Registrasi Akun Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahap Ke 2 Jalur UTBK – SBMPTN Mulai 17 Februari 2020

Unkhair.ac.id. Registrasi akun untuk pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru tahap ke 2 dmulai hari ini, (17 Februari 2020.) Pada tahap ini peserta pendaftar wajib melakukan registrasi akun LTMPT yang dimulai tanggal, 17 Februari (pukul 14.00 WIB) sampai dengan 5 April 2020 (pukul 22.00 WIB). Registrasi Akun untuk pendaftaran Mahasiswa Baru tahap ke-2 diperuntukkan bagi Peserta yang akan mendaftar UTBK dan SBMPTN 2020. Pendaftaran UTBK 2020 sendiri akan dimulai tanggal, 30 Maret 2020 sampai dengan 11 April 2020.  Bagi peserta pendaftar di tahap 1 yang tidak mendaftar pada jalur SNMPTN namun telah memiliki akun LTMPT dan belum melakukan permanen data siswa dapat melakukan pendaftaran dan sekaligus melakukan finaslisasi dan permanen data.

Siapa saja yang bersyarat untuk mengikuti pendaftaran mahasiswa baru tahap ke 2 ini ?, peserta pendaftar yang dapat melakukan registrasi akun untuk mengikuti pendaftaran penerimaan mahasiswa baru tahap ke 2 ini adalah  Siswa SMA/MA/SMK Kelas XII pada tahun 2020 atau peserta didik Paket C tahun 2020 (yang tidak terdaftar di jalur SNMPTN) dan lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2018 dan 2019 atau lulusan Paket C tahun 2018 dan 2019.

Untuk mengikuti UTBK para peserta diwajibkan membuat akun LTMPT, tahapan registrasi akun dan pendaftaran UTBK dapat kami sampaikan sebagai berikut :

  1. Registrasi akun Siswa LTMPT menggunakan NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir pada tanggal 17 Februari – 05 April 2020 di laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  2. Melakukan login menggunakan username/email dan password ke laman https://portal.ltmpt.ac.id
  3. Memilih menu Verifikasi dan Validasi Data Siswa untuk mengisi biodata, mengunggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata.
  4. Memilih menu Pendaftaran UTBK. Memilih jenis dan sesi ujian, serta lokasi Pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK.
  5. Membayar di Bank Mandiri, BNI, atau BTN menggunakan slip pembayaran kecuali bagi pendaftar beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K). Pembayaran harus dilakukan paling lambat 1 x 24 jam.
  6. Melakukan login kembali ke laman https://portal.ltmpt.ac.id, memilih menu Pendaftaran UTBK untuk mencetak kartu peserta UTBK.
  7. Mengikuti UTBK sesuai dengan hari, tanggal, sesi, dan lokasi Pusat UTBK PTN yang dipilih.

Sebelum mendaftar di SBMPTN peserta pendaftar harus mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer atau yang disebut dengan UTBK. Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia. Keunggulan pelaksanaan UTBK oleh LTMPT adalah hasil tes diberikan secara individu. Sejak tahun 2019, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. Oleh karena itu, informasi mengenai UTBK menjadi bagian yang tidak terpisah dari SBMPTN.  Tujuan dari UTBK sendiri adalah memprediksi calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu dan memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengikuti tes secara fleksibel yaitu memilih lokasi dan waktu tes.

Setiap peserta UTBK akan mengikuti tes yang dilaksanakan sesuai jadwal, pada tes UTBK kali ini akan menggunakan soal-soal ujian yang dirancang sesuai kaidah akademik. tes ini untuk mengukur kemampuan dasar dan memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi.  UTBK terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang sesuai dengan kelompok ujian setiap peserta ujian. TPS mengukur kemampuan kognitif yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Kemampuan penalaran berkembang melalui proses belajar dan transfer dari pengalaman-pengalaman di sekolah maupun di luar sekolah. TKA mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan seseorang agar dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Ketika mendaftar setiap peserta akan memilih kelompok ujian sesuai dengan jurusan pada sekolah masing masing, Peserta UTBK akan dibagi menjadi 3 kelompok UJian, kelompok ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi) adalah peserta UTBK jurusan IPA di SMA. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS dan TKA Soshum (Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi) adalah peserta yang berasal dari kelompok studi IPS, selanjutnya Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum) dengan materi ujian TPS, TKA Saintek, dan TKA Soshum.  Peserta diperbolehkan mengikuti UTBK 2020 sebanyak satu kali, dengan ketentuan sebagai berikut: a. UTBK kelompok Saintek; b. UTBK kelompok Soshum; c. UTBK kelompok Campuran (Saintek dan Soshum).

Untuk mengikuti UTBK para peserta harus membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah) untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum dan atau Rp300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah) untuk kelompok ujian Campuran. Seluruh pembayaran Biaya UTBK dapat dibayarkan melalui Bank Mandiri, BNI, atau BTN. Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun. Bagi calon peserta KIP Kuliah (KIP-K) yang dinyatakan lolos persyaratannya tidak dipungut biaya.

Waktu pelaksanaan UTBK mulai tanggal, 20 Sampai dengan 26 April 2020, para peserta dapat memilih salah satu waktu pelaksanaan UTBK yang dilaksanakan setiap hari, pada pelaksanaan tes UTBK sendiri dibagi menjadi dua sesi dalam sehari yakni sesi pagi kelompok ujian SAintek atau Soshum dilaksanakan pada pukul 07.00 sampai dengan pukul 10.00, untuk sesi siang dimulai pukul 12.30. sampai dengan 16.00, untuk kelompok ujian Campuran sesi pagi dimulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 11.45 untuk sesi siang kelompok campuran dimulai pukul 12.30 sampai dengan 17.15. *Humas PMB 2020 Unkhair.

Please follow and like us:
error20

Comments

comments