Mahasiswa Arsitektur Unkhair Bersama Magazin Art Space Gelar Pameran Arsitektur RUMI

Unkhair. Mahasiswa  Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Unkhair yang tergabung dalam kelompok Studi Penggaris Ars berkolaborasi dengan Magazin Art Space menggelar Pameran Arsitektur RUMI (Rumah Mikro). Pameran RUMI dengan tema Solusi Rumah Masa Kini berlangsung di Gedung Magazin fur Pulver, benteng Oranje (Jumat, 11 Februari 2022).

Pameran yang berlangsung selama tiga hari ini (11-13 Feb)  dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik, Endah Harisun, ST. MT.  Pameran yang merupakan hasil karya dari mata kuliah Studio Perancangan Arsitektur 2 ini dihadiri  oleh Perwakilan Dinas Kebudayaan, para Dosen Program Studi Arsitektur, mahasiswa dan masyarakat Kota Ternate.

Dosen Arsitek, Maulana Ibrahim,PhD ketika dihubungi humas mengatakan terdapat 27 karya terseleksi dari mahasiswa peserta mata kuliah studio perancangan arsitektur 2 yang dipamerkan, dengan tema desain Rumah Mikro (RuMi). Desain-desain ini menyikapi isu lingkungan dimana bangunan berada dan berbagai permasalahan di masa pandemi.

Maulana Ibrahim juga menjelaskan bahwa rumah mikro  memiliki berbagai keunggulan: menerapkan konsep hunian estetik tanpa menguras biaya, sisa lahan yang ada bisa digunakan untuk ruang terbuka hijau sehingga mengurangi penggunaan listrik dengan memanfaatkan penghawaan juga penerangan alami.

Konsep yang diterapkan dan ditampilkan pada pameran kali ini yaitu bangunan 2 (dua) lantai dan memiliki 2 fungsi yaitu, rumah hunian juga berbagai ide yang diterapkan pada fungsi kedua bangunan tersebut, misalnya pada lantai 1 (pertama) untuk UMKM dan di lantai 2(dua) untuk hunian.

Rumah Mikro sebagai sebuah hunian yang dirancang dengan ukuran sangat kecil, berupaya memanfaatkan keterbatasan ruang dan tanggap terhadap kebutuhan manusia, baik penghuni maupun pengguna bangunan. Desain ini sangat cocok untuk dibangun di kawasan kota yang padat hunian, dan di kota pulau kecil, mengingat isu keterbatasan lahan menjadi hal utama.

Dekan Fakultas Teknik Unkhair Endah Harisun, ST. MT ditemui usai membuka pameran arsitektur RUMI mengatakan dengan dipamerkannya hasil desain Mahasiswa ini, diharapkan masyarakat kota Ternate dan penonton pameran dapat mengenal dan bertambah pengetahuannya terkait konsep dan penerapan desain rumah yang meskipun ukurannya sangat kecil, namun tanggap terhadap isu lingkungan, sosial, dan ekonomi.

Dekan Fakultas Teknik Unkhair Endah Harisun, ST. MT mengatakan bahwa pameran arsitektur RUMI ini juga bertujuan agar anak muda atau pengunjung yang hadir dapat lebih kreatif untuk membuat karya seni dan memperlihatkan bahwa mereka juga mampu membuat karya yang  kreatif dan  inspiratif.

Pameran ini adalah hasil kerja kelompok studi Penggaris Ars, sebuah kelompok belajar mahasiswa arsitektur angkatan 2020 yang juga peserta mata kuliah,  dan dukungan penuh dari Magazin Art Space, sebuah komunitas yang rutin menyelenggarakan pameran seni di dalam benteng Oranje, tepatnya di gedung Magazin fur Pulver. Pengunjung dapat menikmati pameran ini mulai Jumat 11 Februari sampai Minggu 13 Februari 2022 mulai jam 12.00 sampai 21.30 WIT. dengan tetap menggunakan masker.(humas)

Editor : Suratin / Sumber : Panitia Pameran / Foto : Rika- MagazinArtSpace

Please follow and like us: