Cegah Penyebaran Covid19, Achmad Hatari Sumbang 500 Masker Ke Unkhair

Unkhair.ac.id. Tetap berada di rumah adalah pilihan terbaik untuk menjaga kesehatan diri dan orang di sekitar, ini adalah masa social distancing untuk menekan angka penyebaran virus. Tingkat penyebaran terus meningkat seperti sekarang ini, membuat setiap orang bisa saja menjadi carrier yang menularkan virus kepada orang lain. Hal ini membuat masyarakat harus lebih waspada jika telah terjadi peningkatan transmisi local.

Banyak dari mahasiswa yang tetap bertahan dirumah, meskipun begitu, kadang ada kegiatan mendesak seperti tugas kampus yang harus dilakukan di luar rumah, sebagian mahasiswa pun masih banyak yang keluar rumah demi memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Demi meminimalisir penyebaran virus, pemerintah pun menghimbau masyarakat untuk wajib memakai masker selama di luar rumah atau menggunakan fasilitas umum. Hal ini dianggap untuk membuat pencegahan virus lebih maksimal, karena virus bisa masuk ke dalam tubuh lewat droplet yang jika terkena tangan, bisa masuk ke dalam hidung dan mulut.

Melihat keadaan ini tokoh masyarakat yang juga Anggota DPR RI Dr. Ahmad Hatari, memberikan sumbangan masker sebanyak 500 buah kepada mahasiswa Universitas Khairun. Penyerahan bantuan ini dilakukan oleh Dr. Nurlaila Syarif (Senin, 11 Mei 2020) dan diterima langsung oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan Dr. M. Janib Ahmad,SP. M.Sc.

Dr. Nurlaila Syarif yang juga sebagai Anggota DPRD Kota Ternate mengatakan sumbangan masker ini adalah bentuk keprihatinan kami terhadap mahasiswa yang masih beraktifitas diluar rumah semasa pandemi covid19, Nurlaila mengingatkan pastikan gunakan masker sambil tetap memperhatikan social distancing, jarak aman antara satu orang dengan lainnya sejauh 1-2 meter, hal ini penting untuk meminimalisir kontak fisik sekaligus mencegah penyebaran virus.

Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) telah merekomendasikan masyarakat agar menggunakan masker saat berada di tempat umum. Seiring rekomendasi WHO tersebut, pemerintah Indonesia turut meminta masyarakat menggunakan masker saat di ruang publik.

Dr. M. Janib Ahmad,SP. M.Sc. mengatakan menggunakan masker dapat menurunkan risiko penularan Virus COVID-19 melalui droplet dari orang yang terinfeksi.  Saat ini kita tidak bisa membedakan siapa yang sakit ataupun yang sehat. Bahkan yang terinfeksi bisa saja tidak menunjukkan gejala dan tidak sadar jika dirinya terinfeksi.

Menggunakan masker di tempat umum menjadi salah satu cara yang dinyakini dapat mengurangi risiko penularan virus corona yang telah menewaskan puluhan ribu orang di berbagai negara.(Humas)

Please follow and like us:
error20

Comments

comments