Tahapan Pendaftaran Jalur SNMPTN dan Jalur UTBK-SBMPTN 2020

Unkhair.ac.id. Proses pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 telah memasuki tahap pemeringkatan siswa oleh Sekolah dan pengumuman Siswa yang ELIgible mulai tanggal, 15 Januari sampai 8 Februari 2020, tahap ini selanjutnya para siswa akan memasuki ke tahap pendaftaran SNMPTN. Proses pendaftaran SNMPTN sendiri akan dimulai pada tanggal, 11 sampai 25 Februari 2020.

Pada tahap pendaftaran SNMPTN kami himbau kepada pihak sekolah maupun pihak keluarga agar mendampingi siswa untuk melakukan pendaftaran SNMPTN yang dilanjutkan dengan pilihan Universitas dan Program Studi yang akan diminati, pada tahap ini siswa/wi pendaftar dapat memilih paling banyak dua Universitas Negeri (PTN) dengan memlih dua program studi pada satu PTN atau masing masing satu program studi di dua PTN. Setelah memilih Universitas dan Program studi, siswa/wi akan menanti pengumuman hasil SNMPTN yang akan diumumkan pada tanggal 4 April 2020 pukul 15.00 WIB. Jika siswa/wi diterima pada PTN pilihan siswa/wi calon mahasiswa dapat melakukan pendaftarn ulang peserta yang lulus SNMPTN di PTN pilihan, informasi daftar ulang dapat dilihat di laman (website) masing masing PTN.

Pendaftar UTBK dan SBMPTN
Bagi siswa yang tidak lulus pada seleksi SNMPTN dapat mengikuti seleksi tahap berikut yakni UTBK untuk SBMPTN, proses pendaftaran UTBK dimulai dengan pendaftaran akun LTMPT bagi yang belum membuat akun LTMPT, untuk siswa/wi yang telah membuat akun namun belum melakukan permanen data dapat melakukan permanen data atau daftar kembali, pendaftaran UTBK sendiri dimulai tanggal, 17 Februari sampai dengan 5 April 2020. Registrasi akun LTMPT wajib untuk semua calon pendaftar baik itu tahap SNMPTN,UTBK dan SBMPTN, untuk membuat akun LTMPT siswa diminta untuk mempersiapkan NISN,NPSN dan tanggal lahir, pendaftaran dilakukan secara online pada laman https://portal.ltmpt.ac.id .

Siapa saja yang bisa ikut mendaftar pada jalur UTBK untuk SBMPTN.
Yang bisa mengikuti atau mendaftar pada jalur UTBK ini adalah Siswa/wi yang tidak lulus pada jalur SNMPTN, atau siswa/wi SMA,MA,SMK kelas 12 yang tidak mendaftar pada jalur SNMPTN atau juga peserta didik Paket C tahun 2020. Calon peserta lain yang dapat mendaftar pada jalur UTBK untuk SBMPTN ini adalah siswa/wi lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2018 dan 2019.
Pada proses pendaftaran UTBK yang dimulai tanggal, 30 Maret sampai dengan 11 April 2020, calon peserta UTBK akan melakukan login pendaftaran menggunakan username/email dan password ke laman https://portal.ltmpt.ac.id selanjutnya melakukan verifikasi dan validasi data siswa, tahap selanjutnya siswa memilih menu pendaftaran UTBK dan memilih lokasi tes UTBK jenis ujian dan sesi ujian untuk mendapatkan slip pembayaran. Dengan membayar sesuai pilihan jenis ujian yakni kelompok saintek atau soshum sebesar Rp. 200.000 dan kelompok campuran sebesar Rp. 300.000,- untuk pelamar beasiswa bidikmisi atau KIP-Kuliah tidak melakukan pembayaran pendaftaran.

Pelaksanaan tes dilakukan dengan cara berbasis computer sesuai namanya UTBK, waktu pelaksanaan selama 1 minggu yang dimulai hari Senin, 20 April 2020 dan berakhir tanggal, 26 April 2020, kurun waktu tersebut siswa akan memilih sesi ujian sesuai tanggal dan kursi yang tersedia,
Pengumuman hasil UTBK dilakukan pada tanggal, 12 Mei 2020, para peserta cukup melihat pengumumannya di akun masing masing. Selanjutnya peserta melakukan pendaftaran SBMPTN dengan nilai UTBK yang dimiliki masing masing peserta, dengan mengisi biodata para peserta SBMPTN hanya bisa memilih Dua Program Studi dalam satu PTN atau masing masing Satu Prodi dalam Dua PTN. Pendaftaran SBMPTN dimulai tanggal, 02 Juni sampai dengan 13 Juni 2020 dan pengumuman hasil Seleksi Jalur SBMPTN pada tanggal, 30 Juni 2020 pukul 15.00 WIB. *Humas

 

 

 

 

Please follow and like us:
error20

Comments

comments