Satuan Pengawasan internal Unkhair Gelar Pelatihan Audit Operasional dan Barang/Jasa

Unkhair.ac.id. Pengetahuan audit pengadaan barang dan jasa merupakan tuntutan Peraturan Presiden no 54 tahun 2010 tentang pengadaan barang/jasa Pemerintah dan peraturan perubahannya yang diantaranya adalah agar Pengadaan barang/jasa Pemerintah dapat dilakukan secara ekonomis, efektif dan efesien serta berdasarkan prinsip prinsip transparansi dan akuntabilitas.

Tuntutan terhadap asas asas dan prinsip Pengadaan barang/jasa Pemerintah tersebut merupakan konsekuensi logis dari proses reformasi yang menginginkan adanya upaya pemberantasan korupsi dan kolusi yang diikuti perubahan secara mendasar dalam tata kelolah Pemerintahan. Implikasi dari tuntutan tersebut diantaranya adalah mengharuskan Lembaga baik pemerintah Pusat dan Daerah untuk mengelola pengadaan barang/jasa secara hati-hati dan bertanggung jawab.

Audit atas pengadaan barang dan jasa merupakan salah satu jenis pelaksanaan audit operasional yang khusus memfokuskan pengujian dan evaluasinya terhadap proses dan kegiatan pengadaan barang dan jasa. Seorang auditor dalam pelaksanaan audit operasional pengadaan barang dan jasa dituntut untuk memahami secara mendalam mengenai aktivitas atau kegiatan yang diauditnya. Proses pengadaan barang dan jasa merupakan suatu kegiatan yang memiliki tingkat kerawanan yang cukup tinggi untuk memungkinkan terjadinya ketidakefisienan dan ketidakefektian serta potensi adanya penyelewengan atau kecurangan.

Untuk itu Universitas Khairun melalui Satuan Pengawasan Internal melaksanakan pelatihan Audit Operasional dan Pengadaan Barang/Jasa, kegiatan pelatihan ini berlangsung di aula Babullah gedung Rektorat lantai 4 Universitas Khairun. (Rabu, 27 November 2019).  Hadir dalam kesempatan ini narasumber dari Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti yakni Ibu Dahlia Silvana dan Bpk. Wiweko Iskanugrahan.

Ketua Satuan Pengawasan Internal Karmila Ibrahim,SP.M.Sc dalam sambutannya mengatakan  terima kasih kepada narsumber Ibu Dahlia Silvana dan Bpk. Wiweko Iskanugrahan yang telah hadir untuk berbagai ilmu serta pengalamannya bersama kami. Karmila Ibrahim menjelaskan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk membantu SPI dalam melaksanakan audit operasional pengadaan barang dan jasa yang juga merupakan tugas pokok dari SPI. Peserta yang ikut dalam pelatihan ini terdiri dari Dosen dari tujuh Fakultas. Pelatihan ini akan dilaksanakan selama dua hari dengan materi audit keuangan, asset dan barang milik negara, kinerja beserta sumberdaya manusia, penelitian serta audit terhadap pengabdian kepada masyarakat. Untuk pelatihan audit pengadaan barang dan jasa akan disampaikan oleh pihak BPKP Perwakilan Maluku Utara. Dalam peltihan ini akan dilakukan pre test dan post test, kedua test ini dilakukan untuk menguji pemahaman peserta terhadap materi yang telah diberikan oleh para narasumber.

Rektor Universotas Khairun Prof.Dr. Husen Alting,SH.MH dalam sambutannya mengatakan terima kasih kepada narasumber yang telah bersedia memberikan materi pada pelatihan audit operasional barang dan jasa. Lanjut Husen, di Universitas Khairun ini Rektor telah memberikan kewenagan penuh kepada Satuan Pengawasan Internal untuk menjalankan tugas dan fungsinya, dalam melaksanakan audit internal Rektor tidak pernah sekalipun melakukan intervensi terhadap hasil audit yang dilaksanakan oleh SPI. Semua ini diharapkan agar tata kelolah operasional barang dan jasa itu dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku. Untuk menguji kinerja SPI, setiap tahun Universitas Khairun selalu melakukan audit bersama dengan pihak BPKP dan untuk lebih akuntabel lagi dalam melakukan pengadaan barang dan jasa, Universitas Khairun juga meminta pendampingan kepada tim TP4D. Lanjut Rektor, setiap tahunnya SPI juga memberikan apresiasi kepada Unit atau Fakultas maupun Lembaga yang tata kelolah pelaporannya keuangannya baik dan sesuai dengan peraturan yang berlaku, hal ini kata Rektor untuk memberikan motivasi kepada semua Unit,Lembaga dan Fakultas untuk berlomba lomba meningkatkan kinerja pelaroran secara baik. *Humas

Please follow and like us:
error20

Comments

comments