LPD Unkhair bersama P4TK- PKn IPS Dan LPPKS Kemendikbud Gelar Diklat Penguatan Kepala Sekolah

Unkhair.ac.id. Lembaga Penyelenggara Diklat (LPD) Universitas Khairun bekerjasama dengan P4TK-PKn IPS dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Diklat Penguatan Kepala Sekolah Tahun 2019. Ini merupakan kegiatan perdana penyelenggaraan diklat oleh LPD Unkhair. Kegiatan diklat ini diselenggarakan selama 8 hari dibagi menjadi dua gelombang pelaksanaan. Gelombang 1 dimulai tanggal, 30 November sampai tanggal 7 Desember 2019 dan untuk pelaksanaan gelombang 2 akan dimuali tanggal, 8 Desember sampai tanggal 15 Desember 2019. Diklat dilaksanakan dihotel  Muara lantai 6 Kota Ternate Sabtu, 30 November 2019 dan dibuka dengan resmi oleh Wakil Rektor bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan Dr. Syawal Abdul Ajid,SH.MH.

Dr. Ade Hi Haerullah. selaku Ketua Panitia Diklat dalam sambutannya mengatakan peserta yang akan mengikuti diklat ini berasal dari Kabupaten Halmahera Selatan sebanyak tujuh puluh orang peserta, dari Kabupaten Halmahera Tengah sebanyak dua puluh tujuh orang peserta, untuk peserta dari Kota Tidore Kepulauan berjumlah dua puluh satu orang peserta, dari Kota Ternate peserta yang mengikuti Diklat ini sebanyak enam orang, jumlah keseluruhan peserta yang akan mengikuti diklat sebanyak seratus dua puluh empat orang peserta. Untuk narasumber diklat penguatan kepala sekolah terdiri dari Dosen dan Pengawas Sekolah, kepanitian kegiatan ini terdiri dari unsur Universitas dan Dinas Pendidikan.

Dr. Syawal Abdul Ajid,SH.MH dalam sambutannya menyampaikan Program peningkatan kompetensi kepala sekolah merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang terencana dan berkelanjutan. Dalam permendikbud No. 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah pada pasal 21 huruf e Kepala  Sekolah yang sedang menjabat sebagaimana dimaksud dalam huruf a yang belum memiliki Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 ayat (7). wajib mengikuti dan lulus pendidikan dan pelatihan penguatan Kepala Sekolah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah, mengamanatkan bahwa kepala sekolah merupakan pimpinan tertinggi di sekolah wajib memiliki lima dimensi kompetensi, yaitu dimensi kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial. Oleh sebab itu, secara bertahap dan berkesinambungan kompetensi kepala sekolah harus ditingkatkan melalui diklat penguatan kepala sekolah.

Tim LPPKS, Drs Suandi MPd ketika ditemui humas mengatakan kegiatan Diklat Penguatan Kepala Sekolah  hanya untuk TK,SD,SMP dan SMA, berdasarkan permendikbud No. 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah ketika kepala sekolah diangkat sebelum 9 April 2018 maka diwajibkan mengikuti Diklat Penguatan dan bagi Kepala Sekolah yang diangkat setelah 9 April 2018 akan mengikuti Diklat calon Kepala Sekolah.

Kesungguhan peserta dalam mengikuti diklat mendapat perhatian serius, karena menentukan ketuntasan pencapaian tujuan diklat sehingga Kepala Sekolah tidak mengulang mengikuti diklat penguatan kepala sekolah. Permendikbud No. 6 Tahun 2018 pasal 21 huruf f dinyatakan bahwa Kepala  Sekolah yang tidak lulus pendidikan dan pelatihan penguatan Kepala Sekolah sebagaimana dimaksud dalam huruf e diberi kesempatan untuk mengikuti kembali pendidikan dan pelatihan penguatan Kepala Sekolah paling banyak 2 (dua) kali.

Bahwa tujuan diadakan diklat ini adalah untuk mensertifikasi Kepala Sekolah sesuai dengan Permendikbud No. 6 Tahun 2018. Sampai saat ini sekitar 31000 Kepala Sekolah di Indonesia belum memiliki sertifikat Kepala Sekolah. Universitas Khairun bekerjasama dengan LPPKS Kemdikbud menyelenggarakan diklat bagi  Kepala Sekolah. Dalam Permendikbud No. 6 Tahun 2018 Kepala Sekolah yang sedang menjabat dan belum memiliki Surat Tanda Tamat Pendidikan, wajib mengikuti dan wajib lulus pelatihan penguatan Kepala Sekolah.

Ketua Lembaga Penyelenggara Diklat Universitas Khairun Dr. A. Rasyid Tolangara,M.Si mengatakan ini adalah kegiatan perdana LPD Unkhair, kegiatan ini dapat terlaksana berkat kerjasama dengan LP2KS, untuk tahun pertama ini kita libatkan beberapa Kepala Sekolah di Kabupaten Kota Provinsi Maluku Utara, sebagai Lembaga resmi di Universitas Khairun kami akan berusaha melaksanakan tanggung jawab ini secara baik karena ini merupakan nama baik Universitas maupun daerah ini. Kegiatan ini melibatkan menggunakan narasumber berkompeten dari Universitas Khairun dan juga melibatkan pihak Dinas Pendidikan, tim penilai dan sekaligus pemantau kegiatan ini adalah LP2KS. Lebih lanjut lagi Dr. A. Rasyid Tolangara, M.Si mengatakan pada tahap dua nanti peserta yang akan mengikuti Diklat Penguatan Kepala Sekolah ini terdiri dari kepala sekolah tingkat SMA dan SLB se Provinsi Maluku Utara. Dr. A. Rasyid Tolangara berharap semoga peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan dapat diterapkan ilmu dan pengetahuan di sekolah masing masing. *Humas

Please follow and like us:
error20

Comments

comments