kegiatan bersama masyarakat yang berdekatan dengan tempat tinggal peserta. Para peserta kubermas diminta untuk melakukan kegiatan di Kelurahan,Desa,Dusun sesuai tempat peserta berdomisili.

Setiap Kelurahan atau Desa,Dusun akan ditempat sebanyak 10 orang peserta. Mereka akan melakukan kegiatan bersama masyarakat setempat, penempatan peserta Kubemas sesuai domisili ini bertujuan agar para peserta lebih cepat beradaptasi dengan perangkat Kelurahan,Desa dan Dusun lokasi Kubermas 2020.

Para peserta juga diberikan waktu ber Kubermas selama satu bulan, dengan waktu yang sangat singkat, para peserta diharuskan melakukan berbagai kegiatan yang sudah diagendakan bersama diantaranya Sosialisasi pencegahan Covid19 bersama perangkat Kelurahan,Desa atau Dusun, Melakukan edukasi melalui media yang tersedia, membantu pendampingan belajar daring bagi siswa siswi, serta membantu pihak perangkat kelurahan maupun desa untuk melakukan pemetaan jumlah penduduk serta sebaran Covid19 di lingkungan masing masing.

Untuk memantapkan kegiatan Kubermas yang bertemakan “Pencegahan Covid-19 Melalui Kuliah Berkarya Bermasyarakat”, para peserta mengikuti pembekalan materi yang diselenggarakan selama 2 hari (21-22 Juli 2020) kegiatan pembekalan ini berlangsung di Aula Nuku gedung Rektorat Universitas Khairun. Semua materi yang disajikan bertemakan pencegahan Covid-19. Para peserta ada yang mengikuti secara langsung dengan protokol kesehatan dan ada juga yang mengikuti kegiatan pembekalan materi melalui daring.

Setelah mengikuti pembekalan materi, hari ini Rabu,22 Juli 2020 peserta Kubermas yang berlokasi di Kota Ternate diserahkan ke Pemerintah Kota Ternate yang diwakili oleh Assisten I Pemkot Ternate Drs. Bahtiar Teng. Penyerahan dilakukan dengan media daring, selanjutnya para peserta Kubermas yang berdomisili di Kota Ternate mulai besok sudah bisa melakukan kunjungan di kantor Kelurahan sesuai dengan penempatannya. Untuk peserta yang berdomisili diluar Kota Ternate dapat melakukan kunjungan atau observasi di kantor Desa atau Dusun sesuai lokasi Kubemas masing masing. *Humas

Please follow and like us:
error20

Comments

comments