Kota Ternate Tercatat Peserta UTBK 2020 Terbanyak Di Unkhair

Unkhair.ac.id. Universitas Khairun menyelenggarakan Ujian Tertulis Berbasis Komputer,  tercatat sebanyak 1.637 peserta sedang memperebutkan kursi di Perguruan Tinggi Negeri yang disediakan sebanyak 40% kursi.  Jumlah peserta UTBK-SBMPTN tahun ini tak sebanyak tahun kemarin (2019). Di tahun 2019 tercatat sebanyak 2448 orang peserta yang mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer.

Turunya minat pendaftaran ini disebabkan karena kurangnya akses informasi para calon mahasiswa, calon mahasiswa masih berpikir lulus sekolah baru mendaftar ke Perguruan Tinggi, belum lagi siswa yang masih bimbang untuk mengambil jurusan di Universitas pilihan. Dengan berbagai pertimbangan akhirnya calon mahasiswa banyak yang memilih mendaftar dijalur mandiri, jalur ini hanya menyediakan 30% kursi.

Walupun turun peminat dibandingkan tahun lalu, masi ada calon mahasiswa yang memilih untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri. Tercatat dalam data untuk sebaran peserta UTBK-SBMPTN 2020, yang diterima Humas dari Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Suratman Sudjud,SP.MP. Terdata Kota Ternate sebagai jumlah peserta UTBK terbanyak tahun ini, selanjutnya Kota Tidore Kepulauan dan Kabupaten Halmahera Selatan.

Untuk peserta UTBK yang berasal dari kota Ternate tercatat sebanyak 643 peserta. Kota Ternate tercatat paling banyak pendaftarnya. Selanjutnya Kota Tidore kepulauan dengan jumlah 248 peserta UTBK. Kabupaten Halmahera Barat 63 peserta. Kabupaten Halmahera Utara 103 peserta. Kabupaten Halmahera selatan sebanyak 228 peserta. Kabupaten Halmahera Tengah 37 peserta. Halmahera Timur 94 peserta, Kabupaten Pulau Morotai 12 peserta, kepulauan Sula 140 peserta dan Taliabu sebanyak 23 peserta. Selain dari Provinsi Maluku Utara, terdapat juga sebanyak 46 peserta yang berasal dari 18 provinsi di Indonesia yang memilih untuk melanjutkan studi di Universitas Khairun.

Ujian Tulis Berbasisi Komputer yang dimulai, 5 Juli 2020 akan berlangsung sampai tanggal, 9 Juli 2020. Semua kegiatan UTBK menggunakan protokol kesehatan ketat, peserta sebelum masuk ke ruang UTBK harus mencuci tangan dan berbaris berjarak, petugas akan memeriksa suhu tubuh setiap peserta, protokol ini sesai dengan petunjuk LTMPT, jika ditemukan peserta yang sakit akan di ambil tindakan sesuai protokol yang berlaku.

Para pejuang UTBK masih berlomba memperebutkan kursi di PTN, pengumuman hasil UTBK-SBMPTN 2020 dijadwalkan tanggal, 20 Agustus 2020, kepada para pejuang UTBK 2020 kami titip pesan jaga selalu kesehatan anda, tetap pakai masker selama berada diluar rumah, biasakan untuk mencuci tangan di air yang mengalir dengan menggunakan sabun dan selalu jaga jarak agar anda terhindar dari penyebaran covid19. *Humas

Please follow and like us:
error20

Comments

comments