Tiga Mahasiswi Unkhair Kuliah di Prince Songhkla University Thailand

Unkhair. Tiga mahasiswi Universitas Khairun mengikuti perkuliahan di Prince Songkla University, PSU, Thailand. Tiga mahasiswi  dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris adalah Rahmatia, Delia Marshanda dan Ratu Balqis Ibrahim. Mereka mengikuti perkuliahan secara hybrid sejak tanggal, 22 Agustus dan berakhir 9 September 2022 kemarin.

Ketiga srikandi Unkhair ini mengikuti program kerjasama pertukaran mahasiswa internasional yang terfokus pada keterampilan bahasa Thailand, komunikasi lintas budaya, pengelolaan budaya berkelanjutan dalam konteks bisnis perhotelan dan pariwisata.

Pertukaran mahasiswa internasional merupakan program students exchange  yang di inisiasi oleh Kantor Urusan Internasional Universitas (KUI) Khairun. Pada bulan Juni kemarin, Universitas Khairun melalui KUI telah mengundang Dr. Wathanan Srinin dari Fakultas Studi Internasional PSU Thailand untuk melakukan sosialisasi kegiatan pertukaran mahasiswa internasional.

Kepala Kantor Urusan Internasional Roswita M. Aboe., S.Pd., MA dalam rilisnya mengatakan bahwa Tahun 2022 ini Universtas Khairun melalui KUI akan menargetkan pertukaran mahasiswa internasional ke Prince Songkla University, PSU, Thailand. Kegiatan pertukaran mahasiswa adalah program kerja Kantor Urusan Internasional Unkhair.  Untuk diketahui pada tahun 2019 Universitas Khairun melalui program students exchange  juga telah mengirimkan tiga mahasiswi Unkhair yang belajar di Universitas Brunei dengan program kerjasama Global Leadership Summer School (GLSS), ungkap Roswita.

Rahmatia, Delia Marshanda dan Ratu Balqis Ibrahim sementara menempuh studi di semester 3 dan 5 dan Program Thai Language and Culture for Hospitality and Tourism (TCHT). Kuliah internasional mereka dapat dialihkreditkan ke Mata Kuliah Cross Culture Understanding, English for Tourism dan Academic Literature.

Untuk mengikuti program ini Rahmatia, Delia dan Ratu Balqis, mendaftar secara kerelaan sendiri dan terdapat biaya sejumlah 300 BAHT untuk pendaftaran namun program ini mendapat dukungan penuh dari koordinator Prodi Ibu Naniek Jusnita., S.Pd., M.Pd, dan Dekan FKIP Dr. Abdu Mas’ud., M.Pd.

Walaupun program kuliah internasional dilaksanakan secara hybrid dengan fokus online tetapi tidak menutup kemungkinan akan ada kunjungan peserta ke Thailand. Program ini dengan sendirinya menunjang IKU atau indikator Kinerja Utama Universitas, terutama fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan terkhusus lagi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris.

Program Thai Language and Culture for Hospitality and Tourism   diakhiri pada hari Jumat 09 September 2022.  Peserta Program Thai Language and Culture for Hospitality and Tourism (TCHT) terdiri dari 41 orang dari berbagai Universitas di Indonesia. Para peserta diberikan kesempatan untuk terbagi dalam kelompok kecil dan mempresentasikan  materi mereka masing-masing terkait pengenalan budaya di wilayah masing-masing. Tindaklanjut dari program ini adalah penjajakan kerjasama antara Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan Fakultas Studi Internasional PSU Thailand.

Penulis: Suratin / Sumber : KUI Unkhair /  Foto: Istimwea