Bupati Bersama 11 Kepala Desa Kabupaten Halmahera Barat Jalin Kerjasama Dengan Unkhair

Unkhair.  Rektor Universitas Khairun Dr. M. Ridha Ajam,M.Hum bersama Bupati Kabupaten Halmahera Barat James Uang S.Pd. MM melaksanakan penandatangan Nota Kesepahaman. Penandatangan nota kesepahaman kerjasama ini berlangsung di Aula Bidadari Kantor Bupati Halmahera Barat (Senin, 18 Oktober 2021).

Kesempatan yang sama juga berlangsung penandatangan kerjasama yang dilaksanakan antara Koordinator Program Studi Ekonomi Pembangunan Aswir Hadi, SE.M.Si  dengan 11 Kepada Desa Kabupaten Halmahera Barat. Turut hadir dalam kesempatan itu Kepala Desa Guemaadu Kec. Jailolo, Kepala Desa Galala Kec. Jailolo, Kepala Desa Gamlamo Kec. Jailolo, Kepala Desa Acango Kec. Jailolo, Kepala Desa Porniti Kec. Jailolo, Kepala Desa Marimbati Kec. Jailolo, Kepala Desa Tacim Kec. Sahu, Kepala Desa Susupu Kec. Sahu, Kepala Desa Lako Akelamo Kec. Sahu, Kepala Desa Lako Akediri Kec. Sahu, Kepala Desa Ropu Tengah Balu Kec. Sahu. Penandatangan kerjasama ini guna implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Rektor Universitas Khairun Dr.M.Ridha Ajam,M.Hum dalam sambutannya mengatakan terima kasih kepada Bupati beserta jajarannya telah menerima kunjungan dari Sivitas Akademika Universitas Khairun. Hari ini akan ditandatangi Nota Kesepahaman antara Unkhair dengan Pemda Halmahera Barat dan sekaligus implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka, ucap Ridha.

Rektor juga menjelaskan bahwa hubungan Pemerintah Halmahera Barat dengan Universitas Khairun sangatlah baik, hal ini dibuktikan dengan turut andilnya Pemda Halbar dalam hibah tanah untuk pembangunan gedung kuliah di Desa Bangko Kecamatan Halmahera Barat. Lanjut Ridha, sebanyak 78 orang mahasiswa asal dari Halmahera Barat mendapatkan beasiswa di Universitas Khairun. Data beasiswa ini langsung diberikan kepada Bupati dan selanjutnya diteruskan kepada kepala Desa untuk disampaikan kepada orang tua serta keluarga mahasiswa agar informasi ini tersampaikan kepada mereka.

Ridha Ajam juga menjelaskan tentang program Pembinaan dan Pengembangan Desa oleh Universitas Khairun dengan pendampingan Dosen dan Mahasiswa telah menghasilkan berbagai produk diantaranya selai kelapa dengan kemasan yang dapat membantu perekonomian Desa setempat. Ridha Ajam juga akan membantu dalam segi pemasaran terkait produk produk yang dihasilkan oleh industry rumahan masyarakat Desa. Ada poin penting yang nantinya akan dikerjakan oleh mahasiswa dalam program ini, seperti pembuatan profil desa, ini sangat penting untuk membantu Pemda Halbar dalam hal pendataan. Jadi nanti kebijakan pemda itu bisa dilihat dan menjadi pertimbangkan dari aspek profil desa yang sudah disiapkan,” jelasnya Ridha Ajam.

Terkait dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Rektor menjelaskan bahwa program ini merupakan kebijakan Pemerintah yang mengharuskan mahasiswa sebelum lulus nanti harus memiliki pengalaman kerja. Implementasi merdeka belajar diantaranya project social atau penelitian mandiri dan kuliah satu semester diluar program studi atau kampus mahasiswa yang bersangkutan. Dengan demikian Merdeka Belajar dapat dijelaskan bahwa mahasiswa dapat memilih belajar dikampus mana saja untuk menambah pengalaman mereka.

Bupati Kabupaten Halmahera Barat James Uang S.Pd. MM dalam sambutanya mengatakan terima kasih kepada Universitas Khairun yang telah menjadikan Kabupaten Halmahera Barat sebagai tempat project social mahasiswa dan Dosen. Kegiatan ini akan membberikan dampak positif kepada masyarakat desa untuk maju dalam ekonominya. James Uang juga mengatakan bahwa selama ini Pemkab Halmahera Barat selalu menggunakan tenaga ahli dari Universitas Khairun.

Terkait dengan data beasiswa, James Uang S.Pd. MM mengatakan sangat berterima kasih, data ini sangat kami dalam melakukan verifikasi terhadap penerima bantuan beasiswa dari Pemkab Halbar. Bupati juga berharap agar Desa juga dapat membantu mahasiswa asal Desa di Kabupaten Halbar untuk meringankan baiay kuliah mereka. Bupati juga akan menyampaikan kepada kepala Desa terkait dengan penerima beasiswa sehinga mahasiswa asal Kabupaten Halbar dapat tersampaikan ke orang tua masing masing.

Selanjutnya 115 mahasiswa yang akan mengikuti program pemberdayaan dan pengembangan di 11 Desa Kabupaten Halmahera Barat, James Uang S.Pd. MM menyampaikan selamat dan meminta kepada mahasiswa untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan Desa. Kepada para kepala Desa, Bupati meminta agar dapat memperlakukan para mahasiswa dengan baik. (Humas)

 

 

Please follow and like us:
error20

Comments

comments