Perubahan Sistem Pelaksanaan UTBK dan SBMPTN 2020 Akibat Dari Pandemi Covid19

Unkhair.ac.id. Banyaknya pertanyaan yang masuk di email kami  tentang pendaftaran mahasiswa baru jalur UTBK dan SBMPTN ini membuat kami harus menjelaskan beberapa perubahan yang terjadi pada pelaksanaan UTBK dan SBMPTN 2020. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memastikan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Tahun 2020 tetap dilaksanakan meski jadwalnya diubah karena dampak pandemi corona (Covid-19). Kepastian dilaksanakannya UTBK ini sesuai dengan Surat Edaran resmi LTMPT Nomor 11/SE.LTMPT/2020 yang terbit pada Senin, 6 April 2020.

Pendaftaran mahasiswa baru untuk jalur  UTBK dan SBMPTN ini hanya dapat dilakukan oleh calon peserta yang telah memiliki atau melakukan registrasu akun LTMPT sebelumnya,  registrasi akun LTMPT ini telah ditutup sejak tanggal, 5 April 2020 lalu. LTMPT tidak memperpanjang lagi registrasi akun, bagi siswa lulusan 2020 yang tidak lulus dijalur SNMPTN dan telah memiliki akun LTMPT dapat melakukan pendaftaran di jalur UTBK dan SBMPTN 2020 dengan akun yang  telah terdaftar, selanjutnya calon pendaftar lulusan angkatan 2018 dan 2019 yang telah memiliki akun LTMPT diharapkan untuk mendaftar pada jalur UTBK dan SBMPTN 2020, pendaftaran UTBK dan SBMPTN dimulai pada tanggal, 2 sampai 20 Juni 2020.

UTBK 2020 memiliki beberapa perbedaan dengan UTBK 2019, perbedaan ini diakibatkan adanya pendemi covid19 yang membuat panitia UTBK (LTMPT) sempat menunda pelaksanaan UTBK. Awalnya pelaksanaan UTBK dijadwalkan bulan April kini direncanakan kembali untuk dilaksanakan pada bulan Juni 2020. Di UTBK tahun 2020 ini para peserta melakukan pendaftaran UTBK dan SBMPTN secara bersamaan, sebelum mengikuti tes para peserta harus memilih lokasi pusat UTBK yang akan diselenggarakan, dengan pendaftaran bersamaan ini diharapkan peserta sudah punya pilihan Fakultas dan Program Studi yang diminatinya, Siswa pendaftar dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan. Untuk mengetahui program studi dan jurusan di Universitas Khairun peserta dapat mengunjungi website kami http://unkhair.c.id

Jenis Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 dibagi menjadi dua tipe:

  1. (Tipe A ) Pendaftaran Berbayar (untuk pendaftar reguler dan pendaftar yang memilih skema KIP Kuliah tetapi ditetapkan harus tetap membayar biaya untuk mengikuti UTBK).
  2. (Tipe B) Pendaftaran Tidak Berbayar (khusus untuk pendaftar yang memilih skema KIP Kuliah dan ditetapkan sebagai pendaftar Tidak Berbayar untuk mengikuti UTBK oleh Kemdikbud)

Untuk mengetahui lebih jauh lagi tentang jenis pendaftaran UTBK ini silakan kunjungi website resminya LTMPT https://ltmpt.ac.id/index.php?mid=8#a9/..

Ada juga perubahan pada biaya peserta UTBK, informasi sebelumnya biaya peserta UTBK adalah sebesar Rp.200.000 untuk kelompok ujian Saintek dan Soshum dan Rp. 300.000 untuk kelompok ujian campuran. Akibat dari diberlakukannya sekali ujian dengan materi tes hanya Tes Potensi Skolastik (TPS)  maka pada pendaftaran berbayar (tipe A), setiap peserta UTBK akan menanggung biaya hanya sebesar Rp. 150.000, (seratus lima puluh ribu rupiah). Biaya pendaftaran ini dapat dibayar melalui channel ATM,SMS Banking, Mobile Banking, Internet Banking maupun ATM bersama yakni Bank Mandiri, BNI dan BTN. Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun. Bagi calon peserta KIP Kuliah (KIP-K) jenis pendaftar tipe B yang dinyatakan lolos persyaratan tidak dipunggut biaya.

Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun ini dilaksanakan mulai tanggak 5-12 Juli 2020, ada empat sesi pelaksanaan tes dalam sehari yakni sesi pagi 2 kali  dan sesi siang 2 kali, nilai hasil UTBK  digunakan dalam penentuan lulus di SBMPTN 2020, demi menjamin transparansi maka nilai UTBK peserta akan diberikan kepada masing masing peserta setelah pengumuman SBMPTN pada tanggal, 25 Juli 2020. Di UTBK ini, peserta hanya boleh mengikuti tes sekali dalam satu sesi ujian, jadi para peserta UTBK sedari sekarang sudah harus mempersiapkan diri untuk menghadapi UTBK yang cuma ada satu kesempatan ini saja.

Perubahan lain di UTBK 2020 ini adalah materi tes yang akan diujikan, materi tes yang diujikan pada tahun ini hanya Tes Potensi Skolastik (TPS).  Di tahun sebelumnya, selain TPS, peserta juga menghadapi ujian Tes Potensi Akademik (TPA) sesuai dengan jurusannya.  Materi yang akan diujikan pada Tes Potensi Skolastik adalah materi tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif, yakni penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Kemampuan yang diuji dalam Tes Potensi Skolastik di antaranya: penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Perbedaan lainnya juga terdapat pada tidak diperkenankannya lintas jurusan, Tahun ini, siswa jurusan ilmu pengetahuan sosial (IPS) dan bahasa tidak diperkenankan untuk lintas jurusan atau memilih jurusan kuliah yang berbeda dari jurusan sewaktu tingkat SMA. Hal ini disampaikan oleh Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) Prof Budi P. Widyobroto saat wawancara live di TV belum lama ini. Untuk itu, Budi memohon maaf kepada para siswa yang berasal dari jurusan IPS dan bahasa. Beliau menjelaskan, kebijakan ini diterapkan berdasarkan kajian-kajian yang telah dilakukan. Itu karena kajian kita juga sudah menunjukkan kalau berasal dari bahasa atau IPS, mengambil program studi misalnya kedokteran atau fisika, itu tingkat kegagalannya tinggi,” Sementara siswa jurusan IPA bisa memilih dua program studi (bisa di perguruan tinggi yang sama atau berbeda), bisa memilih entah dua-duanya jurusan IPA atau satu IPA satu IPS, atau dua-duanya IPS, jelas Prof. Budi.

Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2020 akan menyesuaikan dengan protocol kesehatan covid19 dari Kementerian Kesehatan, ruang dan peralatan yang akan digunakan para peserta sendiri harus bersih dan sesuai protocol kesehatan, komputer peserta berjarak antara satu peserta dengan peserta yang lain, selain itu peserta juga diharuskan menggunakan masker selama berada di lokasi ujian, semua prosedur pelaksanaan akan menyesuaikan dengan protocol kesehatan yang telah ditetapkan. (Humas)

Berikut lima ketentuan UTBK 2020 :

  1. Materi tes yang diujikan adalah Tes Potensi Skolastik (TPS).
  2. Setiap peserta hanya diizinkan maksimal mengambil 1 (satu) kali tes.
  3. Pelaksanaan tes dilaksanakan dalam 4 (empat) sesi setiap hari.
  4. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN oleh peserta dilakukan satu kali secara bersamaan.
  5. Jadwal UTBK dan pelaksanaan UTBK sesuai dengan protocol kesehatan.

Berikut jadwal pelaksanan UTBK dan SBMPTN 2020 sesuai laman resmi  https://www.ltmpt.ac.id/

Pendaftaran UTBK dan SBMPTN mulai tanggal, 2 sampai dengan 20 Juni 2020

Pelaksanaan Tes UTBK mulai tanggal, 5 sampai dengan 12 Juli 2020

Pengumuman SBMPTN Tanggal, 25 Juli 2020.

Please follow and like us:

Comments

comments