KEMENKUMHAM Maluku Utara Tindak Lanjut Kerjasama Dengan Unkhair

Unkhair. Kementerian Hukum dan Hak Republik Indonesia melalui Kantor Wilayah Maluku Utara kembali menindaklanjuti percepatan pelaksanaan draf perjanjian kerjasama dengan Universitas Khairun, pertemuan dengan agenda rapat persamaan persepsi untuk draf perjanjian kerjasama ini berlangsung di ruang Senat lantai 3 gedung Rektorat Universitas Khairun. (Selasa, 20 Agustus 2022).

Kegiatan tindak lanjut kerjasama antar Universitas Khairun dengan . Kementerian Hukum dan Hak Republik Indonesia melalui Kantor Wilayah Maluku dihadiri oleh Ibu Lili, SH.MH (Kepala Divisi Pemasyarakatan.Kanwil Hukum dan HAM Maluku Utara) Ignatius Mangantar  Tua.Silalahi (Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM.Kanwil Hukum dan HAM Maluku Utara) Sandi Andaryadi (Kepala Divisi KeimigrasianKanwil Hukum dan HAM Maluku Utara) Andi Basmal (Kepala Divisi Administrasi Kanwil Hukum dan HAM Maluku Utara) Jayadi Kusumah (Kalapas Pembinaan Khusus Anak Kelas II Ternate) Nona Ahmad (Kalapas Perempuan Kelas III Terbate) M.Marasabesssy (Kabapas Kelas II Ternate) Efendi Abdullah (Mewakili Kalapas Kelas IIA Ternate) Sujatmiko(Karutan Kelas IIB Ternate).

Dari Universitas Khairun turut mendampingi Rektor Dr.M.Ridha Ajam.M.Hum yakni Wakil Rektor Bidang Akademik Dr.Hasan Hamid,M.Si, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Dr. Abdulah W. Jabid, SE. MM. Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan Abdul Kadir Kamaluddin, SP.MSi dan Para Dekan dilingkungan Universitas Khairun.

Rektor Universitas Dr, M.Ridha Ajam.M.Hum dalam sambutannya mengatakan pertemuan ini adalah menindaklanjuti penandatanganan nota kesepahaman yang telah dilaksanakan pada tanggal, 19 Juli 2022 antara Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasai Manuasia Republik Indonesia dengan Delapan Fakultas yang dituangkan dalam perjanjian kerjasama. “ ini adalah desain kerjasama yang sangat baik dari Kementerian Hukum dan Hak Republik Indonesia melalui Kantor Wilayah Maluku Utara” ucap Ridha Ajam dalam sambutannya.

Penandatangan kerjasama antara Universitas Khairun dengan Kementerian Hukum dan Hak Republik Indonesia melalui Kantor Wilayah Maluku akan memuat visi utama dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi yakni Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Dari kegiatan MBKM nantinya akan lahir berbagai kegiatan kerjasama yang akan mendukung kerjasama dengan Kementerian Hukum dan Hak Republik Indonesia.

Kepala Divisi Pemasyarakatan.Kanwil Hukum dan HAM Maluku Utara, Ibu Lili, SH.MH dalam sambutannya mengatakan bahwa kerjasama anatar Unkhair dengan Kementerian Hukum dan Hak Republik Indonesia Kantor Wilayah Maluku Utara menjadi model kerjasama utama yang nantinya menjadi model kerjasma antara pihak kampus  dengan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia diberbagai Kantor Wilayah diseluruh Indonesia. “ dengan kerjasama ini menjadikan Maluku Utara sebagai pilot projek untuk Satuan Kerja (Kantor Lapas) yang lainnya di Indonesia” ucap Ibu Lili, SH.MH.

Kerjasama Universitas Khairun dengan Kementerian Hukum dan Hak Republik Indonesia melalui Kantor Wilayah Maluku bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia warga binaan permasyarakat (WBP) di jajaran kantor wilayah Kementerian Hukum dan Hak Republik Indonesia provinsi Kantor Wilayah Maluku.

Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Hasan Hamid,M.Si dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa kerjasama ini sangat mendukung Indikator Kinerja Utama Universitas Khairun dan juga dapat menaikkan rengking Universitas secara nasional. Kerjasama antara Unkhair dengan Kanwil Hukum dan HAM Maluku Utara dilandasi oleh Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang telah memasuki episode  22 (terakhir).

Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Hasan Hamid,M.Si dalam kesempatan itu banyak memberikan gambaran terkait kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan berbagai varian dan tindak lanjutnya.

Hasil pertemuan yang berlangsung selama 4 jam tersebut nantinya akan dituangkan dalam satu draf Perjanian Kerjasama yang akan menjadi landasan kerjasama degan Satuan Kerja yang ada Kementerian Hukum dan Hak Republik Indonesia Wilayah Maluku Utara. (Humas) Penulis Suratin Foto: Fadli