Unkhair dan Pemkot Ternate Koordinasi Kesiapan Kelurahan Untuk Peserta KKN-Kebangsaan

Unkhair.ac.id Tim Kuliah Kerja Nyata Kebangsaan (KKN-K) Unkhair kemarin mengadakan pertemuan dengan Pemerintah kota Ternate bersama para Camat dan Lurah sekota Ternate, pertemuan yang beragendakan rapat koordinasi ini berlangsung diruang rapat kantor Walikota Ternate jalan Pahlawan Revolusi Ternate, Senin 24 Juni 2019. Hadir dalam kesempatan ini Staf perwakilan dari ASDP, BPBD dan Staf perwakilan dari Kantor Bandara Babullah Ternate. Sebelum Sekertaris Kota Ternate menyampaikan arahannya Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sukarjan Hirto,S.Sos menyampaikan maksud dn tujuan diundangnya para camat dan serta lurah  sekota Ternate. Sekertaris Daerah Kota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman,M.Si mengatakan kepada para Camat dan Lurah agar menyukseskan hajatan Nasional KKN Kebangsaan tahun 2019.  KKN Kebangsaan ini akan berlangsung selama sebulan yang dimulai tanggal, 18 Juli 2019 di Kota Ternate, untuk itu kepada para Camat serta Lurah Sekota Ternate agar dapat mensosialisasikan kepada masyarakat diwilayah masing masing.

Tauhid Soleman menjelaskan KKN Kebangsaan ini merupakan agenda Nasional untuk itu kepada Kelurahan yang terlibat dalam kegiatan ini dapat mempersiapkan diri untuk menyambut peserta KKN Kebangsaan yang terdiri dari berbagai daerah yang ada di wilayah Indonesia, peserta KKN Kebangsaan akan berkegiatan dilima kecamatan wilayah Kota Ternate, untuk kecamatan Ternate Utara terdapat 4 lokasi kelurahan yakni kelurahan Dufa-Dufa, Tubo, Akehuda dan Sango. Untuk wilayah kecamatan Ternate pulau terdapat 4 kelurahan yakni Kelurahan Fora, Kastela, Rua dan Dorpedu. Untuk wilayah kecamatan Ternate Barat terdapat juga 4 lokasi yakni Kelurahan Kulaba, Tobololo, Sulamadaha dan Takome sedangkan untuk wilayah Ternate selatan berlokasi di kelurahan Ngade dan Fitu dan yang terakhir untuk wilayah Ternate tengah peserta KKN Kebangsaan akan berlokasi di kelurahan Tongole. Setelah membacakan lokasi pada kelurahan di wilayah Kota Ternate selanjutnya Sekot Ternate meminta kepada para Lurah agar segera berkoordinasi dengan warga untuk menyediakan tempat tinggal sementara pada peserta KKN Kebangsaan, diharapkan rumah untuk tempat tinggal para peserta KKN Kebangsaan ini layak untuk ditempati.

Dalam pertemuan in Kepala LPPM Universitas Khairun Nurhasanah Jusuf,S.Si.M.Si  menyampaikan kepada para Lurah dan Camat tentang program kegiatan KKN Kebangsaan, sebelumnya Nurhasanah meminta kepada pihak pihak terkait untuk menjamin keselamatan keamanan peserta KKN-K selama berada di wilayah kelurahan Bapak Ibu. Lanjut Nurhasanah bahwa tema kegiatan KKN-K kali ini adalah “ Ekowisata Kepulauan dan Konservasi rempah Ternate Kepulauan dan mitigasi Bencana” untuk itu diharapkan kepada kelurahan setempat dapat memberi gambaran terkait dengan tema yang diusung, pada awalnya para nanti para peserta akan melakukan observasi lapangan dimohon kepada Bapak Ibu Lurah agar dapat mengarahkan terhadap potensi yang ada di masing masing kelurahan. Kegiatan KKN-K pada intinya tidak melibatkan kegiatan fisik seperti KKN pada umumnya yang kita kenal bersama untuk itu sedianya jika di SKPD atau kecamatan/kelurahan yang memiliki kegiatan yang bersinggungan dengan kegitan sesuai tema KKN-K, maka bisa di sinergikan. Kegiatan  peserta KKN-K akan bekerja non-fisik dan mereka akan menghasilkan minimal project (berupa design: software, Blue Print, atau Maket) dan kegiatan lainnya misalnya sosialisasi tentang kebencanaan dan konservasi rempah sesuai dengan potensi sumber daya alam yang kita punyai.  Pada akhir kegiatan ini nantinya para peserta KKN-K akan mempresentasikan kegiatan mereka selama berada di lokasi masing-masing kelurahan dan akan memberikan hasil kajian mereka berupa rekomendasi hasil/output kepada pemerintah setempat (Lurah/Camat/Pemkot).

Pada pertemuan itu Camat Kota Ternate Utara Zulkifli, SE menyampaikan program kegiatan tentang pemanfaatan Air, untuk itu diharapkan para peserta KKN-K dapat dilibatkan untuk memberi edukasi berupa sosialisasi sadar kebermanfaatan dan pelestarian penggunaan air. Mahasiswa dapat menjadi agen perubahan atau Positive Agent. Untuk lokasi kelurahan Tongole manjadi salah satu lokasi di wilayah Ternate Tengah yang akan menjadi fokus konservasi rempah dan juga jika dapat menyentuh pelestarian bamboo tutul serta pelestarian cengkeh Afo salah satu cengkeh tertua di Maluku Utara terutama berada di wilayah Kota Ternate, sumber daya lain yang ada yakni pemanfaatan potensi untuk konservasi Capilong yang berada di kelurahan Kastela serta wisata sejarah dan lokasi villa di pantai. Humas

Please follow and like us:
error20

Comments

comments

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

RSS
https://www.facebook.com/Universitas-Khairun-196552343866215/
https://www.facebook.com/Universitas-Khairun-196552343866215/
https://www.instagram.com/universitaskhairun