Rektor Unkhair Terima Kunjungan Dubes Polandia

Unkhair. Rektor Universitas Khairun, Dr.M.Ridha Ajam, M.Hum menerima kunjungan Duta  besar Polandia untuk Indonesia, Beata Stoczynska di ruang kerjanya. (Selasa, 23 November 2021). Beata Stoczynska didampingi suaminya Slawomir Stoczynska, bersama Diplomat Ekonomi dan Politik Polandia Micahel. Turut mendampingi Rektor Unkhair, Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Suratman Sudjud, SP.MP Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dr. Abdullah W.Jabid,M.Si Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Drs. Fachmi Alhadar, M.Hum, Kepala Kantor Urusan Internasional, Roswita M. Aboe., S.Pd., MA dan Staf Ahli Rektor, Johan Fahri, PhD.

Ditemui usai pertemuan tersebut Rektor Universitas Khairun Dr.M.Ridha Ajam, M.Hum menjelaskan  bahwa kunjungan kerja duta besar Polandia Beate Stoczynska di Universitas Khairun  merupakan bagian dari silaturahmi. Dalam pertemuan tersebut membicarakan berbagai hal, diantaranya saling tukar informasi tentang berbagai aspek, baik budaya, ekonomi, peluang kerja bidang pendidikan maupun peluang pertukaran pelajar dan dosen.

Untuk diketahui, Universitas Khairun merupakan satu-satunya kampus di Maluku Utara yang diminta lakukan kerja sama serta pertukaran dosen dan mahasiswa. Untuk itu adanya  peluang pertukaran dosen dan mahasiswa dan ada juga  beasiswa yang ditawarkan untuk bisa diambil oleh mahasiswa dan dosen,” ungkap Ridha Ajam.

Dalam pertemuan itu Duta Besar Polandia Beata Stoczynska menjelaskan berbagai hal terkait dengan lawatannya selama berada di Provinsi Maluku Utara, pertemuan dengan Sivitas Kademika Universitas Khairun adalah kunjungan perdananya selama menjabat sebagai Duta Besar Polandia untuk Indonesia. Dihadapan Rektor bersama pimpinan lainnya, Duta Besar Polandia Beata Stoczynska menjelaskan tentang budaya dan kehidupan di negaranya serta berbagai peluang kerjasama antar kedua belah pihak.

Dalam kunjungan tersebut  Duta Besar Polandia  juga memberikan dua buah buku tentang budaya yang telah diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia, Beata Stoczynska berharap mata kuliah Bahasa Polandia juga bisa dibuka di Maluku Utara. Beata Stoczynska menjelaskan di Indonesia baru tiga universitas yang mengajarkan bahasa Polandia di antaranya Universitas Indonesia dan Universitas Atma Jaya.

Kepala Kantor Urusan Internasional, Roswita M. Aboe., S.Pd., MA ditemui usai pertemuan dengan Dubes Polandia menjelaskan akan ada pertukaran tenaga pengajar atau Dosen kemudia mahasiswa  dan akan ada bantuan beasiswa yang akan ditawarkan oleh Universitas Universitas di Polandia.  Selanjutnya Kantor Urusan Internasional menginisiasi adanya pertukaran mahasiswa, namun karena situasi masih dalam masa pandemik maka akan dilakukan dalam model online, hal ini dilakukan untuk mendapatkan pengalaman lebih di negara negara eropa lainnya seperti Polandia. Dengan kegiatan tersebut akan dihasilkan pengalaman pemahaman lintas budaya, KUI juga meminta kepada pihak kedutaan untuk memfasilitasi atau mungkin dari pihak kedutaan untuk berbagai ilmu bersama mahasiswa Universitas Khairun.

Setelah pertemuan itu akan ditindaklanjuti dengan kesepakatan kerjasama antar kedua pihak, kerjasama yang akan dilakukan yakni pada bidang pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan serta adanya riset bersama dan saling berbagi informasi tentang ilmu dan pengetahuan. Kerjasama ini juga akan ada  bantuan beasiswa oleh Polandia untuk mahasiswa Universitas Khairun serta akan di bicarakan terkait dengan pertukaran mahasiswa dan dosen. (Humas)

Please follow and like us:
error20

Comments

comments