Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN Mulai 14 Februari 2020

Unkhair.ac.id Penerimaan mahasiswa baru harus memenuhi prinsip kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel serta tidak diskriminatif dengan memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan perguruan tinggi. Perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi berhasil menyelesaikan studi di perguruan tinggi tepat waktu. Siswa yang berprestasi tinggi dan konsisten menunjukkan prestasinya di SMA/SMK/MA layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Dalam kerangka integrasi pendidikan menengah dengan pendidikan tinggi, sekolah diberi peran dalam proses seleksi SNMPTN. Sekolah sebagai satuan pendidikan dan guru sebagai pendidik diasumsikan selalu menjunjung tinggi kehormatan dan kejujuran yang merupakan prinsip pendidikan karakter. Oleh karena itu, sekolah berkewajiban mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa dengan lengkap dan benar. PDSS merupakan basis data yang dijadikan sumber utama data SNMPTN. Pengelolaan dan pengolahan data untuk kepentingan seleksi jalur SNMPTN dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). LTMPT adalah satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia.

Siswa yang berhak mengikuti SNMPTN adalah siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2020 yang memiliki prestasi unggul. Memiliki NISN yang terdaftar di PDSS, Memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 5 yang telah diisikan oleh sekolah di PDSS atau memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 7 bagi SMK dengan masa belajar empat tahun

Setelah melakukan registrasi akun dan permanenkan data, siswa kelas 12 lulusan 2020 selanjutnya akan dilakukan pemeringkatan oleh pihak Sekolah sesuai ketentuan yang berlaku dan setelah sekolah melakukan finalisasi pengisian PDSS maka selanjutnya dilakukan pengumuman peserta yang eligible untuk mendaftar SNMPTN.

Pendaftaran SNMPTN sendiri dilakukan oleh siswa, sebelum mendaftar siswa dapat melihat daftar peringkat siswa yang layak untuk mendaftar SNMPTN 2020, pemeringkatan tersebut dilakukan oleh pihak sekolah setelah melakukan finalisasi PDSS. Daftar pemeringkatan sendiri dapat dilihat siswa pada laman http://rank.pdss.snmptn.ac.id/

Pada tahap pendaftaran, siswa pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh sekolah, menggunakan email dan password  dan login ke laman Portal LTMPT http://portal.ltmpt.ac.id untuk melakukan pendaftaran. Pada tahap ini siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan. Untuk Siswa pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman https://www.snmptn.ac.id. Setelah melakukan pendaftaran siswa pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN. Pelaksanaan pendaftara sendiri dimulai pada tanggal 14 Februari 2019 Pukul 14.00 WIB.

Dalam melakukan pendaftar di suatu Perguruan Tinggi Negeri, siswa pendaftar dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan, bagi siswa SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan sesuai ketentuan oleh masing-masing PTN. Untuk melihat pilihan program studi pada suatu Pendidikan Tinggi, siswa pendaftar dapat melihat daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2020 pada laman http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran.

Pada pendaftaran SNMPTN ini, Siswa pendaftar tidak dipungut biaya apa pun. Biaya penyelenggaraan SNMPTN sepenuhnya ditanggung Pemerintah. Pengumuman hasil seleksi SNMPTN akan disampaikan pada tanggal, 4 April 2020. Selanjutnya bagi siswa pendaftar yang dinyatakan diterima pada PTN tujuan dapat melihat Jadwal pelaksanaan proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang di PTN dapat dilihat di laman masing-masing PTN. * Humas

Please follow and like us:
error20

Comments

comments