Tahun 2021 Unkhair Siap Jadi Tuan Rumah Konferensi Internasional Science and Technology

Unkhair.ac.id. Internasional Joint Conference On Science and Technology digelar hari ini, Jumat 16 Oktober 2020.  Tuan rumah conference internasional adalah Universitas Negeri Makassar. Kegiatan conference tingkat internasional dibuka dengan resmi oleh Rektor Universitas Negeri Makassar Prof. Dr. H. Husain Syam. MTP.  Seminar ke 3 tahun ini mengusung tema “Transformasi pendidikan untuk meningkatkan sumber daya manusia unggul menuju Indoenesia maju”. Semenjak tahun 2018 sampai 2020 konsorsium International Joint Conference on science and technology (IJCST) terus melakukan kegiatan untuk kepentingan pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Internasional Joint Conference On Science and Technology dihadiri oleh 13 Universitas di Indonesia serta beberapa Universitas dari luar negeri. Sebagai anggota konsorsium, Universitas Khairun dihadiri oleh Rektor Prof. Dr. Husen Alting, SH.MH dan Dekan Fakultas Tenik Lita Asyriati Latif, ST., MTM. Pada kesempatan itu Rektor Unkhair Prof. Dr. Husen Alting, SH.MH menandatangani MOU dengan 9 Pimpinan Universitas lainnya, sedangkan Dekan Fakultas Teknik Lita Asyriati Latif, ST., MTM menandatangani MOA dengan 14 Dekan yang termasuk dalam anggota konsorsium.

Dekan Fakultas Teknik Lita Asyriati Latif, ST., MTM ketika ditemui oleh tim Humas usai mengikuti pembukaan IJCST 2020 menjelaskan, bahwa Fakultas Teknik Unkhair telah mengikuti kegiatan ini semenjak tahun 2018, pada tahun 2018 Unkhair hanya mengirimkan 12 Makalah, ditahun 2019 Unkhair kembali mengirimkan 31 Makalah dan ditahun 2020 ini Unkhair mengirimkan 30 Makalah untuk direview. Untuk diketahui semua makalah yang lolos akan dipublikasikan dalam Atlantis Press dan akan diterbitkan dalam IOP yang diindeks oleh Scopus.

Di tahun 2021 nanti Universitas Khairun akan menjadi tuan rumah Internasional Conference On Science and Technology, hal ini disampaikan langsung oleh Dekan Fakultas Teknik Lita Asyriati Latif, ST., MTM, Pernyataan kesiapan Universitas Khairun sebagai tuan rumah Internasional Konferensi telah disampaikan Rektor kepada anggota konsorsium pada acara pembukaan.Kami menyambut baik penunjukan Universitas Khairun sebagai tuan rumah ditahun 2021, ini adalah kesempatan Universitas Khairun untuk turut serta dalam kegiatan yang berskala internasional.

Dalam IJCST ada dua  konferensi besar  yakni International Conference on Social cience (ICSS) dan International Conference on Science and Technology (ICST). Sebagai tuan rumah di tahun depan, Lita Asyriati Latif berharap semua Fakultas dilingkungan Universitas Khairun dapat ikut serta dalam ajang internasional ini, dengan harapan Makalah yang akan tampil bisa lebih dari 30 judul dari berbagai bidang ilmu baik Eksata maupun Noneksata.

Untuk diketahui bahwa IJCST 2020 diikuti oleh  oleh para dosen, peneliti, guru dan mahasiswa strata satu dan mahasiswa pascasarjana, para peserta akan mempublikasikan dan mempresentasikan makalahnya. Konferensi International akan dilaksanakan pada tanggal 16 dan 17 Oktober 2020 secara blended system. kegiatan rutin yang dilakukan oleh 13 anggota konsorsium Perguruan Tinggi se-Indonesia. Kegiatan ini sebelumnya direncanakan diadakan secara luring namun karena adanya dampak pandemi covid-19, maka akan diadakan secara blended system.

Pada International Conference on Science and Technology (ICST) akan membahas tentang membahas perkembangan dan penelitian terbaru di bidang ilmu eksakta, teknik dan teknologi, Sains dan Teknik Fisika, Matematika dan statistik, Ilmu Komputer, Listrik dan Elektronika, Teknologi Disruptif dalam Revolusi Industri ke-4 (IIoT, Kecerdasan Buatan, Data Besar, AR & VR, Sensor, Pencetakan 3D, Robot, Machine Learning), Sistem Informasi Geografis & Penginderaan Jauh, Ilmu Biologi & Lingkungan, Biomedik dan Biometrik, Geofisika, Geologi dan Pertambangan, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Sipil. Aplikasi berbasis teknologi seperti media pembelajaran untuk pendidikan.

Sedangkan untuk International Conference on Social cience (ICSS) akan mempresentasikan makalah dalam segala bidang ilmu sosial, humaniora, dan pendidikan. Topik konferensi berfokus pada beberapa disiplin ilmu termasuk Hukum, Pendidikan, Ilmu Budaya dan Komunikasi, Sejarah, Ekonomi, Ilmu Politik, Psikologi, Sosiologi, Seni dan Humaniora, Ilmu Bahasa dan Perpustakaan, Literasi Manusia, dan Ilmu Administrasi. Konferensi ini merupakan forum diskusi antara berbagai pihak seperti akademisi, pembuat kebijakan dan praktisi sosial. Tujuan kegiantan ini adalah wadah pengembangan profesional keilmuan inter dan antar disiplin ilmu pengetahuan. (Humas)

Please follow and like us:
error20

Comments

comments