Fakultas Kedokteran Unkhair Sosialisasi Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun Di Sekolah

Unkhair.ac.id. Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu dari  tri dharma perguruan tinggi, untuk itu Fakultas Kedokteran Universitas Khairun menggelar kegiatan gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun di SDIT Albina Kota Ternate ( Selasa, 15 Oktober 2019). Sekedar diketahui setiap tanggal 15 Oktober diperingati sebagai Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sedunia (Global Handwashing Day). Hari cuci tangan pakai sabun sedunia dicetuskan pertama kali oleh Public-Private Partnership of Handwashing (PPPHW) pada tahun 2008.

Untuk mewujudkan gerakan cuci tangan pakai sabun maka Fakultas Kedokteran Universitas Khairun yang terdiri dari Dosen beserta Mahasiswa menggelar kegiatan ini dengan melibatkan Dinas Pendidikan Kota Ternate, Dinas Kesehatan Kota Ternate, Dharma Wanita Kota Ternate, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, serta USAID IUWASH PLUS dan KALBE.

Cuci tangan pakai sabun bisa melepaskan kuman penyebab infeksi dengan murah dan mudah, sehinga dianggap sebagai salah satu cara efektif mencegah terjadinya penyakit. Menurut WHO, secara global, penyebab utama kematian bayi dan balita adalah penyakit infeksi saluran pernapasan dan diare. Namun sebagian besar masyarakat umumnya belum memahami peran CTPS sebagai salah satu gerakan pencegahan penyakit. Hal ini dapat dilihat pada hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 yang dilaksanakan oleh Balitbangkes Kemenkes RI bahwa proporsi perilaku cuci tangan dengan benar pada penduduk umur > 10 tahun di Provinsi Maluku Utara hanya sebsar 59,5%.

Sebagai ketua tim pelaksana dr. Liasari Armaijn,M.Kes yang juga Dosen Fakultas Kedokteran Unkhair  menjelaskan kegiatan hari ini adalah sosialisasi Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di Sekolah, kegiatan ini merapakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat untuk menunjang tridharma perguruan tinggi, kami tak ingin kegiatan ini hanya seremoni belaka, kami harapkan kegiatan seperti ini dapat menjadi pilot projek untuk dikembangkan atau dilaksanakan ke semua sekolah yang ada di Maluku Utara. lanjut dr.Liasari, untuk kelancaran kegiatan ini kami bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Ternate, disamping itu juga Ibu Ibu Dharma Wanita Kota Ternate ikut serta dalam kegiatan ini, kami juga bekerjasama dengan USAID IUWASH PLUS. Dengan keterlibatan Dinas Kesehatan Kota Ternate dr. Liasari berharap setelah SDIT Albina kegiatan ini juga dapat berlanjut ke Sekolah lainnya.

Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) merupakan salah satu indikator dalam Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS), sekitar serratus lebih siswa siswi SDIT Albina yang terdiri dari kelas satu sampai kelas tiga  ikut dalam kegiatan ini, mereka dipandu cara mencuci tangan dengan baik dan benar oleh beberapa orang Mahasiswa dan Dosen Pendamping Fakultas Kedokteran Universitas Khairun, kegiatan cuci tangan pakai sabun merupakan langkah kecil untuk memulai hidup sehat. Perilaku sederhana ini bisa melindungi kita dari penyakit menular seperti diare, infeksi saluran pernapasan dan tipes. Para siswa sangat antusias mengikuti gerakan cuci tangan pakai sabun ini.

Nur Sudibyo dari USAID IUWASH PLUS ketika diwawancarai oleh humas mengatakan kegiatan ini adalah suatu bentuk promosi cuci tangan pakai sabun, kegiatan ini juga merupakan salah satu program USAID IUWAS PLUS untuk meningkatkan pola hidup bersih dan sehat di masyarakat, kegiatan ini kami laksanakan di sekolah karena dengan mengajarkan kepada anak anak kita dapat mempromosikan pola hidup sehat secara luas, dengan melibatkan anak anak maka dengan sendirinya dapat menjadi contoh baik buat keluarga si anak tersebut. Pihak USAID IUWASH PLUS dalam kegiatan memberi mendukung sehingga dapat terlaksana program promosi hidup sehat, kegiatan ini diprakarsai oleh pihak Universitas Khairun yang bekerjasama dengan pihak Dinas Kesehatan Kota Ternate, kami dari USAID IUWASH PLUS memfasilitasi sekaligus membantu pelaksanaan kegiatan ini. Selain di SDIT Albina USAID IUWAS PLUS juga telah melaksanakan kegiatan serupa di berbagai tempat terutama di lokasi pendampingan terutama di Kota Ternate yang terbagi dilima Kelurahan yakni Kelurahan Dufa Dufa, Sangaji, Loto, Sulamadaha dan Foramadiahi, banyak kegiatan yang kami program bukan saja cuci tangan pakai sabun namun ada juga kegiatan atau program lain yang terkait dengan prilaku hidup bersih dan sehat, peningkatan akses sanitasi dan peningkatan akses air minum yang layak dikonsumsi. Nur Sudibyo berharap kegiatan ini dapat direplikasi tidak hanya dari Universitas Khairun tapi juga dari Dinas Kesehatan dan Pihak Sekolah dan Dinas Pendidikan Kota Ternate untuk dapat melaksanakan kegiatan serupa.

Kepala Sekolah SDIT Albina Sahdia Kadir, S.Pd sangat berterima kasih kepada pihak Universitas Khairun yang telah melaksanakan kegiatan Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di sekolah kami, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi anak anak didik kami, pada kurikulum pembelajaran terdapat tema yang mengajarkan pola hidup sehat dan salah satunya adalah cuci tangan pakai sabun, dengan program yang melibatkan Fakultas Kedokteran Unkhair ini kami merasa terbantu untuk mengajarkan kepada siswa siswi kami sehingga mereka dapat mengetahui secara datail bagaimana cara mencuci tangan pakai sabun, Sahdia Kadir berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan di sekolah sehingga dapat membantu guru guru dalam proses belajar mengajar diruang kelas. *Humas

 

 

 

Please follow and like us:
error20

Comments

comments