KPP Pratama Ternate Sosialisasi Kewajiban Perpajakan di Unkhair

Unkhair. Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Ternate bekerjasama dengan Satuan Pengawasan Internal (SPI) Unkhair mengadakan Sosialisasi Kewajiban Perpajakan Instansi Pemerintah. Kegiatan ini berlangsung di Aula Babullah gedung Rektorat Unkhair (Senin, 18 Juli 2022).

Acara sosialisasi ini dihadiri  Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Kepala SPI Unkhair, Perwakilan KPP Pratama Ternate, Wakil Direktur Pascasarjana, para Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan dan Para PUMK di lingkungan Unkhair

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Abdullah W Jabid, SE, M.M dalam sambutannya mengatakan terima kasih kepada para narasumber dari KPP Pratama Ternate yakni Ibu Sushanty Dewi Utami (Kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Ternate) dan Mahar Fitryanto (Asisten Penyulu Pajak) yang telah bersedia menyampaikan sosialisasi perpajakan di Universitas Khairun.

 

Kepada seluruh peserta, Abdullah W Jabid berharap untuk dapat mengikuti dengan baik dan dapat memahami terkait dengan kewajiban membayar pajak. Kepada bendahara pemunggut pajak agar lebih mengetahui tugas dan fungsinya sebagai bendahara pemungut pajak dalam setiap kegiatan di lingkungan Universitas Khairun. Sosialisasi ini adalah bentuk ketaatan para aparatur sipil negera di Universitas Khairun dalam membayar pajak.

Sosialisasi ini dipandu oleh Dr. Irfan Zam Zam, SE.MM.Ak. Tampil sebagai pemateri utama adalah  Ibu Sushanty Dewi Utami (Kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Ternate). Beliau didampingi oleh  Mahar Fitryanto (Asisten Penyulu Pajak). Kegiatan yang berlangsung pukul 10.00 WIT berlangsung lancar.  Sushanty Dewi Utami banyak menjelaskan tentang pengertian bendahara pengeluaran, kewajiban pemotongan/pemungutan pajak yang harus dilakukan beserta alur prosesnya, kewajiban memiliki NPWP bagi bendahara, jenis-jenis pajak yang harus dipotong/dipungut oleh bendahara, objek dan tarif dari tiap jenis pajak yang harus dipotong/dipungut, langkah-langkah penyetoran pajak, Surat Setoran Pajak, Bukti Potong, dan pelaporan SPT Masa tiap jenis pajak. Berbagai pertanyaan disampaikan oleh para peserta yang hadir dalam pertemuan itu. (Humas) Penulis : Suratin/ Foto: Fadli

 

 

 

Please follow and like us: