Dosen Unkhair Beri Kuliah Umum di University Of Lisbon

Unkhair.ac.id Dosen Fakultas Teknik Universitas Khairun Maulana Ibrahim, PhD menjadi dosen tamu di Universitas Portugal sekaligus memberikan kuliah umum dengan judul The Cultural Heritage Existential and Conservation Effort in the Center of The Spice Road, Maluku, Indonesia. (Lisbon. Rabu 23 Oktober 2019). Dalam presentasinya, Maulana menjelaskan tentang kondisi eksisting Pusaka Budaya (Cultural Heritage) yang ada di kepulauan Maluku, dan apa yang telah dilakukan untuk pelestariannya hingga perspektif masa depannya, materi kuliah ini  dibahas dari berbagai aspek, yaitu dari aspek akademis, kebijakan pemerintah, dan kegiatan aktif masyarakat/komunitas yang ada. Presentasi Maulana Ibrahim juga memperkuat posisi dan peran Kepulauan Maluku dalam sejarah, sosial, budaya, dan potensi riset bidang teknologi dan kemaritiman di Indonesia.

 

Setelah selesai melakukan presentasi kegiatan ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab selama dua jam,  pada sesi ini Maulana mendapat berbagai tanggapan positif dari Mahasiswa dan Dosen Universitas Lisbon. Hadir juga perwakilan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Portugal. Para peserta yang hadir sangat tertarik mengenal Maluku lebih dekat, khususnya Maluku Utara yang menjadi fokus presentasi tersebut.

Salah satu Mahasiswa yang hadir mengajukan pertanyaan tentang seberapa penting Sejarah dipelajari dan menjadi dasar dalam perencanaan pembangunan di Indonesia, serta hal apa saja yang dapat dilakukan dengan kerjasama Indonesia – Portugal melalui Universitas Khairun. Maulana Ibrahim, PhD yang juga Dosen Program Studi Arsitek menanggapinya dengan menjelaskan bahwa kota-kota di Indonesia saat ini mulai menguatkan peran data sejarah dan sosial budaya dalam aspek perencanaan.  Karena ketika kita melupakan sejarah dan karakteristik alam dan sosial budaya suatu masyarakat dan lokasi  dalam membuat program, maka hasil program tersebut dipastikan tidak akan dapat bertahan lama atau berkelanjutan.

Sejarah bagi Indonesia adalah landasan terkuat dalam mempersiapkan masa depan bangsa. Olehnya itu, Universitas Khairun ikut memainkan perannya, dengan hasil riset,  sebagai salah satu penentu kebijakan di Maluku Utara, terkait pelestarian pusaka budaya (Cultural Heritage) dan berbagai kebijakan terkait kepulauan dan keragaman sebagaimana visi misi Universitas Khairun. Kerjasama dengan Portugal diharapkan membawa cakupan kolaborasi menjadi semakin global dan menghasilkan kebijakan yang bermanfaat bagi masyarakat di kedua negara, dan masyarakat dunia pada umumnya. ** Humas

Please follow and like us:
error20

Comments

comments