Delapan Kandidat Dekan FKIP Paparkan Program Kerja Serta Visi Misi

Unkhair.. Delapan bakal calon Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) hari ini Senin, 27 Desember 2021 menyampaikan visi misinya dihadapan Sivitas Akademika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Acara ini berlangsung di aula Banau Kampus I Akehuda.

Para kandidat calon Dekan tampil dengan sejumlah program kerja serta visi misinya, Kedelapan kandidat yang tampil pada hari ini adalah Dr. Syahril Muhammad,M.Hum. Dr. Abdu Mas,ud, S.Pd.M.Pd. Dr. Mohtar Kamisi, S.Pd.M.Si. Dr. Zulkifli Zam Zam,M.Sc. Dr. Dharmawaty M.Taher.SP.d.M.Si. Dr. Samsu Somadayo,S.Pd.M.Pd. Dr. Ade Haerullah,S.Pd.M.Pd. Dr.Drs. Hasan Hamid,M.Si

Sesuai dengan Peraturan Rektor nomor 01 tahun 2021 tentang Tata Cara Pengangkatan Dekan di lingkungan Universitas Khairun, hadir sebagai kuasa Rektor adalah Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Prof. Dr. Abd Wahab Hasyim,SE.MS. Turut hadir dalam kesempatan itu Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Suratman Sudjud.SP.MP dan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Dr.Abdulrasyid Tolangara,SPd.M.Si. Moderator dalam acara ini adalah Roswita M. Aboe, S.Pd., MA.

Tampil pertama dalam penyampaian visi misi bakal calon Dekan FKIP periode 2022-2026 adalah Dr. Syahril Muhammad,M.Hum. Beliau menyampaikan program kerja serta visi misi. Untuk visi Dr Syahril mengangkat tema yakni “FKIP Unggul Dan Mandiri Inovatif, Kreatif Berbasis Kepulauan dan Kemajemukan Menuju Peningkatan Daya Saing”. Sedangkan misi yang akan diemban oleh Dr Syahril adalah sebagai berikut : Menyelenggarakan layanan akademik yang profesional di tingkat fakultas, jurusan, program studi maupun unit-unit pelaksana teknis; Mengembangkan tradisi penelitian di bidang ilmu pendidikan dan keguruan yang berkualitas berbasis kepulauan dan kemajemukan; Menyelenggarakan pengabdian kepada ilmu pendidikan dan keguruan yang berkualitas berbasis kepulauan dan kemajemukan; Terwujudnya hubungan kemitraan hubungan jaringan kerjasama dengan instansi dan lembaga pendidikan lainnya, serta alumni FKIP Unkhair.

Seanjutnya tampil kedua dalam penyampaian Visi Misi adalah Dr. Abdu Mas,ud, S.Pd.M.Pd. Dalam kesempatan itu Dr. Abdu Mas’ud menjelaskan Visinya yakni “Akselerasi Menuju FKIP Unkhair Sebagai Fakultas yang Unggul dan Berdaya Saing, Mandiri dan Responsif berkarakter Kepulauan dan Kemajemukan”. Selanjutnya Dr. Abdu juga memaparkan bebera point misinya sebagai kandidat Dekan FKIP diantaranya adalah Mengembangkan dan menyelenggarakan proses pendidikan pembelajaran yang berkarakter dan mampu membekali lulusan menjadi tenaga professional dibidang Pendidikan sesuai kebutuhan masyarakat dan era/jamannya. Meningkatkan kegiatan riset yang memiliki karakteristik keguruan dan  inovasi teknologi pendidikan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan pemda. Meningkatkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis riset melalui penerapan teknologi tepat guna untuk peningkatan mutu Pendidikan dan kesejahteraan masyarakat kepulauan. Meningkatkan layanan prima dalam sistem tata kelola yang baik (Good University Governance) dan manajemen Badan Layanan Umum (BLU) sesuai prinsip Target kinerja pada 8 Indikator Kinerja Utama (IKU) pada level Fakultas. Mengimplementasikan kerjasama dan networking dengan berbagai pihak/lembaga dalam dan luar negeri untuk mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan capaian IKU. Mengoptimalkan sistem unit jaminan mutu (UPM) sebagai standar capaian kompetensi capaian IKU dan akreditasi

