Rektor Terima Kunjungan Konjen Australia

Unkhair. Rektor Universitas Khairun Dr.M Ridha Ajam M.Hum menerima kunjungan Konsul Jenderal Australia Bronwyn Robbins di ruang kerja beliau, Senin 30 Januari 2023.

Dalam kunjungan tersebut, Bronwyn Robbins yang didampingi staf Konjen Greg dan Cindy. berdiskusi bersama Rektor, para Warek serta sejumlah Dekan, Wakil Dekan dan Kepala Kantor Urusan Internasional Unkhair, dikesempatan itu Rektor  bersama Bronwyn Robbins membahas tentang penguatan kerjasama dan jejaring alumni dan mendorong lebih banyak lagi masyarakat Maluku Utara untuk studi di Australia.

Di hadapan Rektor dan para Pimpinan lainnya, Konsul Jenderal Australia Bronwyn Robbins menjelaskan skema pembiayaan pemerintah Australia dalam bentuk studi jangka panjang, program Magister dan Doctoral, program kursus singkat dan program hibah alumni serta pendanaan skala kecil dari konsulat.

Rektor Unkhair, Dr. M.Ridha Ajam.M.Hum dalam diskusi tersebut mengenalkan alumni Unkhair yang menjadi dosen dan berharap kerjasama dengan institusi dan universitas di Australia untuk meningkatkan Indikator Kinerja Utama (IKU) universitas.

Terkait dengan kegiatan tersebut, Kepala Kantor Urusan Internasional, Roswita Aboe, SPd.M.A. ketika dihubungi humas menjelaskan bahwa  Universitas Khairun telah menjalin kerjasama dengan UniSC atau University of the Sunshine Coast Australia sejak  Tahun 2018 dan dari kerjasama tersebut telah menghasilkan beberapa publikasi bersama dengan dosen di Australia. Selain kerjasama dalam bidang pendidikan dalam diskusi tersebut juga membahas tentang  Maluku Utara  menjadi target pengembangan pariwisata dan beberapa spot wisata yang diusulkan untuk UNESCO. Serta pengembangan kawasan Geopark di Kota Ternate.

Untuk diketahui bahwa di Provinsi Maluku Utara sudah memiliki 81 alumni yang telah melanjutkan studinya di Australia. Para alumni ini terdiri dari berbagai program seperti Doctoral, Magister, Short Course, Program Hibah, Program Kursus dan banyak lagi program bantuan yang diperuntukkan bagi Indonesia. Dengan keikut sertaan masyarakat Maluku Utara dalam mengenyam pendidikan di Australia menunjukkan Komitmen dan ikatan yang kuat dalam berbagai program dan kerjasama Indonesia Australia  termasuk meningkatkan kapasitas individu dalam pengembangan karir pasca studi di Australia.

Diakhir pertemuan itu Rektor Universitas Khairun Dr. M.Ridha Ajam. M.Hum berharap melalui fasilitas dari kedutaan bisa menjembatani program kursus singkat untuk dosen dan mahasiswa serta kerjasama dengan universitas lain di Australia. Sumber: Roswita Aboe/ Editor : Suratin /Foto: R. A