Julika Ibrahim, Anak Tukang Batu Jadi Wisudawati Terbaik Pertama

Unkhair.  Saat menempuh pendidikan tinggi, siapapun bisa berprestasi tanpa melihat dari golongan apa dan tingkat ekonomi orang tua. Itulah yang terjadi pada Julika Ibrahim.

Menjadi anak tukang batu tidak menjadikan Lika panggilan akrab Julika menjadi minder, Lika mampu menorehkan prestasi luar biasa, dari 829 wisudawan dan wisudawati, Julika Ibrahim dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Matematika terpilih menjadi wisudawati terbaik pada prosesi Wisuda Periode I Tahun Akademik 2022/2023 dengan nilai IPK 3.97. Julika tak menyangka menjadi wisudawati terbaik pertama.

Ditemui tim humas Julika Ibrahim wanita kelahiran Ternate, 04 Juli 2001 menceritakan saat ia pertama kali mendaftar kuliah. Pada tahun 2019, melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Lika mendaftar kuliah di Universitas Khairun. Lika memilih program studi Pendidikan Matematika, Lika menyampaikan keinginannya untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi kepada kedua orangnya, sang Ayah Ibrahim Karim yang seorang tukang batu menanyakan ke anaknya “dari mana biayanya nak”,  Lika berusaha menyakinkan kedua orangtuanya dan meminta didoakan agar usulan beasiswa bidikmisi dapat disetujui oleh pihak kampus. “Ayah saya bilang jika tidak dapat beasiswa tidak usah kuliah mungkin lebih baik cari kerja saja” tutur Lika.

Mengetahui Lika mendapat beasiswa bidikmisi, sang Ayah Ibrahim Karim dan Ibu Saleha Latif sangat senang dan penuh haru, air mata Saleha Latif tak terbendung melihat anaknya tersenyum gembira mendapatkan kabar baik dari pihak kampus. Saleha Latif terus mengingatkan Lika agar memanfaatkan beasiswa ini dengan belajar lebih giat dan fokus pada tugas tugas kuliah.

Dengan keadaan ekonomi keluarga yang kurang mampu, Lika anak ke 2 dari 4 bersaudara  memantapkan niatnya untuk kuliah di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Khairun setelah tidak diterima di prodi perbankan syariah di kampus lain.

Berbagai macam lomba dan kegiatan kampus Lika ikuti, tercatat Lika pernah mendapat juara 2 lomba olimpiade matematika tingkat Universitas tahun 2022, juara 2 lomba kompetisi belajar mengajar matematika tingkat wilayah Kota Ternate tahun 2021 dan 2022 dan pernah mengikuti kegiatan program kampus merde angkatan 2 tahun 2021.

Dengan kegiatan kampus merdeka , Lika medapatkan banyak pengalaman, kegiatan kampus merdeka bagi Lika sangat asyik dan juga ada uang sakunya, “dengan uang saku ini saya bisa memenuhi berbagai kebutuhan sehari hari saya” cerita Lika kepada tim Humas.

Dengan ketekunan belajar dan disiplin yang diajarkan oleh kedua orang tua, akhirnya Julika Ibrahim berhasil mempertahankan skripsinya dengan judul “Mathematical habits of mind suku Tidore pada ritual budaya tahlilan dalam tinjauan etnomatematika” dihadapan para dosen penguji.

Hari bahagia ini (Sabtu, 18 Maret 2023) saat prosesi wisuda,  Julika Ibrahim berdiri bersama kedua orangtuanya dihadapan seluruh Sivitas Akademika dan seluruh tamu undangan untuk mendapatkan kehormatan sebagai orangtua dari wisudawati terbaik.

Ibu dan Ayah Julika tak henti hentinya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dalam hal ini pihak Universitas Khairun yang telah memberikan beasiswa kepada anaknya, terima kasih juga kepada para dosen yang telah mendidik anak kami sampai meraih gelar sarjana.

Julika Ibrahim dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Matematika ditemui usai menerima penghargaan wisudawati terbaik pertama mengatakan gelar wisudawati terbaik ini saya persembahkan kepada Ayah dan Ibu dan teristimewa kepada Ibu yang telah banyak mendukung saya saat kuliah. Satu kalimat untuk Ayah dan Ibu “tetaplah menjadi orang tua yang selalu membimbing putrimu ini”. (humas) Penulis : Suratin / Foto : humas / Editor : humas