Rektor, Gubernur dan Kepala Balai Prasarana Pemukiman Malut, Resmikan Gedung Kuliah Bersama

Unkhair.ac.id. Universitas Khairun terus mengembangkan sarana dan prasarana perkuliahan, salah satunya adalah penambahan pembangunan gedung perkuliahan moderen sesuai dengan kebutuhan saat ini.  Infrastruktur dan sarana prasarana perguruan tinggi dinilai salah satu komponen sumber daya dengan investasi terbesar dan strategis dalam mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pengembangan pembangunan di Universitas Khairun tak lepas dari peran serta Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Maluku Utara. Dengan kerjasama yang baik dan didukung dengan komitmen membangun Pendidikan di Provinsi Maluku Utara, maka tepat hari ini, 22 Oktober 2020 Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba,LC . Kepala Balai Prasarana Pemukiman  H.Fasri Bahmid,ST.MSP dan Rektor Universitas Khairun Prof. Dr. Husen Alting, SH.MH meresmikan penggunaan Gedung Kuliah Bersama Universitas Khairun. Peresmian ini ditandai dengan penandatangan prasasti bersama.

Kepala Balai Prasarana Pemukiman Maluku Utara H. Fasri Bachmid, ST.MSP dalam sambutannya mengatakan proses pembangunan Gedung Kuliah Bersama ini melalui proyek pembangunan multiyears dari tahun 2019 sampai 2020. Proses pembangunan ini memakan waktu 330 hari kerja. Untuk diketahui Universitas Khairun masuk dalam 15 Perguruan Tinggi wilayah timur yang mendapatkan dana pembangunan pada tahun 2019 jelas Fasri Bachmid. Pembangunan gedung kuliah yang cukup besar ini adalah proyek pertama setelah Balai Prasarana Pemukiman Maluku Utara di bentuk, kami dari pihak Balai Prasarana Pemukiman Maluku Utara mendapatkan pengalaman yang sangat berharga dalam melaksanakan proses pembangunan gedung kuliah bersama Universitas Khairun. Kepala Balai Prasarana Pemukiman Maluku Utara H. Fasri Bachmid, berharap dengan gedung kuliah yang bagus ini dapat menghasilkan sarjana sarjana yang mampu bersaing dengan Perguruan Tinggi lainnya di luar Maluku Utara.

Rektor Universitas Khairun. Prof. Dr. Husen Alting, SH.MH dalam sambutannya mengatakan sangat berterima kasih kepada Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR dan Balai Prasarana Pemukiman Maluku Utara  yang telah banyak membantu sehingga pembangunan gedung kuliah bersama Universitas Khairun dapat terwujud. Gedung kuliah bersama ini dapat digunakan oleh mahasiswa berbagai Fakultas dilingkungan Universitas Khairun, namun untuk pemanfaatan pertama digunakan oleh Fakultas Kedokteran dan Program Studi Farmasi. Selain gedung kuliah bersama ini, melalaui Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR juga telah membangun Sistem Penggunaan Air Minum di lingkungan kampus ini. SPAM ini telah dimanfaatkan oleh seluruh sivitas akademika Universitas Khairun, kepada Gubernur Maluku Utara, Prof. Husen Alting mengatakan terima kasih telah bersedia meresmikan dua gedung yang ada di kampus ini, kedua gedung itu adalah gedung Fakultas Kedokteran dan Gedung Kuliah Bersama. Perhatian Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan DPRD Maluku Utara terhadap pembangunan dan pengembangan sarana prasana kampus sangat besar. Prof. Husen Alting menjelaskan jika Universitas Khairun hanya mengandalkan biaya sumbangan mahasiswa maka tidaklah mungkin pembangunan gedung dengan fasilitas yang sangat moderen ini. Pembangunan gedung ini dapat terealisasikan melalui bantuan dan kerjasama dengan berbagai pihak.

Mengawali sambutannya, Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba,LC mengatakan hari ini adalah hari yang sangat berbahagia karena saya dapat meresmikan gedung yang sangat bagus ini dan merupakan karya putra putri dari Maluku Utara. Gubernur juga berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerjasama sehingga pembangunan gedung kuliah bersama dapat terselesaikan dengan baik.

Dalam sambutannya KH. Abdul Gani Kasuba,LC mengatakan Pendidikan Tinggi diperlukan sebagai upaya untuk terus meningkatkan daya saing bangsa dalam menghadapi globalisasi di segala bidang saat ini dan dimasa yang akan datang. Peran Pendidikan Tinggi adalah sesuai dengan amanat UUD 1945 pasal 31 ayat (5) mengenai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba,LC berharap dengan adanya fasilitas ruang belajar mengajar yang lengkap ini dapat memupuk rasa bangga dan rasa memiliki guna meningkatkan kesadaran memelihara dan menjaga bersama semua fasilitas yang ada di gedung kuliah bersama ini. (Humas)

Berita SH. Foto M.Zain.T @PeliputanHUMAS

 

Please follow and like us:
error20

Comments

comments