LP3M Unkhair Gelar Pelatihan SPMI

Unkhair. Untuk mewujudkan Perguruan Tinggi yang unggul, Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Khairun gelar pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Senin, 26 September 2022.

Kegiatan yang bertema “Bersama SPMI Membangun Kolaborasi, Wujudkan Perguruan Tinggi Unggul.” Berlangsung selama dua hari di aula Nuku gedung Rektorat Universitas Khairun. Hadir sebagai pemateri utama adalah Prof. Dr. Sapto Haryoko, M.Pd, Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP2MP) Universitas Negeri Makassar dan Dr. Arsad Bahri, M.Pd Kepala Pusat Penjaminan Mutu LP2MP UNM.

Mengawali kegiatan pelatihan, Ketua , Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Khairun,  Dr. Suratman Sudjud, SP.M.Si memberi sambutan pembuka. Dalam sambutannya Suratman Sudjud mengatakan terima kasih kepada Prof. Dr. Sapto Haryoko dan Dr. Arsad Bahri yang telah hadir dalam memberikan pelatihan kepada seluruh Dosen di lingkungan Unkhair.

Dijelaskan Suratman bahwa kegiatan yang berlangsung di Aula Nuku adalah pelatihan system penjaminan mutu internal dan  sekaligus pelatihan system audit internal. Untuk menjamin sistem penjaminan mutu di Perguruan Tinggi maka semua harus terencana secara sistemik. Dengan adanya system penjaminan mutu dan system audit internal maka syarat pelaksanakan peningkatan mutu pendidikan dapat terpenuhi sesuai dengan tuntutan akreditasi.

Dengan perubahan standar mutu dari 7 kriteria menjadi 9 kriteria menuntut perguruan tinggi beradaptasi dengan perubahan standar mutu yang sudah ditetapkan. Tantangan kedepan adalah semua akreditasi program studi harus ditingkatkan menjadi akreditasi unggul, tutur Suratman. , Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Khairun Dr. Suratman Sudjud berharap dalam pelatihan kali ini para peserta dapat memperoleh pengetahuan tentang bagaimana cara audit dokumen khusus peningkatan akreditasi.

Mewakili Rektor Unkhair, Dr. Hasan Hamid M.Si dalam sambutannya mengatakan terima kasih yang tak terhingga kepada Prof. Dr. Sapto Haryoko, M.Pd, Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP2MP) Universitas Negeri Makassar dan Dr. Arsad Bahri, M.Pd Kepala Pusat Penjaminan Mutu LP2MP UNM yang telah datang dan berbagi ilmu dan pengalaman dalam mengelolah mutu perguruan tinggi.  kegiatan ini sangatlah penting bagi kita semua karena dengan kegiatan ini kita dapat bersama sama menjaga, mengelolah dan meningkatkan mutu perguruan tinggi. Untuk itu diharapkan kepada seluruh peserta yang hadir agar dapat mengambil manfaat untuk meningkatkan mutu akreditasi dimasing masingg fakultas. (Humas) Penulis ; Suratin / Foto : Fai