Fakultas Kedokteran Unkhair Gelar Seminar Awam “Mengenal Lebih Dalam Penyakit Lupus, Autoimun, Rematik dan Alergi Hadirkan Pemateri dari Fakultas Kedokteran Brawijaya.

Unkhair.ac.id. Fakultas Kedokteran Universitas Khairun bekerjasama dengan Pusat studi LAURA (Lupus, Autoimun, Rematik dan Alergi) Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya mengadakan Seminar Awam “Mengenal Lebih Dalam Penyakit Lupus, Autoimun, Rematik dan Alergi” dan Mini Workshop“Metodologi, Penyusunan Poposal dan Publiaksi Penelitian”. kegiatan ini berlangsung di aula FK Unkhair Selasa, 10 Desember 2019.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Khairun dr. Marhaeni Hasan,S.pA.M.M dalam sambutannya mengatakan kefiatan ini kegiatan ini diharapkan dapat merintis kerjasama antara Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya dengan Fakultas Kedokteran Universitas Kahirun. Sehingga ke depannya dapat dilakukan kerjasama-kerjasama lainnya  baik dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Kegiatan ini juga dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilam dosen, peneliti, ataupun mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Universitas Kahirun. Seminar ini juga melibatkan tenaga medis RSUD dan masyarakat umumnya sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan informasi bagi tenaga medis serta masyarakat khususnya di Kota Ternate, Maluku Utara terkait penyakit Lupus, Autoimun, Rematik dan Alergi.

Data penelitian epidemiologi menunjukkan bahwa angka kejadian penyakit Lupus, Autoimun, Rematik dan Alergi semakin meningkat dalam beberapa dekade terakhir baik secara global maupun di Indonesia. Akan tetapi perhatian masyarakat di Indonesia terhadap penyakit tersebut dinilai pakar kesehatan masih rendah karena kurangnya edukasi tentang penyakit. Penting bagi masyarakat untuk mengetahui informasi seputar penyakitLupus, Autoimun, Rematik dan Alergi agar dapat melakukan tindak pencegahan maupun konsultasi sejak dini. Begitu juga bagi para tenaga medis, sangat penting untuk mendapatkan update informasi. Tujuannya, agar tenaga medis dapat melakukan tindakan yang tepat bagi pasien yang bergejala maupun yang sudah menderita penyakit Lupus, Autoimun, Rematik dan Alergi.

Dr. dr. C. Singgih Wahono, SpPD, KR, perwakilan Pusat Studi LAURA mengatakan Pusat studi LAURA (Lupus, Autoimun, Rematik dan Alergi) Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya telah rutin melakukan kegiatan promosi kesehatan baik melalui seminar maupun penyuluhan kepada masyarakat terkait beberapa penyakit tersebut di wilayah Malang Raya, Jawa timur. Pada kesempatan ini pusat studi LAURA bermaksud mengadakan kerjasama dengan Fakutas Kedokteran Universitas Khairun untuk melaksanakan kegiatan seminar awam dengan tema “Mengenal Lebih Dalam Penyakit Lupus, Autoimun, Rematik dan Alergi”. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan menambah informasi bagi masyarakat awam dan juga bagi tenaga medis khususnya di Kota Ternate, Maluku Utara.

Selain itu, pusat studi LAURA juga akan menyelenggarakan pelatihan metodologi dan penyusunan proposal penelitian dalam rangka mendorong penemuan dan pengembangan ilmu pengetahuan khususnya di bidang Lupus, Autoimun, Rematik dan Alergi. Selain itu, dengan pelatihan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilam dalam melakukan penelitian, menyusun usulan penelitian, memenangkan dana penelitian yang dikompetisikan serta mempresentasikan hasil penelitian. Peserta pelatihan adalah dosen, peneliti, ataupun mahasiswa pascasarjana yang berminat dari Fakultas Kedokteran Universitas Kahirun.

Seminar Awam “Mengenal Lebih Dalam Penyakit Lupus, Autoimun, Rematik dan Alergi” dan Mini Workshop “Metodologi, Penyusunan Poposal dan Publiaksi Penelitian” yang dilaksanakan selama sehari penuh ini menghadirkan pemateri diantaranya Dr. dr. C. Singgih Wahono, SpPD, KR dengan materi seminar Penyakit Lupus dan Autoimun: apakah dapat disembuhkan?.  dr. Mirza Zaka Pratama, M.Biomed dengan materi Mengenal gejala dan tanda Penyakit Rematik.  Prof. Dr. dr. Nurdiana, M.Kes dengan materi seminar Pengembangan terapi herbal untuk penyakit Lupus, Autoimun, Rematik dan Alergi. Ns. Elvira Sari Dewi, S. Kep., M.Biomed dengan materi Peran support group untuk pasien Lupus selanjutnya Prof. Dr. dr. Handono Kalim, SpPD, KR dengan materi Bagaimana menemukan ide dan menyusun proposal penelitian?. Prof. Dr. dr. Kusworini, SpPK, M,Kes dengan materi seminar Peran dan pengembangan pohon penelitian dilanjutkan dengan materi kedua yakni Sosialisasi program doktor FK UB.  Prof. Dr. Ir. Zaenal Fanani, MS Metodologi penelitian di bidang kesehatan. Agustina Tri Endharti, SSi.Ph.D membicarakan tentang Tips publikasi hasil penelitian.

Acara Seminar Awam “Mengenal Lebih Dalam Penyakit Lupus, Autoimun, Rematik dan Alergi” dan Mini Workshop“Metodologi, Penyusunan Poposal dan Publiaksi Penelitian” ditutup dengan foto bersama dengan Sivitas Akademika Fakultas Kedokteran Unkhair bersama para pemateri dari Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. *Humas

Please follow and like us:
error20

Comments

comments