Dari 2448 Peserta UTBK Tercatat 2153 Orang Yang Ikut Tes Di Unkhair

Unkhair.ac.id. Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk SBMPTN 2019 telah selesai kemarin, 25 Mei 2019. Peserta UTBK ini terdiri dari siswa lulusan tahun 2017,2018 dan 2019, peserta yang terdaftar sejak 1 Maret sampai 1 April 2019, para peserta in mengikuti tes mulai tanggal, 13 April 2019 sampai dengan 25 Mei 2019. Universitas Khairun menyediakan lokasi pelaksanaan tes yang tersebar di dua lokasi yakni kampus I Akehuda dan kampus II Gambesi, dari kedua kampus ini terdapat 335 unit komputer yang digunakan peserta dalam ujian tertu;is berbasis komputer.

Jumlah peserta yang mengikuti UTBK 2019 kemrin tercatat sebanyak 2448 orang, namun pada pelaksanaan tes berlangsung selama 13 April sampai dengan 25 Mei 2019 tercatat 2153 orang yang mengikuti tes UTBK sisanya 295 orang tidak hadir dengan tampa keterangan. Selama proses tes berlangsung di dua lokasi pelaksanaan tersebut tidak ditemukan kendala apapun, ujian berlangsung aman terkendali tampa ada hambatan apapun.

Pengumuman hasil tes bagi peserta UTBK 2019 dapat dilihat pada laman resmi yakni http://pengumuman-utbk-2.ltmpt.ac.id sepuluh hari setelah peserta mengikuti UTBK. Laman tersebut dapat diakses oleh para peserta tes dengan memasukkan email dan password saat proses pendaftaran akun UTBK sebelumnya. Sesuai dengan petunjuk Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi bahwa hasil tes peserta tidak lagi ditempel atau diumumkan dipapan pengumuman resmi milik kampus, dikarenakan nilai peserta adalah milik pribadi bukan milik umum jadi untuk mengumumkannya perlu ijin dari yang bersangkutan.

Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN dilakukan dalam dua tahap, yaitu mengikuti UTBK dan mendaftar SBMPTN.  Persyaratan pendaftaran SBMPTN  dapat kami sampaikan sebagai berikut.  Peserta SBMPTN 2019 terdiri dari siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2017, 2018 harus sudah memiliki ijazah. Bagi siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2019 memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dengan ditandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi cap stempel yang sah. Memiliki Nilai UTBK. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi. Memiliki NISN. Bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah PORTOFOLIO dan yang terakhir adalah peserta yang tidak lulus jalur SNMPTN 2019.

Hasil tes UTBK berupa sertifikat yang didalamnya terdapat identitas maupun nilai yang diperoleh peserta saat mengikuti UTBK, sertifikat ini dapat digunakan untuk mendaftar pada jalur SBMPTN 2019, pendaftaran mulai tanggal, 10 sampai dengan 24 Juni 2019, para peserta akan diarahkan untuk mendaftar pada laman pendaftaran SBMPTN. laman pendaftaran resminya adalah http://pendaftaran.sbmptn.ac.id dengan cara mendaftar sebagai berikut.

  1. Mengisi Biodata (kecuali peserta yang sudah terdaftar di SNMPTN 2019).
  2. Memilih PTN dan program studi dengan ketentuan bahwa pendaftar dapat memilih paling banyak dua PTN dan memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN
  3. Mengunggah borang portofolio*) bagi pendaftar yang memilih program studi bidang seni dan olahraga. Tata cara pengisian borang portofolio dapat diunduh dari laman http://download.sbmptn.ac.id
  4. Mengunggah dokumen lain sesuai dengan persyaratan pendaftaran SBMPTN 2019.

Sebelum para peserta mendaftar di laman pendaftaran, para peserta harus mengetahui apakah dia masuk dalam kelompok saintek atau soshum. Untuk mengetahui lebih jelas kelompok program studi dan jumlah pilihan pada SBMPTN 2019 dapat dijelaskan sebagai berikut :

Program studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek dan kelompok Soshum. Peserta dapat memilih program studi paling banyak dua program studi dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, peserta mengikuti kelompok ujian Saintek.
  2. Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Soshum.
  3. Jika program studi yang dipilih dari kelompok Saintek dan kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Saintek dan juga kelompok ujian Soshum

Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan. Peserta SBMPTN 2019 dapat memilih program studi di PTN mana pun. Program studi, daya tampung per PTN tahun 2019, dan jumlah peminat program studi per PTN tahun 2018 dapat dilihat di laman https://sbmptn.ltmpt.ac.id . Humas.

Please follow and like us:
error20

Comments

comments

Top
error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

RSS
https://www.facebook.com/Universitas-Khairun-196552343866215/
https://www.facebook.com/Universitas-Khairun-196552343866215/
https://www.instagram.com/universitaskhairun