Unkhair dan BPS Jalin Kerjasama

Unkhair. Rektor Universitas Khairun, Dr.M.Ridha Ajam,M.Hum bersama Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku Utara, Aidil Adha SE, ME melakukan penandatangan Nota Kesepahaman antar kedua belah pihak. Penandatangan nota kesepahaman atau MoU ini berlangsung di ruang rapat lantai 3 Gedung Rektorat Universitas Khairun (Kamis, 23 Desember 2021).

Hadir dalam kesempatan itu para wakil Rektor, para Dekan dan ketua Lembaga lingkup Universitas Khairun. Sementara dari Badan Pusat Statitik turut hadir mendampingi Kepala BPS para pejabat lingkup BPS Se Provinsi Maluku Utara.

Rektor Universitas Khairun, Dr.M.Ridha Ajam,M.Hum dalam sambutannya mengatakan kerjasama ini telah direncanakan beberapa bulan lalu, namun karena kesibukan masing masing sehingga proses penandatangan kerjasama dapat terlaksana pada hari ini.

“Walaupun belum ditandatangani MoU beberapa kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka telah berlangsung di Kantor BPS Maluku Utara”ucap Ridha dalam sambutannya. Rektor Unkhair, Dr.M.Ridha Ajam, M.Hum sangat berterima kasih kepada pimpinan BPS yang telah bersedia hadir bersama para pimpinan BPS Kabupaten Kota  dalam kegiatan penandatnagan MoU di kampus Unkhair.

M.Ridha Ajam menjelaskan lebih lanjut, bahwa data statistik menjadi sesuatu yang sangat penting dalam akademik, karena data statistic adalah data yang paling valid untuk dilakukan analilis pada saat penelitian. Kerjasama ini nantinya memudahkan mahasiswa dan Dosen dalam mengakses data di BPS pada saat penelitian. Rektor meminta semua peneliti di Unkhair agar dapat menjadikan data di badan pusat statistic sebagai rujukan pertama dalam penelitian. Rektor berharap kedepan nantinya pihak BPS dapat melibatkan para mahasiswa Universitas Khairun dalam melakukan survei servei yang biasanya dilakukan oleh pihak BPS.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku Utara, Aidil Adha SE, ME dalam sambutannya sangat berterima kasih kepada pihak Unkhair yang telah menerima kunjungan seluruh pejabat BPS Maluku Utara.  Kepala BPS, Aidil Adha menjelaskan kerjasama ini adalah awal yang baik bagi BPS dengan Unkhair. Berbagai hal akan ditindaklanjuti, Pihak BPS akan membuat satu pojok BPS untuk lebih mendekati mahasiswa dan dosen dalam melayani segalah kebutuhan data statistik. “nanti ada perangkat komputer yang terkoneksi dengan BPS se provinsi Maluku Utara sehingga kebutuhan akan data statistic akan dapat diakses oleh mahasiswa dan Dosen” ungkap Aidil dalam sambutannya.

BPS juga akan melatih agen mahasiswa maupun dosen untuk lebih memahami dengan statistik. Setelah dilatih nantinya para mahasiswa akan menjadi agen BPS Malut sebagai penyambung lidah BPS di Universitas Khairun. Aidil Adha juga menjelaskan bahwa salah satu tugas baru dari BPS atau official statistik  adalah menyiapkan mahasiswa yang siap pakai dalam kegiatan statistik.

Untuk diketahui, ruang lingkup penandatangai kerjasama ini adalah Penyediaan data dan informasi melalui kegiatan perencanaan, pengumpulan, pengolahan, serta analisis dan penyediaan data statistik, Pemanfaatan data dan informasi statistik, Pengembangan Sumber Daya manusia dan Sistem Statistik Nasional dan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). (Humas)

Comments

comments