Rektor Unkhair Terima Kunjungan Para Kepala Desa Kecamatan Oba Tengah

Unkhair. Rektor Universitas Khairun Dr. M. Ridha Ajam,M.Hum menerima kunjungan para Kepala Desa Kecamatan Oba Tengah Kota Tidore Kepulauan. Pertemuan antara Kepala Desa dengan Rektor Universitas Khairun ini berlangsung di ruang pertemuan gedung Rektorat lantai 3 Unkhair. (Selasa, 30 November 2021).

Kedatangan para Kepala Desa yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintahan Desa seluruh Indonesia (APDESI) Kecamatan Oba Tengah ini bertujuan untuk silaturahmi sekaligus menjadikan Unkhair sebagai tempat untuk berkonsultasi serta belajar terkait dengan tugas dan fungsi penyelenggaraan Desa.

Sekertaris  Apdesi Tikep, Mahfud A. Rahman menjelaskan ide pertemuan ini karena hampir sebagian kepala desa baru menjabat. Untuk itu tujuan kedatangan para Kepala Desa ini meminta kesediaan Universitas Khairun untuk membimbing para kepala desa di kecamatan Oba Tengah. Banyak yang harus dipelajari oleh para Kepala Desa terkait pengembangan desa serta BUMDes yang dimiliki oleh setiap Desa, ucap Mahfud dalam pertemuan itu. Selain itu para Kepala Desa harus memahami bagaimana pengelolaan pemeintahan Desa, lembaga lembaga Desa dan penetapan tapal batas serta pembuatan profil Desa.

Rektor Unkhair Dr.M.Ridha Ajam,M.Hum dalam sambutannya mengatakan terima kasih atas kunjungan para Kepala Desa Kecamatan Oba Tengah. Ridha Ajam sangat mengapresiasi kunjungan para kepala Desa. Kedatanga para Kepala Desa ini merupakan niat baik untuk memajukan Desa yang dipimpinnya. Untuk diketahui hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Desa Akesai, Kepala Desa Lola, Kepala Desa Togeme, Kepala Desa Fanaha, Kepala Desa Ake Tobololo, Kepala Desa Beringin Jaya, Kepala Desa Ake Tobatu, Kepala Desa Ake Dotilou, Kepala Desa Yehu dan Kepala Desa Siokona.

Para Kepala Desa ini menyampaikan kendala yang mereka hadapi dalam memimpin Desa. “Kepala Desa yang hadir ada yang baru dilantik, mereka ingin berkonsultasi terkait dengan penyelenggaraan Desa dan BUMDes” ungkap Ridha Ajam saat ditemui awak media. Banyak Profil Desa yang belum dibuat sehingga informasi tentang sumber daya desa tersebut tidak diketahui masyarakat luas.

Rektor Universitas Khairun Dr. M.Ridha Ajam,M.Hum  berencana menindaklanjuti dengan melakukan penandatangan kerjasama dengan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan. Kerjasama ini nantinya akan membantu para Kepala Desa dalam menjalankan program desa serta mendorong pengembangan BUMDes di Desa Kecamatan Oba Tengah. (Humas)