Delapan Puluh CPNS Unkhair Ikut Latihan Dasar 2019

Unkhair.ac.id Sebanyak delapan puluh orang calon pegawai negeri sipil golongan III Universitas Khairun mengikuti Pelatihan Dasar (Selasa, 22 Oktober 2019). Sebelumnya kegiatan ini lebih dikenal dengan Prajabatan, sekarang kegiatan prajabatan bagi calon pegawai negeri sipil diganti namanya dengan latihan dasar atau disebut dengan LATSAR, kegiatan LATSAR untuk tahun 2019 dipusatkan di Balai Latihan Kerja Provinsi Maluku Utara, pada masa prajabatan beberapa tahun kemarin, CPNS Universitas Khairun mengikuti kegiatan prajabatan di Ambon atau Gorontalo, dengan kerjasama antara Universitas Khairun dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Maluku Utara dan dengan persetujuan Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kemenristekdikti, Latsar dapar dilaksanakan di Kota Ternate.

Ketua panitia dan sekaligus Kepala Biro Umum Universitas Khairun, Ir. Ahmad Seng,MT pada acara pembukaan Latsar menyampaikan laporannya dihadapan Rektor dan para pejabat yang hadir, Ahmad Seng mengatakan pada Latsar tahun 2019 ini peserta yang mengikuti kegiatan Latsar berjumlah delapan puluh orang peserta yang terdiri dari empat puluh orang laki laki dan empat puluh orang perempuan, penyelenggaraan kegiatan ini dapat terlaksana atas kerjasama antara Universitas Khairun dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Maluku Utara, pelaksanaan Latsar ini dimulai pada hari ini 22 Oktober 2019 sampai tanggal 8 November 2019.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Maluku Utara Muhammad Mifta Baay, SIP.MM mengatakan PNS yang memiliki kompetensi yang diindikasikan dari sikap dan prilaku yang penuh dengan kesetiaan dari ketaatan kepada negara dengan bermoral dan bermental baik, professional dan sadar akan tanggung jawab sebagai pelayan public serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa, untuk membentuk sosok PNS yang sesuai disebutkan diatas maka dilakukannya pelatihan dasar bagi calon pegawai negeri sipil untuk dapat mencapai tiga hal penting yakni pertama adalah peningkatan sikap pengabdian yang berorientasi pada kepentingan masyarakat, bangsa, negara dan tanah air, kedua adalah upaya peningkatan kompetensi teknis, managerial kepemimpinan serta kompetensi social kultural, dan yang ketiga adalah peningkatan efesiensi, efektifitas dan kualitas pelaksanaan tugas yang dilakukan dengan semangat kerja sama sesuai dengan lingkungan kerja masing masing.

Rektor Universitas Khairun Prof. Dr. Husen Alting, SH.MH dalam sambutannya menyampaikan banyak terima kasih kepada pak Wisnu Sunarso Kepala Pusat dan Pelatihan Kemenrsitekdikti yang telah mengijinkan untuk melaksanakan Latsar sehingga kegiatan ini dapat terlaksana di Ternate. Terima kasih juga kepada kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Maluku Utara yang telah bekerjasama dengan Universitas Khairun sehingga kegiatan Latsar ini dapat terlaksana,  Universitas Khairun sendiri telah menganggarkan kegiatan Latsar ini dalam DIPA Universitas Khairun sehingga kegiatan in dapat terlaksana pada tahun 2019.

Dalam sambutannya Rektor mengingatkan kembali kepada calon pegawai negeri sipil Universitas Khairun tentang keterlibatan radikalisme atau mengikuti organisasi organisasi yang tidak patut diikuti oleh pegawai negeri sipil, oleh karena itu kami bersama sama menjaga lingkungan pegawai negeri sipil kita agar tidak terdampak terhadap paham radikalisme, karena jika paham radikalisme telah terjangkit terhadap dosen maka akan dengan mudah terjangkit ke mahasiswa, hal ini sangat berbahaya, untuk itu jika terbukti calon PNS yang terlibat atas paham radikalisme maka Universitas Khairun akan mengeluarkan yang bersangkutan. Pada akhir sambutannya Rektor meminta agara para peserta menjaga kesehatan selama mengikuti kegiatan Latsar ini, dengan harapan semua peserta dapat berhasil lulus pada Latihan Dasar ini.

Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kemenristekdikti Ir. Wisnu Sunarso, MM dalam sambutannya yang sekaligus membuka dengan resmi kegiatan Latsar CPNS 2019 mengatakan  sangat berterima kasih kepada Rektor Universitas Khairun yang telah mengambil sikap dalam mengalokasikan anggaran sehingga pelaksanaan Latsar calon pegawai negeri sipil lingkungan Universitas Khairun dapat terlaksana pada tahun 2019 ini, dengan terselenggaranya Latsar ini maka diharapkan pada tahun 2020 semua CPNS dapat segera diangkat menjadi PNS, untuk itu diminta pihak Universitas Khairun segera mengusulkan berkas kepangkatan CPNS ini sesuai dengan aturan yang ada.

Pelatihan Latsar ini berbeda dengan Prajabatan pada waktu lalu, pada pelatihan dasar ini akan melibatkan unit kerja, setiap peserta akan membuat aktualisasi sesuai unit kerjanya masing masing, setiap Dosen akan didampingi oleh seorang Mentor yang akan melakukan pembimbingan di kampus. Wisnu juga mengingatkan agar kedepan setiap Dosen bukan hanya datang mengajar dan selesai lalu pulang kerumah, diharapkan para Dosen dapat membantu Universitas untuk meningkatkan dan mengembangkan mutu serta kualifikasi atau akreditasi lembaga maupun unit yang ada di Universitas Khairun, pelatihan dasar ini akan berlangsung selama lima puluh satu hari, dalam sambutannya Pak Wisnu mengatakan kepada peserta bahwa ikut diklat itu menyenangkan dan jangan dijadikan beban serta jangan dipermainkan, jika ada peserta yang melanggar terhadap aturan dalam Latsar ini maka yang bersangkutan tidak akan lulus. Diharapkan setelah mengikuti Latsar ini setiap peserta terbentuk karakter dengan disiplin yang tinggi, terciptanya hubungan antara pserta dari berbagai fakultas maupun unit unit terkait. *Humas

 

Please follow and like us:
error20

Comments

comments