Pembuatan Handsanitiser dengan Bahan Aktif Alkohol 70 % dan pembagian ke Rumah Sakit di Kota Ternate

Unkhair.ac.id. Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) telah menyatakan wabah Coronavirus Disease (COVID-19) sebagai Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) atau kedaruratan kesehatan masyarakat yang meresahkan dunia pada tanggal 30 Januari 2020. Penyebaran COVID-19 yang sangat cepat dan sudah menyebar ke berbagai negara kemudian membuat WHO pada tanggal 11 Maret 2020 menyatakan COVID-19 sebagai pandemi global.

COVID-19 ditransmisikan melalui kontak langsung melalui droplet respiratori dari orang yang terinfeksi (dihasilkan melalui batuk dan bersin). Seseorang juga dapat terinfeksi dengan cara menyentuh permukaan yang telah terkontaminasi oleh virus dan kemudian menyentuh wajah mereka (seperti mata, hidung, dan mulut). Oleh karena penyebaran COVID-19 yang terus berlanjut maka sangat penting bagi masyarakat untuk mengambil tindakan pencegahan penyebaran, mengurangi dampak wabah, dan mendukung tindakan pengendalian.

Pencegahan penyebaran COVID-19 juga direspon oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan mengeluarkan Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) pada Satuan Pendidikan dan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).

Pada kedua surat edaran ini disampaikan mengenai langkah-langkah penyebaran pencegahn COVID-19 di lingkungan sekolah maupun kampus dan juga kebijakan terkait selama masa darurat COVID-19 untuk mencegah penyebaran yang lebih luas termasuk dengan membatasi pengumpulan orang dalam jumlah banyak dan mengurangi kontak fisik.

Untuk itu Universitas Khairun melalui Fakultas Kedokteran melakukan kegiatan pengabdian masyarakat yakni pembuatan handsanitiser dengan bahan aktif alcohol 70%, hasil pembauatan handsanitiser ini dibagikan ke rumah sakit di kota Ternate. Penyerahan handsanitiser berlangsung pada tanggal, 12 Desember 2020 di rumah sakit Chasan Boesoeiri. Penyerahan dilakukan langsung oleh dr. Marhaeni Hasan, SpA, MM sebagai ketua timpeneliti pada pengabdian masyarakat. Turut hadir dalam kegiatan ini dr.Fera The,M.Kes sebagai anggota tim peneliti. Prosesi penyerahan dihadiri dan diterima secara langsung oleh Direktur Rumah Sakit (RS) Chasan Boesoeiri  dr. Syamsul Bahri MS. HI. Idris, Sp.OG beserta staf dan Dokter RS Chasan Bosisoeiri.

Ketua tim peneliti dr. Marhaeni Hasan, SpA, MM menjelaskan, tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini ialah untuk meningkatkan pencegahan terhadap penyebaran Covid 19 di rumah sakit. Tim peneliti membagikan handsanitizer berbahan aktif alcohol ke rumah sakit, selain itu juga ini adalah bentuk kepedulian Civitas Akademika Fakultas Kedokteran Universitas Khairun Ternate dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan medis dan masyarakat di Kota Ternate serta membantu meningkatkan tingkat pencegahan Covid 19 di kalangan medis.

dr. Marhaeni Hasan menjelaskan pencegahan dan pengendalian COVID-19 yang dikeluarkan oleh Kemenkes RI tahun 2020 terdapat pencegahan yang dapat dilakukan pada Level Individu, yaitu dengan upaya kebersihan personal dan rumah. Terdapat beberapa prinsip yang perlu diikuti untuk membantu mencegah COVID-19, yaitu menjaga kebersihan diri/personal dan rumah dengan cara yakni mencuci tangan lebih sering dengan sabun dan air setidaknya 20 detik atau menggunakan pembersih tangan berbasis alkohol (hand sanitizer), serta mandi atau mencuci muka jika memungkinkan, sesampainya rumah atau di tempat bekerja, setelah membersihkan kotoran hidung, batuk atau bersin dan ketika makan atau mengantarkan makanan. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dicuci, Jangan berjabat tangan, Hindari interaksi fisik dekat dengan orang yang memiliki gejala sakit. Tutupi mulut saat batuk dan bersin dengan lengan atas bagian dalam atau dengan tisu lalu langsung buang tisu ke tempat sampah dan segera cuci tangan. Segera mengganti baju/mandi sesampainya di rumah setelah berpergian. Bersihkan dan berikan desinfektan secara berkala pada benda-benda yang sering disentuh dan pada permukaan rumah dan perabot (meja, kursi, dan lainlain), gagang pintu, dan lain-lain. (Humas)

Please follow and like us:
error20

Comments

comments