Bank Indonesia Buka Pendaftaran Beasiswa Untuk Mahasiswa Unkhair

Unkhair.ac.id. Tidak semua orang yang kuliah bukan orang mampu, maka akan ada beberapa orang yang akan kuliah dengan menggunakan bantuan dana beasiswa. Bantuan dana beasiswa akan membuat kebutuhan kuliah  mahasiswa setiap harinya akan terpenuhi. Dengan adanya bantuan dana beasiswa ini, maka mahasiswa tidak perlu lagi yang namanya memikirkan uang UKT atau uang masuk semesteran karena semuanya akan segera diurus oleh bantuan dana beasiswa yang diperoleh mahasiswa.

Penerimaan bantuan dana beasiswa Bank Indonesia akan menambah jumlah bantuan dana beasiswa yang bisa didapatkan untuk bisa kuliah di Universitas Negeri seperti Universitas Khairun. Bank Indonesia pada periode Januari sampai dengan Desember tahun 2020 akan memberikan bantuan beasiswa kepada 50 (lima puluh) orang mahasiswa Universitas Khairun.

Tahapan pendaftaran dimulai dengan pengumpulan berkas dan seleksi tahap 1 (satu) mulai tanggal 9 sampai dengan 13 Maret 2020. Untuk seleksi tahap II dimulai tanggal, 23 Maret sampai dengan 27 Maret 2020. Pengumuman hasil seleksi untuk penerima beasiswa Bank Indonesia adalah tanggal, 31 Maret 2020. Untuk memperoleh beasiswa Bank Indonesia yang besaran perbulan sebesar Rp.1.000.000, seorang mahasiswa harus memenuhi syarat  dan ketentuan, berikut syarat dan ketentuan yang dapat kami sampaikan :

Beasiswa Bank Indonesia diberikan kepada mahasiswa dari program studi :

  1. Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
  2. Manajemen/Pendidikan Ekonomi
  3. Akuntansi/ Pendidikan Akuntansi
  4. Perbankan/Keuangan Syariah
  5. Ekonomi Islam/Ekonomi Syariah
  6. Matematika/Pendidikan Matematika
  7. Statistika
  8. Pertanian/Peternakan/Agribisnis/Holtikultura
  9. Sosial ekonomi Pertanian/Sosial Ekonom Perikanan
  10. Ilmu Hukum/Hukum ekonomi Syariah
  11. Ilmu Pemerintahan
  12. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  13. Komunikasi/Ilmu Komunikasi
  14. Teknologi Informasi
  15. Sistem Informasi
  16. Ilmu Komputer/Informatika

Untuk kriterian sendiri Bank Indonesia menetapkan sebagai berikut :

  1. Mahasiswa aktif (tidak dalam status cuti akademik)
  2. Sekurang kurangnya telah menyelesaikan 40 (empat puluh SKS) atau 3 (tiga semester).
  3. Memiliki indeks prestasi komulatif (IPK) minimal 3.00 (Skala 4)
  4. Usia tidak lebih dari 23 tahun atau belum berusia 24 tagun saat ditetapkan sebagai penerima beasiswa
  5. Berasal dari latar belakang ekonomi keluarga pra sejahtera
  6. Membuat motivasi letter dalam Bahasa Indonesia
  7. Menyertakan surat rekomendasi dari 1 tokoh (akademik atau non akademik) contoh Surat unduh di sini
  8. Tidak sedang menerima beasiswa dan atau berada dalam status ikatan dinas dari Lembaga/instansi lain. (surat pernyataan unduh disini)
  9. Mempunyai pengalaman menjalankan aktivitas social yang memiliki dampak kebermanfaatan bagi masyarakat.
  10. Bersedia untuk berperan aktif, mengelola dan mengembangkan komunitas penerima beasiswa BI (Generasi Baru Indonesia/ GenBI) serta berpartisipasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia. Unduh surat disini
  11. Pemberian beasiswa bersifat social tanpa uikatan dinas, serta tidak dikaitkan dengan pelkasanaan seleksi penerimaan pegawai yang dilakukan oleh Bank Indonesia unduh surat disini
  12. Setiap mahasiswa, menerima beasiswa paling lama hanya 4 (empat) semester sepanjang memenuhi kriteria.

