Kerjasama Antara Unkhair dan Harita Nickel di Tandai Dengan Penanaman Mangrove

Unkhair. Rektor Universias Khairun, Prof. Dr. Husen Alting, SH.MH Bersama  Wakil Bupate Halmahera Selatan Hasyim,ST.MT dan Harita Nickel yang diwakili oleh Head of External Relations Bpk. Stevi Thomas melakukan kerjasama dan pencanangan penanaman mangrove sebanyak 3.800 bibit. (Rabu,7 April 2021) Kegiatan ini juga melibatkan masyarakat di Desa Soligi Kecamatan Obi Selatan Kabupaten Halmahera Selatan. Kegiatan pencangan rehabilitasi mangrove merupakan bagian dari pengabdian masyarakat Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Khairun yang didukung oleh Pemerintah daerah Halmahera Selatan dan PT. Harita.

Iswan Hasyim, ST.MT Wakil Bupati Halmahera Selatan menjelaskan tentang pentingnya peran perusahaan dalam memberdayakan masyarakat lingkar tambang diantaranya dengan membangun infrastruktur yang dapat merangsang peningkatan kehidupan ekonomi masyarakat lingkar tambang serta rehabillitasi hutan mangrove sebagai banteng  pertahanan kehidupan masyarakat pesisir dan desa Soligi . Kegiatan ini akan dijadikan sebagai pilot project rahabilitasi mangrove di Kabupaten Halmahera Selatan.

Rektor Universitas Khairun Prof. Dr. Husen Alting, SH. MH. Mengatakan program ini merupakan bentuk pengabdian perguruan tinggi terhadap masyarakat, Husen Alting berharp semua pihak dapat turut serta menjaga program rehabilitasi mangrove. Dengan adanya kerjasama antara Unkhair dengan PT Harita Nickel selanjutnya mahasiswa Universitas Khairun akan melakukan magang, kegiatan magang ini merupakan perwujudan dari merdeka belajar kampus merdeka. Pada kesempatan ini Rektor juga memberikan peluang kepada siswa-siswi SMA asal Desa Soligi untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas Khairun dengan jaminan beasiswa yang dapat diakses di Universitas Khairun.

Dalam kesempatan  itu Head of Eksterna Relations Harita Nickel Stevi Thomas mengatakan sangat berterima kasih kepada Universitas Khairun yang telah melakukan kegiatan ini dengan melibatkan banyak pihak baik Pemerintah maupun Masyarakat, Rehabilitasi mangrove merupakan komitmen perusahaan dalam menjaga keseimbangan alam tentunya. Stefi Thomas Menegaskan dukungan pihak PT. Harita terhadap pemberdayaan masyarakat lingkar tambang, termasuk kegiatan rehabilitasi hutan mangrove dan kegiatan-kegiatan produktif lainnya untuk menstimulus peningkatan ekonomi masyarakat lingkar tambang.

Sementara itu Dr. M. Janib Ahmad dalam sambutannya lebih banyak menekankan tentang pentingnya peran hutan mangrove dalam kehidupan masyarakat pesisir. Menurut  Dr. M. Janib Ahmad bahwa hutan mangrove memiliki beragam nilai manfaat antara lain ; manfaat langsung, manfaat tidak langsung, manfaat pilihan, manfaat pewarisan dan manfaat keberadaan. Dr. M. Janib Achmad yang menjabat sebagai Dekan fakultas Perikanan dan Kelautan  akan berupaya untuk mengadvokasi masyarakat khususnya di Desa Soligi untuk membuat Peraturan Desa (Perdes) yang berkaitan  pemanfaatan dan pengelolaan hutang mangrove sehingga keberadaan hutan mangrove dapat memberikan jaminan ekologis dan ekonomis bagi kehidupan masyarakat desa Soiligi. (Humas)

Please follow and like us:
error20

Comments

comments