Unkhair Gelar Sharing Session dengan Tema “ Peran Perguruan Tinggi Wilayah Timur Indonesia Untuk Pemerataan Akses Pendidikan Serta Penguatan Keutuhan Bangsa”

Unkhair. Universitas  Khairun gelar  sharing session  bersama Pemerintah Daerah,  pihak Swasta, BUMN, dan mitra kerjanya. Kegiatan sharing session dengan tema “Peran Perguruan Tinggi Wilayah Timur Indonesia Untuk Pemerataan Akses Pendidikan  Serta Penguatan Keutuhan Bangsa” berlangsung di di Ballroom Gamalama Hotel Sahid Bella Ternate, Sabtu, 13 Agustus 2022.

Sharing Session ini merupakan rangkain kegiatan dalam rangka peringatan Dies Natalis Universitas Khairun Ke-58 yang jatuh pada tanggal, 15 Agustus 2022. Sharing session dibuka secara resmi Gubernur Provinsi Maluku Utara yang sambutannya dibacakan oleh Asisten I Gubernur Provinsi Maluku Utara (Malut).

Kegiatan Sharing Session menghadirkan empat narasumber yaitu, Wakil Bupati Halteng Abd. Rahim Odeyani, Wali Kota Tikep Capt H. Ali Ibrahim, Rektor Unkhair Ternate Dr. M. Ridha Ajam, Anggota DPRD Provinsi Malut Ishak Naser,  moderator dosen Unkhair Ternate Dr. Azis Hasyim.

Ketua panitia kegiatan Johan Fahri dalam laporan kegiatannya mengatakan, Perguruan Tinggi adalah wadah pendidikan bagi para kaum cendekia dengan tiga misi utama, yaitu Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa pendidikan, Penelitian dan Pengabdian pada masyarakat.

Lanjut Johan Fahri, salah satu isu yang sering diperdengarkan dalam upaya menggoyahkan keutuhan NKRI adalah ketimpangan kesejahtraan antara wilayah, khusunya wilayah di indonesia bagian timur termasuk Provinsi Malut dengan bagian barat wilayah Indonesia. Dengan adanya kegiatan sharing session yang digelar Unkhair Ternate ini diberikan kesempatan untuk pemaparan existing condition, sekaligus rencana strategis jangka panjang.

Rektor Universitas Khairun, Dr. M. Ridha  Ajam, M.Hum dalam sambutannya mengatakan,  dengan shering session ini, kita ingin berbagi informasi kepada publik terutama kepada pimpinan daerah, tidak saja terkait dengan akademik tapi juga mengenai dengan hak-hak mahasiswa.

Karena yang dimaksud dengan hak mahasiswa adalah ada kurang lebih 12 ribu mahasiswa  yang kuliah di Unkhair tercatat ditahun 2021, sementara ditambah ditahun 2022 ini maka jumlahnya kurang lebih 15 ribu mahasiswa, dan sebagian besar 70 sampai 85 persen itu mereka berasal dari Kabupaten Kota dan Provinsi Malut,” ungkap Rektor.

Universitas Khairun juga memberikan beasiswa KIPK sehingga kami sampaikan data ini ke pemerintah daerah masing-masing Kabupaten Kota, dan juga Provinsi Malut supaya mereka lihat bahwa ada kondisi riil kampus saat ini masih memiliki kendalah yakni lahan dan ruang kuliah sangat terbatas, sehingga perlu kita cari jalan keluar untuk penanganan kendalah tersebut secara bersama, terutama stakholder dari pemerintah daerah dan pihak suasta industri,” ungkap Rektor.

Rektor Universitas Khairun, Dr. M. Ridha  Ajam, M.Hum berharap keterpenuhan fasilitas dasar kampus sehingga anak-anak kuliah dengan nyaman kemudian berekspresi bebas, dalam meningkatkan mutu akademik supaya mutu SDM kita dimasa depan akan datang lebih baik,.

Sementara Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba dalam sambutannya yang dibacakan Asisten I, Karim Buamona  mengatakan, Perguruan Tinggi sebagai salah satu produsen insan cendikiawan karena Perguruan Tinggi telah memegang strategis dalam membentuk manusia di indonesia.

keberadaan kampus sebagai lembaga pendidikan tinggi tidak dapat dipandang sebelah mata dalam memproduksi konsep atau pemikiran serta gagasan kreatif lainnya, kaum intelektual kampus sejak awal ikut andil dalam laksanakan transformasi ide kebangsaan, kemudian dilakukan restorasi dalam memperkuat simpul NKRI.

Sekedar diketahui, turut hadir kegiatan tersebut yaitu Wali Kota Tidore, Wakil Bupati Halteng, Anggota DPRD Provinsi Malut, Asisten I Gubernur Provinsi Malut, Asisten I Wali Kota Ternate,  Sekertaris Dinas Pertanian Provinsi Malut, Kepala Bidang Karantina Pertanian Kelas II Ternate, Perwakilan Harita Grup, Perwakilan IWIP, Wakil Direktur PT. Wahana Tiara, Bank BTN, Bank BSI, Bank BNI, Mahasiswa, Dosen dan Para Pimpinan dilingkungan Universitas Khairun. (Humas) Penulis Suratin Foto liputan : Fadli/Fai