Lima Kandidat Dekan Fakultas Teknik Sampaikan Visi Misi dan Program Kerja

Unkhair. Penyampaian visi misi calon Dekan Fakultas Teknik Universitas Khairun hari ini Selasa, 28 Desember 2021 resmi digelar. Lima kandidat Dekan Fakultas Teknik periode 2022-2026 menyampaikan program kerja serta visi misi dihadapan Sivitas Akademika Fakultas Teknik. Acara yang berlangsung di aula Fakultas Teknik ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik  serta para Dosen dari berbagai Fakultas di lingkungan Universitas Khairun.

Kelima kandidat Dekan Fakultas Teknik untuk periode 2022-2026 adalah Dr. Eng. Mustamin Rahim, ST., MT. Dr. Sabaruddin, S.T., M.M. Endah Harisun, ST.MT. Dr.Ir. Sherly Asriany, S.T., M.T. Ir. LIta Asyriati Latif, ST.M.TM.

Sesuai dengan Peraturan Rektor Universitas Khairun nomor 01 tahun 2021 tentang Tata Cara Pengangkatan Dekan di lingkungan Universitas Khairun, hadir sebagai kuasa Rektor adalah Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Suratman Sudjud, SP.MP. Bertindak sebagai moderator dalam acara ini adalah Nani Nagu,ST.MT dan Subhan Petrana, ST.MT. Satu persatu kandidat Dekan diperkenalkan oleh kedua moderator.

Berikut garis besar visi misi calon Dekan yang dihimpun oleh humas untuk diketahui oleh publik:

Tampil pertama dalam penyampaian visi misi calon Dekan Fakultas Teknik untuk periode 2022-2026 adalah Dr. Eng. Mustamin Rahim, ST., MT. Beliau menjelaskan visinya yakni “Menjadikan Fakultas Teknik unggul, kreatif dan berdaya saing dalam bidang teknologi berbasis kepulauan dan kemajemukan menuju akreditasi Unggul dan Internasional”. Setelah menjelaskan visi utamanya Dr. Mustamin melanjutkan paparannya terkait Misinya yakni 1. Meningkatkan penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi yang berkualitas dan inovatif berbasis kepulauan dan kearifan lokal sesuai kebutuhan masyarakat. 2. Meningkatkan kerjasama riset dan publikasi jurnal internasional dalam rangka mewujudkan Unkhair terbaik di Indonesia Timur menuju Universitas Class International. 3. Meningkatkan pelayanan dan pembinaan mahasiswa yang handal dan bermartabat sebagai upaya peningkatan prestasi akademik dan kemahasiswaan, serta peningkatan citra Unkhair.

Selanjutnya Dr. Sabaruddin, S.T., M.M memaparkan visi misi serta program kerja dihadapan sivitas akademika Fakultas Teknik. Visi Dr. Sabaruddin adalah “Menjadikan Fakultas Teknik sebagai Fakultas yang Unggul Bermutu Tinggi, Berdaya Prima Mandiri Memanfaatkan Modal Dasar Kepulauan dan Kemajemukan dalam Penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi”. Untuk Misi, Dr Sabaruddin menjelaskan beberapa poin Misi yakni 1. Memberikan layanan Tri Dharma Perguruan Tinggi berdaya prima mandiri berbasis kepulauan dan kemajemuka. 2. Mendidik sumber daya manusia terampil dan kompoten berbasis kepulauan dan kemajemukan berorientasi global, berjiwa Indonesia , dan bertindak local. 3. Menyelenggarakan kegiatan peningkatan kesejahteraan secara kolektif dengan memanfaatkan semua peluang dan memberdayakan seluruh kekuatan yang ada dengan memanfaatkan modal dasar kepulauan dan kemajemukan.. 4. Menjaga dan menumbuh kembangkan keberlangsungan fakultas dengan mengelaborasi semua sumber daya ketenagaan, infrastruktur dan kemitraan internal dan eksternal.

Endah Harisun, ST.MT, tampil sebagai peserta ketiga dengan Visi “Menjadi Fakultas Teknik yang unggul di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam pengembangan bidang Keteknikan Berbasis Kepulauan dan Kemajemukan  Tahun 2026”. Setelah menjelaskan terkait Visi, Endah Harisun melanjutkan paparannya terkait dengan Misi yakni Menjadi Fakultas Teknik yang unggul di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam pengembangan bidang Keteknikan.

Dr.Ir. Sherly Asriany, S.T., M.T tampil sebagai peserta keempat dengan visi “Mewujudkan Kampus Cerdas yang Mandiri, Adaptif, Inovatif, dan Bereputasi Berbasis Kepulauan dan Kemajemukan”. Selanjutnya Dr. Sherly memaparkan program Misinya yakni Mandiri : Mendorong ekosistem Kampus Cerdas dalam penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi dan pengelolaan sumber daya dalam mengoptimalkan kerjasama berbasis Pentahelix dengan pemerintah, industri, komunitas, dan media. Adaptif : Bergerak lincah dan energik untuk beradaptasi dalam wadah Kampus Merdeka untuk membawa Civitas Akademika FT UNKHAIR melalui disrupsi akibat revolusi industri 4.0 dan pandemi secara humanis. Inovatif: Meningkatkan kinerja penelitian dan pengabdian masyarakat dengan mengfasilitasi hilirisasi produk inovatif civitas akademika. Bereputasi : Membangun budaya kolaborasi dan partisipasi civitas akademika untuk mencapai reputasi nasional dan internasional dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Tampil sebagai peserta kelima adalah Ir. LIta Asyriati Latif, ST.M.TM. Beliau memaparkan program kerja serta Visi dan Misi. Ir. LIta Asyriati Latif tampil dengan Visi “Mendukung Visi Universitas Khairun dengan Menjadi Fakultas Teknik yang Memiliki Reputasi Akademik dan Penelitian Terbaik di Maluku Utara, serta Mampu Memperluas Kontribusi Ilmu – Ilmu Keteknikan bagi Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Pembangunan Daerah”. Selanjutnya Ir. LIta Asyriati Latif menjelaskan Misi  yakni : 1. Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang berdampak pada peningkatan kualitas hidup manusia dan lingkungan. 2. Menyiapkan tenaga akademik profesional yang bermutu, bertanggung jawab dan mandiri di bidang pendidikan dan  non – kependidikan guna menghadapi perubahan dan tantangan di masa depan. 3.Mengembangkan ilmu pengetahuan guna mempercepat pencapaian pembangunan pendidikan nasional. 4. Mengembangkan berbagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dibidang ilmu, teknologi dan seni.

Setelah memaparkan visi mis dan program kerja, kelima kandidat menandatangani berita cara penyampaian visi misi. Acara ditup dengan foto bersama sivitas akademika Fakultas Teknik. (Humas)

 

Penulis :Suratin. Foto dan Liputan : Fadli

Comments

comments