Sonia Buyung, S. Ked, Wisudawati Terbaik dan Tercepat, Ternyata Anak Seorang Buruh Petani

UNKHAIR-Sonia Buyung, 21 tahun anak buruh petani menjadi wisudawati terbaik, dan tercepat pada Program Studi (Prodi) Pendidikan Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Khairun (Unkhair), Ternate.

Anak ke tiga dari Buyung Hi. Haeruddin dan Juria Arifin, lahir dari keluarga sederhana dan latar belakang ekonomi kurang mampu, tak mengurungkan semangatnya melanjutkan kuliah di Fakultas Kedokteran, Unkhair, sapa sangka, kini cita-cita untuk menjadi seorang dokter benar-benar terwujud.

Sonia Buyung, S. Ked, sukses menyelesaikan studinya tercepat, hanya 3,4 tahun, wisuda Unkhair, Sabtu, (20/4/2024) mendapatkan predikat Lulusan Terbaik pertama dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 4,00.

Sonia Buyung, S.Ked, ditemui, menyampaikan terima kasih, serta kebanggaannya kepada ke dua orangtuanya, mensuport sejak awal memasuki dunia perguruan tinggi hingga kelar. “Tanpa dukungan dari orang tua, saya tidak menjadi dokter,” ujarnya.

Menurutnya, meskipun Ia terlahir dari ayah seorang hanya buruh petani, dan ibunya, seorang ibu rumah tangga, was-was lantaran biaya yang dikenal cukup mahal di Prodi Pendidikan Kedokteran, namun Sonia Buyung, S. Sked meyakinkan ke dua orangtuanya bisa menyelesaikan studinya.

Selama perkuliahan, dirinya pernah menjuarai 1 Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pendidikan Pengetahuan Alam, Biologi tingkat universitas tahun 2022, dan tahun 2023 menjadi delegasi tingkat nasional di bidang Biologi Perwakilan Wilayah Dikti XII.

Sonia Buyung, S. Ked, melanjutkan ceritanya motivasinya hingga memilih kuliah di Fakultas Kedokteran, cita-cita sejak kecil, menurutnya profesi seorang dokter itu pekerjaan yang mulia, bisa membantu orang yang sakit.

Sonia, diketahui sementara masih menjalani jenjang Pendidikan Profesi Dokter atau Koas yang sedang berjalan 1 bulan, selanjutnya jika punya rezeki, dirinya berniat mengambil dokter spesialis.

Sonia Buyung, S.Ked, juga berterima kasih kepada Rektor Unkhair, Dr. M. Ridha Ajam, M. Hum, Dekan Fakultas Kedokteran, dr. Liasari Armain, M. Kes, dan para wakil dekan sudah membimbing hingga kini.

Kepada rekan-rekan sejawat mahasiswa Fakultas Kedokteran yang sementara menjalani perkuliahaan, agar terus semangat, perbanyak belajar, dan memasang target sehingga mencapai target yang diinginkan, temasuk selalu minta do’a dari orangtua. (Tim Humas) Foto; Fadly, Fai, dan Chesa.