Dr. Mohtar Kamisi, S.Pd.M.Si tampil sebagai peserta ketiga dengan Visi “Menjadikan FKIP Unggul di Bidang Pendidikan,Penelitian dan Pengabdian Berbasisi Kepulauan Serta Kemajemukan”. Dalam kesempatan itu Dr Mohtar Kamisi menjelaskan Misinya sebagai berikut Meningkatkan penyelengaraan TRIDARMA perguruan tinggi yang berkualitas dan inovatif. Meningkatkan kompetensi profesionalisme dosen yang berstandar nasional dan internasional. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas untuk mewujudkan mutu lulusan yang unggul di bidang pendidikan. Menyelenggarakan penelitian yang di publikasi pada jurnal internasional. Meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai. Tata kelola keuangan yang transparan, akuntabel dan komunikatif.

Selanjutnya Dr. Zulkifli Zam Zam,M.Sc. Beliau tampil menyampaikan visi misi dan program kerja sebagai bakal calon Dekan FKIP Periode 2022-2026. Visi Dr. Zulkifli Zam Zam adalah “Menjadi LPTK Unggul dan Berdaya Saing di Bidang Sains dan Teknologi yang Berbasis pada Kepulauan”. Untuk misi Dr Zulkifli menjelaskan beberapa point diantaranya Melaksanakan pendidikan yang unggul dalam bidang kependidikan san dan teknologi yang professional untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing melalui program MBKM yang berbasis pada karakter kepulauan. Mengembangkan penelitian yang unggul di bidang kependidikan, sains, teknologi dan seni sesuai karakter kepulauan dan kemajemukan. Melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui pendidikan, merdeka belajar, sains, teknologi dan seni yang berbasis pada kearifan local. Meningkatkan tata kelola fakultas yang prima (good faculty governance), professional, efektif dan efisien melalui peningkatan kapasitas dan etos kerja LPTK sebagai Badan Layanan Umum. Membangun jejaring kerja yang handal dan professional dengan berbagai lembaga/elemen baik pada tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

Dr. Dharmawaty M.Taher.SP.d.M.Si. Satu satunya perempuan yang ikut dalam bursa bakal calon Dekan FKIP 2022-2026. Beliau menyampaikan visinya yakni FKIP Cerdas dan Inovatif dalam Pengembangan Pendidik & Tenaga Kependidikan, Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni yang Berbasis pada Keunggulan Potensi Sumberdaya Wilayah Kepulauan dan Kemajemukan. Selanjutnya Dr. Dharmawaty M.Taher menjelaskan beberapa misinya sebagai bakal calon Dekan FKIP yakni Menyelenggarakan layanan pendidikan dan pengajaran yang bermutu untuk memenuhi kebutuhan tenaga guru yang profesional, menjunjung tinggi etika profesi, dan nilai kearifan dan budaya lokal. Menyelenggarakan pembelajaran yang otonom dengan kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang, dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik yang bersinergi dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, pendidikan dan pengajaran yang berbasis pada pengembangan potensi masyarakat dan sumberdaya lokal wilayah kepulauan. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat yang memberikan kemanfaatan secara langsung kepada masyarakat, mendukung pembangunan daerah dan nasional. Menyelenggarakan tatakelola organisasi yang baik dan terbuka agar dapat beradaptasi perubahan-perubahan yang bersifat strategis. Mengembangkan kerjasama dan jejaring (networking) secara berkelanjutan dalam pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat dengan berbagai pihak baik pada tingkat Regional, Nasional maupun Internasional. Memperkuat kelembagaan dan Sistem Penjaminan Mutu dentan mengoptimalkan kompetensi dan kenerja SDM unit penjaminan mutu Jurusan dan program studi

Selnajutnya tampil sebagai peserta keenam yakni Dr. Samsu Somadayo,S.Pd.M.Pd. Beliau menyampaikan program kerja serta visi misi sebagai calon Dekan periode 2022-2026. Dalam kesempatan itu Dr. Samsu Somadayo menyampaikan Visi yakni Menyelenggarakan dan Mengembangkan Pendidikan Akademik, Profesi yang Unggul, Kreatif, Berbudaya, Berbasis Kepulauan dan Berdaya Saing Global 2026. Untuk misi Dr. Samsu Somadayo menjelaskan beberapa point penting yakni Menghasilkan insan akademis yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkualitas, berakhlak mulia, berbudaya, serta mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan. Menyelenggarakan pendidikan akademik dan pendidikan profesi yang unggul, kreatif untuk menghasilkan insan akademik yang dapat mengembangkan, menggunakan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi. Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian untuk menghasilkan pengetahuan, Produk yang memperkaya ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang berorientasi pada penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, sebagai upaya memberikan sumbangsih demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Mengembangkan organisasi dan sistem penjaminan mutu yang efektif, efisien, akuntabel, dan transparan guna menghasilkan insan akademik yang berdaya saing global. Menyelengarakan dan Mengembangkan unit layanan umum di tingkat fakultas untuk kesejahteraan dosen dan pegawai FKIP.

