Kolaborasi Dengan Dunia Industri, Unkhair Gelar Sosialisasi Kedaireka Matching Fund 2022

Unkhair. Universitas Khairun melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) bersama Tim Matching Fund Kedaireka 2022 gelar sosialisasi program Kedaireka Matching Fund 2022. Kegiatan ini berlangsung di Aula Nuku lantai 4 Gedung Rektorat Unkhair (Jumat, 18 Maret 2022). Turut hadir dalam sosialisasi program Kedaireka Matching Fund yakni 55 pimpinan dari perusahaan BUMN, Swasta maupun dari UMKM se Kota Ternate beserta Pimpinan Perguruan Tinggi wilayah Maluku Utara.

Sosialisasi Kedaireka Matching Fund 2022 menghadirkan dua orang narsumber yaitu Muhammad Arafat dan Eztha Syafira Yaniar, kedua narasumber utama ini adalah tim kedaireka dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi , Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Melalui zoom meeting Kepala LL Dikti Wilayah XII, Dr. Jantje Eduard Lekatompessy, SE.M.Si. Ak.CA. mengucapkan terima kasih kepada tim kedaireka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi  yang telah melakukan sosialisasi program Kedaireka Matching Fund 2022 di Universitas Khairun. Semoga kegiatan ini dapat memberikan nilai tambah untuk Mahasiswa, Dosen, Universitas Khairun dan masyarakat luas.

Turut memberikan sambutan, Ketua KADIN Maluku Utara, Adam Marsaoly mengatakan terima kasih telah mengundang kami dari KADIN Maluku Utara untuk menghadiri sosialisasi Kedaireka Matching Fund 2022.  Adama Marsaoly menyinggung masalah utama masyarakat adalah kelangkaan minyak goreng. Untuk itu diharapkan adanya usaha usaha kecil dan menegah yang dibangun melalui kegiatan kedaireka untuk memenuhi kebutuhan sehari hari masyarakat.

Sambutanya selanjutnya adalah Ketua Forum CSR Maluku Utara Hi. M. Kasim Haya, SE. Dalam kesempatan itu, M. Kasim Haya meminta agar semua perusahaan atau usaha mandiri dapat saling membantu CSR Maluku Utara untuk salaing memberi dan mendukung dalam pendataan usaha maupaun karyawan. Hal ini diperlukan agar semua badan usaha dapat saling mendukung dan membantu dalam menjalankan usahanya. Kepada Universitas Khairun dan Tim Kedaireka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, M. Kasim Haya mengucapkan terima kasih telah diikutsertakan dalam kegiatan sosialisasi ini.

Rektor Universitas Khairun, Dr. M. Ridha Ajam,M.Hum dalam sambutannya mengatakan dengan program kedaireka ini kita dapat saling berdiskusi dan saling mendukung dengan hasil kajian dan penelitian akademik yang akan dikolaborasikan dengan dunia usaha. Dengan program kedaireka ini semoga dapat menjembatani antara Pendidikan Tinggi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri. M. Ridha Ajam berharap dengan sosialisasi ini membuka ruang antara Perguruan Tinggi di Maluku Utara dengan pihak industi dan pemerintah untuk bersama sama membangun daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk diketahui bahwa Kedaireka hadir sebagai sebuah Platform untuk mejembatani Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) dan Perguruan Tinggi melalui program matching Fund. Matching Fund merupakan bentuk dukungan Kemendikbudristek untuk menciptakan kolaborasi dan sinergi strategis antara insan Dikti dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Matching Fund diprioritaskan untuk kolaborasi yang dapat berkontribusi bagi tercapainya 8 Indikator Kinerja Utama (IKU). Dengan alokasi dana sebesar total Rp1 triliun, matching fund menjadi salah satu nilai tambah terbentuknya kolaborasi antara dua pihak melalui platform Kedaireka. (Humas) Editor Suratin. Peliput Fadli