Fakultas Kedokteran Unkhair Gelar Yudisium Untuk 32 Orang Mahasiswa

Unkhair.ac.id. Fakultas Kedokteran Universitas Khairun kembali menggelar Yudisum serta sumpah dan janji Dokter Muda. Kegiatan ini berlangsung di aula gedung kuliah bersama Universitas Khairun (Selasa, 15 Februari 2022). Sebanyak tiga puluh dua orang mahasiswa dinyatakan berhak lulus setelah melalui evaluasi dan penilaian panjang.

Yudisium dan pengambilan sumpah Janji Dokter Muda ini dihadiri oleh Rektor Universitas Khairun Dr. M.Ridha Ajam, M.Hum, Sekertaris LP3M Unkhair M.Abjan Fabanyo,S.Pi.M.Si. Dekan Fakultas Kedokteran Unkhair dr. Marhaeni Hasan,S.pA.M.M, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan dr.  Liasari Armaijn, M.Kes dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni dr. Fera The, M.Kes. Para Dosen lingkungan Fakultas Kedokteran serta keluarga mahasiswa yang hadir melalui zoom meeting.

Ketua Program Studi Fakultas Kedokteran dr. Nur Upik Een Masrika, M. Biomed didaulat membacakan surat keputusan Dekan Fakultas Kedokteran nomor : 177/UN44.C9/KM/2022 tentang nama nama peserta yudisium tahun 2022. Sebanyak tiga puluh dua orang mengikuti  yudisium dan terdapat tiga peserta yudisium yang meraih nilai IPK tertinggi, mereka adalah Azril dengan masa studi 3 tahun 4 bulan dengan IPK 3,92.  Dessy Sukmawati dengan masa studi 3 tahun 4 bulan IPK 3.77 dan Ummuhani Abubakar masa studi 3 tahun 4 bulan IPK 3.70

Dalam kesempatan itu Dekan Fakultas Kedokteran Universtas Khairun dr. Marhaeni Hasan,S.pA.M.M memimpin langsung pembacaan Janji Dokter Muda yang diikuti oleh para Sarjana Kedokteran Universitas Khairun. Ikrar janji Dokter Muda dibacakan dengan penuh hikma oleh para Sarjana Kedokteran, salah satu poin ikrar yang sempat dikutip yakni “Saya berikrar dengan sungguh sungguh supaya tidak terpengaruh oleh pertimbangan keagamaan, kebangsaan, kesukuan, politik kepartaian, atau kedudukan social, dalam menunaikan kewajiban saya”.

Dekan Fakultas Kedokteran dr. Marhaeni Hasan,S.pA.M.M dalam sambutannya mengatakan hari ini 32 orang akan mengikuti yudisium, untuk diketahui yudisium adalah pengumuman nilai kepada mahasiswa sebagai proses penilaian akhir dari seluruh mata kuliah yang sudah diambil. Sampai saat ini Fakultas Kedokteran Unkhair telah meluluskan sebanyak 94 orang sarjana kedokteran. Dekan FK dr. Marhaeni Hasan,S.pA.M.M mengucapkan selamat kepada 32 orang yang telah mengikuti yudisium. Atas nama pimpinan serta sivitas akademika Fakultas Kedokteran, saya ucapkan terima kasih buat orang tua wisudawan dan wisudawati yang membantu dan mendukung pendidikan anaknya hingga meraih gelar sarjana.

Meraih gelar sarjana kedokteran adalah harapan semua orang tua, namun setelah ini para sarjana kedokteran harus mengikuti pendidikan profesi yang biasanya disebut koas. Ada empat semester yang harus dilalui oleh seorang  sarjana kedokteran. Untuk itu diharapkan kepada sarjana kedokteran segera mempersiapkan diri serta finansial untuk mengikuti program lanjutan yakni pendidikan profesi dokter. Semua ilmu yang diperoleh akan dipraktikkan di wahana pendidikan dalam hal ini rumah sakit atau wahana pendidikan lainnya.. Studi Profesi Dokter akan berlangusng selama kurang lebih 1 tahun 11 Bulan.

Dekan Fakultas Kedokteran dr. Marhaeni Hasan,S.pA.M.M juga mengingatkan kepada sarjana kedokteran jika nantinya melaksanakan koas di wahana pendidikan yang ditunjuk agar selalu mengutamakan etika sesuai dengan janji yang dibacakan bersama. “jangan mempermalukan almamater, keluarga, dosen dan diri sendiri” ucap Marhaeni Hasan.

Rektor Universitas Khairun, Dr. M. Ridha Ajam, M.Hum dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada sarjana kedokteran yang hari ini mengikuti prosesi yudisium tingkat Fakultas. M.Ridha Ajam meminta kepada sarjana kedokteran selalu menjaga nama baik almamater, keluarga dan para dosen yang telah berbagi ilmu dan waktunya selama menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran Unkhair.

M.Ridha Ajam juga mengatakan bahwa seorang sarjana kedokteran berbeda dengan sarjana lainnya, oleh karenanya tanggung jawab seorang sarjana kedokteran sangatlah tinggi di masyarakat. Keluarga akan bangga jika kalian telah menjadi dokter seutuhnya, untuk itu nantinya seorang sarjana kedokteran harus mengikuti pendidikan profesi dokter atau ujian profesi untuk meraih gelar dokter. Mudah mudahan dalam program profesi nanti dapat dilalui dengan mudah dan dapat meraih gelar dokter.

Kepada para Dekan serta wakil Dekan dan ketua ketua prodi serta Dosen lingkungan Fakultas Kedokteran, Rektor Universitas Khairun, Dr. M.Ridha Ajam,M.Hum mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya atas pengabdian serta bimbingannya kepada para mahasiswa kedokteran sehingga dapat meraih gelar sarjana. (humas)

Penulis : Suratin/ Foto : Humas