Unkhair dan Dubes Portugal bahas Publikasi Buku dan Konferensi Internasional 2020

Unkhair.ac.id. Jakarta,28 Januari 2020. Delegasi Unkhair berkunjung ke Kedutaan Besar Portugal atas undangan Duta Besar Portugal untuk Indonesia yang mulia Rui Fernando Sucena Do Carmo, undangan ini untuk membahas publikasi buku -E Health yang telah disadur dari bahasa portugis kedalam bahasa Indonesia. Buku teks untuk mahasiswa ilmu kesehatan dan para profesional kesehatan itu  ditulis oleh pakar Kesehatan Elektronik dari SITT (Organisasi Tele-medicine dan Tele-health) dan University of Beira Interior (UBI) yaitu Prof. Dr. Luis Goncalves, Prof. Dr. Miguel Castello Branco dan Prof. Dr. Nando Campanella (Praktisi E-health) yang merupakan pengajar dan instruktur training di dua institusi ini.

SITT dan UBI Portugal telah menjalin kerjasama dengan Unkhair sejak 2018, dimana wujud dari kerjasama tiga institusi ini telah menghasilkan satu buah buku catatan Konfrensi dari dua kali kegiatan training E-Health di Universtas Khairun yang diikuti oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Unkhair dan mahasiswa Fakultas Hukum. Buku yang berjudul ‘Isu Hukum Kesehatan Elektronik’ ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish pada Agustus 2019 ini telah dicetak sebanyak 50 eksemplar pertama diperuntukkan bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran dan beberapa untuk Fakultas Hukum, semua tulisan buku ini adalah hasil kolaborasi penerjemahan buku yang melibatkan dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.

Buku E-Saude adalah produk pertama yang baru diIndonesiakan dan dalam pembahasan dengan Dubes sedang direncanakan untuk publikasi, dengan melalui bantuan Dubes, buku ini telah diterjemahkan oleh Dr. Arif Budiman dari Universitas Indonesia dimana pihak SITT dan UBI telah memberikan kepercayaan kepada Unkhair untuk melanjutkan proses pencetakan dan publikasi secara nasional di Indonesia dan menguruskan Hak Cipta.

Delegasi Unkhair yang hadir dalam diskusi ini adalah Warek III Unkhair Dr. Syawal Abdul Ajid, M.Hum, Dr. M Janib Ahmad, M.Si, Roswita M. Aboe, S.PD., MA dan Dr. Maulana Ibrahim., M.Eng. Selain membahas publikasi buku E-Health, delegasi Unkhair dan Dubes juga membahas Seminar Internasional tentang Kemaritiman, seminar ini nantinya akan membicarakan berbagai aspek antara lain seperti Sejarah, Arsitektur Kelautan, dan seminar ini juga akan mendatangkan langsung pemateri dari Lisbon University Portugal dan Naval school dimana pada 28 Oktober 2019 lalu telah menandatangani kerjasama dengan Universitas Khairun.

Rencana Konferensi Internasional yang digagas oleh Fakultas Perikanan ini  akan dilangsungkan pada tanggal 15-16 Juni 2020 dan sehari setelahnya akan diadakan penyambutan kapal NRP SAGRES, dari Angkatan Laut Portugal yang akan tiba di Maluku Utara pada 17 Juni 2020. Kapal Latih AL Portugal ini sudah dilepas sejak tanggal 15 Januari 2020 dari Portugal dan sementara melayari wilayah Eropa dan mengelilingi dunia.

Dalam kunjungan ini Roswita Aboe, Kepala Kantor Urusan Internasional Unkhair, menyerahkan buku Isu Hukum Kesehatan Elektronik dan disampaikan pula oleh Warek III bahwa Unkhair bermaksud membuka Portugis Corner untuk memperkuat hubungan kerjasama yang sedang dan akan dijalin dengan institusi Portugal. Niat ini  disambut dengan gembira oleh Dubes Rui Carmo. *Humas Info dari Roswita Aboe Kantor Urusan Internasional

Please follow and like us:
error20

Comments

comments