KSOP Ternate Bersama Mahasiswa Unkhair Gelar Bersih Laut dan Pantai Kalumata

Unkhair.ac.id. Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate menggelar Gerakan Bersih Laut dan Pantai Serentak (12 September 2019), bersama Mahasiswa Fakultas Teknik dan Mahasiswa Fakultas Perikanan & Kelautan serta beberapa instasni pemerintah, TNI AL dan Polri, KSOP Ternate membersihakan pantai Kalumata Ternate Selatan.

Gerakan Bersih Pantai ini dalam rangka menyambut hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2019. Tema yang diusung dalam menyambut  Harhubnas 2019 kali ini adalah  “Merajut Nusantara Membangun Bangsa, Bakti Insan Perhubungan untuk Indonesia Unggul Indonesia Maju”.

Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate Taher Laitupa dalam sambutannya mengatakan, gerakan bersih laut dan pantai dilatarbelakangi oleh adanya fakta bahwa Indonesia merupakan negara penyumbang sampah plastik ke lautan terbesar kedua di dunia, berdasarkan data dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statsitik (BPS) mengumunkan bahwa sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton pertahun, dimana sebanyak 3.2 juta ton merupakan sampah plastik yang dibuang ke laut. Lanjut Taher Laitupa, kita semua tahu bahwa sampah plastik begitu berbahaya bagi keberlangsungan ekosistem di lau. Untuk itu pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perhubungan bertekad dan menargetkan penurunan sampah plastik di lautan hingga 70 persen pada tahun 2025.

Taher Laitupa ketika diwawancarai Humas terkait dengan ikutserta mahasiswa Universitas Khairun dalam gerakan bersih laut dan pantai dari sampah plastik mengatakan sangat berterima kasih dengan kehadiran mahasiswa dalam aksi bersih laut dan pantai di kelurahan Kalumata Ternate Selatan, dengan ikut serta para Mahasiswa Universitas Khairun juga membantu KSOP mensosialisasikan kepada masyrakat yang bermukim disekitar pantai Kalumata tentang kegiatan gerakan bersih laut dan pantai serta menyampaikan kepada masyarakat agar menjaga laut dan pantai dari sampah plastik. **Humas

 

 

Please follow and like us:
error20

Comments

comments