Peringati Dies Natalis Ke 4 Fakultas Kedokteran Gelar Seminar Kesehatan Kulit

Unkhair.ac.id. Memperingati Dies Natalis ke empat fakultas Kedokteran Universitas Khairun bersama Dharma Wanita Persatuan Unkhair menyelenggarakan Seminar Kesehatan Kulit (Jumat, 29 November 2019) di Aula Fakultas Kedokteran Unkhair. Seminar dengan tema “Kulit Cantik dan Sehat Untuk Hidup Lebih Indah” dihadiri oleh anggota Dharma Wanita Unkhair, para Dosen dan Tenaga Kependidikan serta Mahasiswi Fakultas Kedokteran.

Pembicara dalam seminar kesehatan ini adalah dokter ahli kulit yang bertugas di RS wilayah Kota Ternate diantaranya adalah dr. Maryam Sun Dunggio,Sp.KK, dr. Hartati.Sp.KK.M.Kes dan dr. Ryan Rinaldy Marsaoly, M.Biomed.Sp.KK. Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Khairun dr. Marhaeni Hasan,S.pA.M.M mengatakan sangat berterima kasih kepada para pemateri seminar yang telah bersedia hadir dalam kegiatan seminar kesehatan kulit, terima kasih juga buat para peserta seminar terutama Ibu ibu Dharma Wanita Persatuan Unkhair yang telah turut serta dalam kegiatan seminar ini.

Kulit wajah sangat penting bagi kita, karena wajah merupakan tampilan pertama kali yang terlihat untuk membangkitkan rasa percaya diri seseorang. Menjaga kondisi kulit agar tetap terawat khususnya bagi para wanita tentunya memerlukan waktu ekstra untuk merawat kulitnya agar selalu terlihat cantik. Merawat kulit wajah merupakan bagian penting dalam kecantikan, tidak hanya dibutuhkan oleh wanita akan tetapi kaum pria juga membutuhkan perawatan serupa agar wajah mereka tetap bersih dan terjaga.

dr. Ryan Rinaldy Marsaoly, M.Biomed.Sp.KK dalam materinya menjelaskan tentang masalah kulit yang sering dialami oleh masyarakat diantaranya Melasma. Melasma sendiri adalah Gangguan kulit berupa bercak berwarna coklat terang hingga gelap yang biasanya terjadi pada area wajah akibat dari peningkatan produksi zat warna kulit (melanin), dari seluruh laporan tentang masalah kulit yang ditemukan sering terjadi pada wanita. Faktor penyebab sehingga terjadi perubahan warna kulit diantaranya adalah sinar ultraviolet, genetika, hormonal, obat obatan, kosmetik, pulusi dan radikal bebas. Dalam kesempatan ini dr. Ryan Rinaldy Marsaoly, M.Biomed.Sp.KK menyampaikan perawatan masalah Melasma dapat dilakukan dengan cara menghilangkan factor penyebab yang dicurigai seperti makeup dan sejenisnya, selain itu jika melakukan kegiatan diluar rumah disarankan menggunakan tabir surya dan perlindungan fisik yakni penggunaan paying atau topi untuk melindungi kulit wajah, selain itu jika dibutuhkan maka kulit diharuskan untuk pengobatan topical dan pemberian antioksidan oral, peeling kimiawi, mikrodermabrasi dan laser.

dr. Hartati.Sp.KK.M.Kes dalam seminar kesehatan kulit lebih focus pada masalah jerawat, ada Sembilan penyebab jerawat yakni factor genetika, stress, kurang tidur, polusi udara, bakteri, kosmetik dan obat obatan, hormone serta makanan. Ada beberapa tipe jenis kulit yang dimiliki oleh setiap orang yakni jenis kulit normal, kering, berminyak dan sensitif, sehingga perawatanpun dilakukan dengan teknik-teknik tertentu. Wajah berjerawat tentu saja dapat mengganggu penampilan seseorang, hal tersebut disebabkan oleh banyak faktor dan kebiasaan yang dilakukan, sehingga menyebabkan jerawat timbul lebih parah. Setiap orang memiliki kulit wajah dengan sifat atau struktur yang berbeda, namun dalam perawatan sehari-hari/sederhana sebetulnya hampir sama, hanya saja sebaiknya dilakukan sesuai dengan kondisi kulit.

dr. Maryam Sun Dunggio,Sp.KK lebih banyak memberikan tips bagaimana terlihat cantik dari luar dan bagaimana memperoleh cantik dari dalam tubuh seseorang. Beberapa wanita pernah melontarkan pertanyaan bahwa cantik itu seperti apa. Tentu sudah dapat diketahui bahwa cantik memiliki 2 aspek yaitu fisik dan pancaran dari dalam atau yang biasa disebut inner beauty. Tak sedikit para kaum pria menyukai wanita dengan pancaran inner beauty, karena dari itulah sebenarnya kecantikan wanita yang sesungguhnya. Namun bukan berarti fisik juga tak penting karena selain adanya kecantikan dari dalam, wanita juga harus mengusahakan untuk cantik dari tampilan luar. Maka dari itu tips kecantikan secara alami dapat dikategorikan berdasarkan 2 aspek dan mereka perlu berdiri seimbang didalam tubuh seseorang guna membentuk suatu karakter yang mampu membuatnya terlihat mempesona dihadapan lawan jenis maupun mereka yang ada disekitarnya. * Humas

Please follow and like us:
error20

Comments

comments