BPKP Jalin Kerjasama dengan Unkhair

Unkhair. Kantor Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Maluku Utara, di usia ke 40 tahun jalin kerjasama Universitas Khairun Ternate, Selasa, (09/05/2023) di Gedung Auditorium Nuku, Kampus II Kelurahan Gambesi.

Penandatanganan nota kesepahaman dituangkan bernomor: 427/UN44/KS.01/2023, serta HK. 02-7/PW33/4/2023. Kerjasama ini bertujuan penguatan tata kelola Perguruan Tinggi (PT) di lingkungan Universitas Khairun.

Rektor Unkhair, Dr, M. Ridha Ajam, M. Hum, hadir langsung dalam rangkaian penandatanganan tersebut. Selain itu, hadir pula Wakil Rektor II, Dr, Abdullah W. Djabid, S.E, M.Si, Wakil Rektor III, Abdul Kadir Kamaluddin, SP, M, Si, dan Dekan masing-masing Fakultas.

Sementara itu, mewakili BPKP, Kepala Perwakilan Edy Suharto, Ak., M. M, Kepala Bagian Umum Ali Muchtar, Korwas Bidang IPP Daniel, Albertus Mugi Susanto Korwas Bidang APD, Edy Pramono Korwas Bidang P3A, Her Notoraharjo Korwas Bidang Investigasi, Deny Ermawan Korwas Bidang AN, Erwanto Subkoor Keuangan, Andri Anto Setiawan Subkoor Pengelolaan BMN, RT dan Kearsipan, serta Gema Puji Yuniarso Subkoor Kepegawaian.

Rektor Unkhair menyambut baik kerjasama ini. Dr, M. Ridha Ajam berharap kerjasama ini berimplikasi terhadap penyelenggaraan administrasi dalam menyelenggarakkan keuangan yang bersih, serta akuntabel sesuai yang dicanangkan.

“kerjasama Unkhair dengan BPKP ini, di arahkan untuk mawas administrasi, keuangan dan kelancaran program yang ada, berjalan dengan baik, dan bebas dari penyimpangan yang di sengaja, maupun tak di sengaja,” ujar Rektor

Selanjutnya,  kerja sama ini juga diharapkan dapat berkembang sebagaimana tertuang dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Hal itu terkait penyelenggaraan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang terakomodasi pada penandatanganan kerja sama ini.

Kerja sama yang terjalin antara Unkhair dan BPKP diselenggarakan melingkupi: Pertama,  Asistensi penerapan tata kelola Badan Layanan Umum Universitas Khairun: Ke dua, Asistensi penerapan manajemen resiko dalam mendukung perwujudan good agency governance: Ke tiga, Asistensi penyelenggaraan sistem penegendalian intern pemerintah: Ke empat, Konsultasi pengendalian kecurangan (fraud control plan):, dan coaching clinic pengawasan bidang investigasi bagi satuan pengawasan intern.

Nota kesepahaman tersebut dimaksudkan untuk menunjang pelaksanaan tugas, dan memperkuat tata kelola penyelenggaraan Peruruan Tinggi (PT) . Hal ini bertujuan peningkatan kinerja di lingkungan Universitas Khairun.

Selain itu, kerjasama ini juga dapat mensinergikan sumber daya mahasiswa, maupun pengetahuan para dosen yang ada dalam mendukung kemajuan pembangunan karena itu, rektor berharap kerjasama pihak Unkhair dengan BPKP Malut akan ditindaklanjuti secara akademik, agar BPKP dapat mengisi perkuliahan secara praktisi, mahasiswa diberi ruang magang, agar kelak mahasiswa jebolan kampus ini mengisi ruang yang ada, hingga mahasiswa mampu bersaing di daerah, maupun level nasional.(humas) Penulis, M. Imron Kadir / editor : Suratin/ foto : Fadli