Unkhair Jalin Kerjasama dengan Chiang Mai University dan Maejo University

Thailand. Rektor Universitas Khairun, Dr. M.Ridha Ajam,MHum bersama Rektor Chiang Mai University, Prof. Dr. Chatree Maneekosol dan Rektor Maejo University, Prof. Dr. Weerapon Thongma melaksanakan penandatangan Memorandum of Understanding, Thailand, 28 Mei 2023.

Penandatangan kerjasama internasional berlangsung di Empress Premier Hotel meeting room, Thailand. Selain kedua Universitas tersebut, M Ridha Ajam berkesempatan menjajaki kerjasama dengan beberapa universitas di Thailand dan Philippines. Kerjasama ini di inisiasi bersama dengan  event Konferensi Internasional SAFE 2023 yang ke 10, International Conference on Sustainable Agriculture, Food, and Energy di Chiang Mai, Thailand pada 28-29 Mei 2023.

Pada kesempatan tersebut, Rektor Universitas Khairun, Dr.M.Ridha Ajam,M.Hum dengan Assoc. Prof. Dr. Weerapon Thongma, President of Maejo University dan Thailand Director of AAUN (ASEAN Agriculture University Network) juga Assoc. Prof. Dr. Chatree Maneekosol, Acting President of Chiang Mai Rajabhat University bersama beberapa perwakilan universitas di Indonesia melaksanakan penandatanganan  Letter of Intent (LoI) dengan fokus kerjasama bidang agriculture, food dan sustainable development.

Pada acara tersebut, Universitas Khairun juga melakukan kolaborasi serta penjajakan kerjasama dengan USEP (Philippines) University of Southeastern Philippines. Dalam lawatan ke Chiang Mai, Rektor Unkhair didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni, Abdul Kadir Kamaluddin., S.P., M.Si, kepala Biro BAUK, Nurdewi Rizka, M.Pd, dan Ketua Kantor Urusan Internasional, Roswita M. Aboe., MA.

Prof. Dr. Novizar Nazir dari Universitas Andalas tampil memberikan sambutan pembuka konferensi SAFE 2023 Thailand. Dalam sambutannya Prof. Dr. Novizar mengatakan, tahun ini adalah satu dekade persahabatan jejaring yang akan bertekad untuk bekerja lebih keras lagi di dalam kerangka persahabatan dan kebahagiaan untuk mewujudkan visi SAFE “Menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat melalui dampak inovasi dalam pertanian berkelanjutan, pangan, dan energi”.

Turut hadir dalam konferensi ke 10 jejaring SAFE ini, Dekan Fakultas Pertanian Unkhair, Lily Ishak, M.Sc. Nat.Rer., Ph.D di damping oleh Wakil Dekan II dan Wakil dekan III Faperta. Pada konferensi tersebut, Fakultas Pertanian Unkhair akan menandatangani Memorandum of Agreement dengan Fakultas Pertanian di beberapa Universitas di Thailand.  Sedangkan beberapa Dosen dari Fakultas Pertanian Universitas Khairun mendapat kesempatan untuk mempresentasikan paper penelitian dalam sesi paper presentation.

Konferensi 10 Tahun SAFE Network di Chiang Mai, tidak hanya memberi peluang Kerjasama, tetapi membuka kesempatan kolaborasi bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat demi kemajuan bersama Universitas Khairun dan Universitas di ASIA anggota jejaring SAFE. (humas) Sumber : Abdulkadir K/ Editor : Suratin/ Foto : Aqsan