Seminar Nasional Pengusulan CPN Haji Salahuddin Bin Talabuddin

Unkhair. Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah bersama Universitas Khairun menggelar Seminar Nasional dalam rangka pengusulan calon pahlawan nasional Haji Salahuddin Bin Talabuddin sebagai pejuang merah putih dari Halmahera Tengah Provinsi Maluku Utara. Kegiatan seminar ini berlangsung di Aula Nuku Gedung Rektorat Unkhair (Kamis, 13/01/2022).

Peserta yang hadir dalam Seminar Nasional terdiri dari kalangan masyarakat umum, Mahasiswa pihak Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah dan para akademisi baik nasional maupun daerah.

Seminar Nasional dalam rangka pengusulan calon pahlawan nasional Haji Salahuddin Bin Talabuddin menghadirkan pembicara nasional yakni sejarawan Universitas Indonesia, Prof. Dr. Susanto Zuhdi, M.Hum. Sejarawan Unkhair Irfan Ahmad, S.S.,M.A.  Turut hadir secara virtual Direktur Kepahlawanan, Perintis, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial, Kementerian Sosial Republik Indonesia, Dra. Murhardjani, MP. Bertindak sebagai moderator dalam seminar ini adalah Dr. Syahyunan Pora.,S. Fil.,M. Phil.

Rektor Universitas Khairun, Dr. M. Ridha Ajam, M.Hum dalam sambutannya mengatakan, pengsulan pahlawaan nasional Haji Salahudin Bin Talabuddin adalah salah satu keinginan masyarakat Maluku Utara, hal ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada Indonesia bahwa di Halmahera Tengah memiliki tokoh kepemimpinan yang telah memperjuangkan pengibaran sang merah putih di Indonesia bagian timur Indonesia tepatnya di tanah Halmahera Tengah.

Dr. M. Ridha Ajam menjelaskan, yang menarik dari seorang Haji Salahudin Bin Talabuddin adalah dia bersal dari kalangan msyarakat biasa, beliau  berbeda dari sebagian tokoh nasional yang diusulkan oleh daerah lain, Haji Salahudin bukan seorang ningrat atau seorang bangsawan tetapi Haji Salahudin Bin Talabuddin lahir dari kalangan masyarakat biasa yang tinggal di pedalaman Halmahera.

Dalam kesempatan itu Rektor Universitas Khairun, Dr. M. Ridha Ajam, M.Hum mempertegas dukungan Haji Salahuddin Bin Talabuddin sebagai calon pahlawan nasional dari Halmahera Tengah Provinsi Maluku Utara.

 

Dikesempatan yang sama, Bupati Halmahera Tengah Drs. Edi Langkara, MH dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat Maluku Utara untuk bersatu dalam rangka mendorong Haji Salahudin Bin Talabuddin sebagai pahlawan nasional.

Edi Langkara menjelaskan bahwa Haji Salahuddin Bin Talabuddin lahir dan tumbuh dari kalangan masyarakat biasa bukan dari kalangan bangsawan, hal ini membuat sejarawan sangat sulit untuk menemukan data profesi dan kiprahnya dalam melawan penjajahan. Informasi tentang Haji Salahuddin Bin Talabuddin hanya dapat ditemukan dari tradisi lisan masyaramat Halmahera Tengah serta diskusi terbatas di masyarakat foguguru.

Untuk itu dengan dilaksanakan seminar nasional ini diharapkan akan mendapatkan referensi lebih luas lagi dan nantinya menghasilkan kajian akademik untuk dapat dintindaklanjuti oleh TIM pengusul pahlawan nasional Provinsi Maluku Utara. Bupati Halmahera Tengah Drs. Edi Langkara, MH juga berkomitmen untuk mengawal pengusulan Haji Salahudin Bin Talabuddin sebagai pahlawan nasional. (Humas)

Penulis Suratin/ Liputan dan Foto Fadli

Please follow and like us: