Sosialisasi Peraturan dan Teknis Penggunaan Drone Oleh APDI Regional Sulut di Fakultas Perikanan Unkhair

Unkhair. Asosiasi Pilot Drone Indonesia ( APDI ) Regional Sulawesi Utara melakukan sosialisasi yang berlangsung di Ruangan Kuliah lantai 3 Gedung Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Khairun mengenai Peraturan dan Teknis Penggunaan Drone pada hari Rabu 24/8/2022.

Dalam Sosialisasi tersebut ketua APDI Regional Sulut , Mad Syarif mengatakan bahwa APDI merupakan kepanjangan tangan dari Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan RI untuk melakukan pembinaan kepada para pilot drone baik itu amatir ataupun professional agar sama-sama menjaga keselamatan penerbangan udara melalui Peraturan Menteri Perhubungan No.37 Tahun 2020 tentang Pengoperasian Pesawat Udara Tanpa Awak di Ruang Udara yang Dilayani Indonesia dan menganjurkan kepada para pilot drone agar dapat terbang dengan aman, bertanggung jawab dan bermartabat.

Dalam penjelasannya diharapkan para pilot drone harus mengetahui Kawasan Keselamatan Operasional Penerbangan (KKOP) atau zona mana yang bisa menerbangkan drone dan tidak bisa sehingga memerlukan izin dari Pihak terkait .

Mad juga menambahkan bahwa para Pilot drone juga harus memiliki Serifikat dan dapat mendaftarkan dronenya ke Kementerian Perhubungan. Untuk mendapatkan Setifikat maka pilot diwajibkan mengikuti Sosilaisasi secara daring yang merupakan syarat untuk mengikuti Training dan ujian sertifikasi guna mendapatkan Sertifikat Pilot Drone.

Untuk diketahui bahwa turut hadir dalam sosialisasi tersebut, Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan      Dr. M. Janib Achmad, S.Pi, M.Sc , Kadis Kelautan dan Perikanan Kepulauan Sula Sahlan Norau S.Pi, M.Si,  Dr. Nurhalis Wahidin, SP, M.Sc, Para Dosen, Anggota Komunitas Aerial Drone Malut dan mahasiswa. (humas) Penulis Fadli/ Foto Fadli