Proses pendaftaran dan tahapan administrasi untuk mahasiswa sebagai berikut

  1. Mengisi form pendaftaran beasiswa ( dapat diambil dibagian kemahasiswaan) atau unduh disini
  2. Foto copy KTP
  3. Foto Copy Kartu Hasil Studi
  4. Surat Rekomendasi dari Fakultas unduh disini
  5. Surat Keterangan tidak mampu dari kelurahan
  6. Resume pribadi/CV (Maksimal 3 Halaman)
  7. Fotocopy Sertifikat prestasi dan sejenislannya (jika ada)
  8. Foto terbary berwarna UK 3×4 (4 lembar)
  9. Motivation letter (format A4 maks. 2 halaman, front Arial/Calibri UK. 11, spasi 1.5)
  10. Surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa dari manapun, dan tidak sedang bekerja atau berada dalam suatu ikatan dinas)
  11. Seluruh berkas dikumpulkan pada tanggal 9 sd 13 Maret 2020.

Pada kesempatan ini juga kami berbagi pengalaman yang perlu dipersiapkan oleh calon penerima beasiswa Bank Indonesia, tips ini kami ambil dari berbagai tulisan komunitas GenBI, berikut tips yang perlu diketahui :

  1. Kriteria Beasiswa. Harus diketahui sebelum mendaftar untuk memperoleh beasiswa ini yang terpenting diketahui adalah sasaran beasiswa ini apakah untuk mahasiswa yang kurang mampu atau mahasiswa yang baik finansialnya, dengan begitu kita dapat mengukur diri kita apakah kita membutuhkan beasiswa ini atau tidak.
  2. Persiapkan berkas. Sebelum melakukan pendaftaran persiapkan berkas yang harus diutamakan diantarannya, fotocopy KTP, KHS atau Hasil Semester, KRS atau Rencana studi, Surat Rekomendasi dari Akademik atau non akademik, surat keterangan tidak mampu, membuat CV (biodata yang disiapkan oleh Bank Indonesia) sertifikat prestasi pendukung, foto terbaru, membuat motivation letter, surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa. Semua berkas harus dipastikan lengkap agar bisa mendapat nilai berbeda dengan pelamar beasiswa yang lain.
  3. Membuat Motibvation letter semenarik mungkin. Agar Essay atau motivation letter kamu lebih menonjol diantara ratusan essay pelamar beasiswa ini, pastikan kamu telah membaca dan memahami lebih tipe mahasiswa apa yang mereka cari, pastikan essay kamu lebih menunjukan bahwa kamu memiliki kualitas dan pengalaman yang sangat sesuai dengan kriteria penerima beasiswa. Contoh bila penyelenggara beasiswa sedang mencari mahasiswa aktif berorganisasi dan memiliki kemampuan kepemimpinan maka kamu sebaiknya menceritrakan pengalaman organisasi dan kepemimpinan kamu dalam essay.
  4. Beberapa hal yang harus kamu ketahui dalam tahap ini yaitu kamu harus mengetahui Siapa diri kamu sebenarnya, gambaran diri kamu harus dijelaskan kepada mereka, apakah kamu tipe mahasiswa yang percaya diri atau tidak, jelaskan juga tentang karakter kamu, kebiasaanmu, kelebihan dan kekuranganmu, kemudian pahami beasiswa yang kamu inginkan dan kamu harus memberikan jawaban yang terbaik dengan sopan dan jujur.

Semua berkas dapat dikumpulkan di Fakultas atau Jurusan masing masing, setelah itu berkas akan diserahkan ke bagian kemahasiswaan Universitas. Kami harap dengan informasi ini dapat tersampaikan kepada mahasiswa yang membutuhkan bantuan dana beasiswa. Informasi lanjut dapat dihubungi bagian akademik Fakultas atau bagian kemahasiswaan biro Akademik Universitas Khairun. (Humas)

Please follow and like us:
error20

Comments

comments