Dr. Ade Haerullah,S.Pd.M.Pd tampil menyampaikan program kerja serta visi misi sebagai bakal calon Dekan FKIP periode 2022-2026. Dalam kesempatan itu Dr. Ade Haerullah menjelaskan visinya yakni “Akselarasi FKIP Unkhair unggul, kreatif, religius berbasis kemajemukan, dan berdaya saing di tahun 2025”. Selanjutnya Dr. Ade Haerullah menjelaskan misinya yakni Menyelenggarakan Tri Dharma perguruan tinggi yang berkualitas dan inovatif serta diselaraskan dengan kebutuhan masyarakat untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas SDM Dosen dan Tenaga Kependidikan serta Infrastruktur pendukung Tri Dharma  sesuai standar. Menyelenggarakan perencanaan dan realisasi  pendanaan secara kolaboratif, partisipatif, transparan, akuntabel, dan kominikatif untuk meningkatkan mutu lulusan dan kesejahteraan dosen dan tendik FKIP dengan memperhatikan capaian IKU. Mengembangkan pengelolaan kemahasiswaan melalui perbaikan pelayanan di bidang akademik dan nonakademik untuk menghasilkan alumni yang memiliki sikap: beriman, berbudi pekerti luhur, tanggung jawab, dan profesional serta berdaya saing tinggi dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan di ranah penciptaan Lapangan Kerja maupun kesempatan kerja. Mengembangkan pelaksanaan kerjasama baik lokal, nasional dan internasional untuk meningkatkan kualitas penelitian dasar dan terapan serta pengabdian kepada masyarakat yang sinergis dan menunjang pembangunan daerah.. Mengembangkan organisasi untuk peningkatan kualitas tata kelola yang baik (good university governance) berbasis teknologi informasi dan pengelolaan Badan Layanan Umum (BLU) sesuai prinsip Pengelolaan dan Manjemen Badan Usaha yang sehat. Menyelenggarakan penjaminan mutu akademik fakultas secara berkelanjutan, sebagai dasar penentuan kebijakan, dan menjamin peningkatan akreditasi program studi dan institusi.

Sebagai peserta terakhir Dr.Drs. Hasan Hamid,M.Si tampil menjelaskan program kerja serta visi misi sebagai kandidat calon Dekan FKIP periode 2022-2026. Dalam kesempatan itu Dr. Hasan Hamid menjelaskan visinya yakni Menjadikan FKIP Yang Maju Dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan, Pedagogik, Teknologi, dan Seni Berbasis Kepulauan dan Kemajemukan Untuk Menghasilkan Lulusan Profesional, Cerdas, dan Berkarakter. Setelah menjelaskan terkait visi, selanjutnya Dr.Hasan Hamid menjelaskan beberapa point utama terkait dengan Misi diantaranya Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang bermutu, inovatif, dan berbasis riset dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi berdasarkan perkembangan ilmu keguruan dan pendidikan yang sesuai karakteristik wilayah kepulauan dan kemajemukan. Menyelenggarakan riset dasar maupun riset implementatif di bidang keguruan, pembelajaran, dan sains berbasis kepulauan dan kemajemukan yang berorientasi pada publikasi nasional terakreditasi maupun internasional bereputasi serta produk dan perolehan HaKI/paten. Menerapkan hasil-hasil pengabdian kepada masyarakat yang mampu memecahkan masalah-masalah praktis di  bidang  keguruan  dan  ilmu pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan yang sesuai dengan karakteristik wilayah kepulauan dan kemajemukan. Menyelenggarakan sistem tata kelola fakultas yang akuntabel, transparan, terpercaya, dan prima dalam  pelaksanaan tridharma perguruan tinggi. Demikian visi dan misi kedelapan bakal calon Dekan FKIP periode 2022-2026 yang dapat kami sampaikan. (Humas)

 

Comments

comments